Kesehatan

Kenali Tanda-Tanda Umum Menjelang Haid

tanda menjelang haid

Haid adalah periode bulanan alami yang dialami wanita berkaitan dengan reproduksinya. Normalnya, satu siklus wanita haid berkisar 28 sampai 35 hari sekali. Namun, nyatanya beberapa wanita mengalaminya lebih cepat atau bahkan lebih lambat hingga dua bulan sekali. Apabila siklus haid kamu nggak lancar, tentu sulit untuk menggunakan kalkulator prediksi haid.

Untuk itu, mengenali gejalanya tentu akan lebih mudah. Apakah kamu sudah tahu tanda-tanda menjelang menstruasi? Meskipun bisa berbeda-beda pada setiap wanita, namun biasanya ada beberapa tanda umum menjelang menstruasi yang dialami.

5 Tanda Umum Menjelang Menstruasi

Tanda umum menjelang masa menstruasi kerap dikenal sebagai premenstrual syndrome atau PMS. Tanda-tanda PMS ini terkadang bisa muncul bahkan jauh-jauh hari sebelum menstruasi, sekitar satu sampai dua minggu. Tanda-tanda ini bisa berbeda antara satu dan orang lainnya.

1. Muncul Jerawat

Masalah jerawat sering kali menjadi momok mengesalkan bagi para wanita. Apalagi, jerawat akan lebih mudah tumbuh saat menjelang masa menstruasi. Terkadang jerawat yang tumbuh ini bahkan lebih besar dibanding jerawat yang biasanya. Munculnya jerawat disebabkan peningkatan hormon progesteron saat menstruasi. Alhasil, hormon ini menyebabkan minyak diproduksi lebih banyak dan menimbulkan jerawat.

2. Payudara Nyeri

Saat menjelang menstruasi beberapa wanita mengaku merasakan rasa nyeri dan sakit pada payudaranya. Payudara terkadang terasa sakit dan juga bengkak. Meski belum diketahui secara pasti penyebabnya, kemungkinan besar hal ini disebabkan peningkatan hormon prolactin (menyusui).

3. Peningkatan Nafsu Makan

Salah satu tanda unik dari PMS adalah nafsu makan yang meningkat dari biasanya. Jika umumnya Anda cukup makan makanan biasa saja, maka saat PMS Anda tiba-tiba merasa ingin makan makanan manis, cokelat, ataupun makanan lain yang belum pernah dimakan.

4. Perut Terasa Kembung

Menjelang menstruasi ataupun selama mengalami menstruasi beberapa wanita akan merasakan rasa kembung yang berlebih pada perutnya. Penyebab rasa kembung ini beragam, umumnya disebabkan adanya perubahan kadar hormon. Untuk mengatasinya kamu disarankan untuk mengkonsumsi makanan sehat dan olahraga.

5. Rasa Kram pada Perut dan Punggung

Tanda PMS yang cukup mengganggu adalah rasa kram baik pada perut bagian bawah dan punggung. Bahaya nyeri haid yang berlebihan terkadang bisa sampai membuat wanita nggak bisa bergerak hingga pingsan.

Nah, itu tadi beberapa tanda umum menjelang menstruasi yang sering dialami oleh wanita. Kalau kamu sendiri bagaimana? Apa saja tanda menstruasi yang paling sering kamu alami?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s