Basic Skincare untuk Pemula Remaja

Saat anak beranjak remaja dan mengalami pubertas, seringkali mulai muncul masalah pada kulit wajah. Ini karena terjadinya perubahan hormon. Pada umumnya, saat pubertas adalah saat mereka pertama kali akan menghadapi jerawat, komedo, bercak kering hingga perubahan hormonal.

skincare untuk pemula remaja

Tentunya hal tersebut dapat menimbulkan kecemasan pada kepercayaan diri mereka dan mungkin saja mereka akan merasa bahwa tubuh yang mereka kenal tiba-tiba berada di luar kendali. Meski demikian, hal itu wajar kok. Jadi nggak perlu terlalu memikirkan atau berlebihan dalam merawat kulit remaja.

Berbicara soal skincare, usia remaja merupakan usia yang tepat mengenalkan rutinitas skincare. Tentunya, sebagai pemula, mereka belum membutuhkan skincare yang berlebihan untuk kulit wajah muda mereka. Kamu bisa mengetahui skincare timeline pada anak di artikel sebelumnya. Pada artikel tersebut, kamu bisa mengetahui lebih jelas, usia boleh memakai skincare.

Basic Skincare untuk Pemula

Menurut para ahli kulit atau dermatologis, kulit remaja sebenarnya hanya membutuhkan 3 langkah rutin basic skincare, apapun jenis atau permasalahan kulit mereka. Apa saja itu?

Berikut ini adalah langkah-langkah penting untuk membantu remaja memulai perjalanan skincare mereka.

1.Cleansing.

Selama masa remaja, penting untuk menekankan pentingnya membersihakan wajah yang tepat untuk menjaga kesehatan kulit. Mungkin ada yang masih beranggapan bahwa membilas wajah saat mandi sudah cukup, padahal penting untuk membersihkan wajah secara menyeluruh.

Pastikan untuk membersihkan wajah pada pagi dan sore hari. Rutinitas ini akan membantu menghilangkan kotoran, minyak dan kotoran yang menumpuk pada kulit sepanjang hari dan saat tidur.

Saat memilih pembersih wajah, remaja sebagai pemula sebaiknya memilih pembersih wajah yang lembut dan menghidrasi. Selain itu, carilah produk yang bebas pewangi, memiliki bahan minimal (untuk menghindari iritasi), dan mengandung ceramide dan gliserin untuk memulihkan dan menjaga pelindung kulit.

pembersih wajah pemula remaja

Perlu kamu perhatikan juga, untuk membersihkan wajah sebaiknya menggunakan air hangat. Ingat ya, air hangat, bukan air panas. Kenapa? Ini karena air panas dapat menghilangkan minyak alami pada kulit sehingga menyebabkan kekeringan dan iritasi. Sedangkan air hangat lembut di kulit dan membantu membuka pori-pori, sehingga pembersihan lebih efektif.

Setelah dibersihkan, jangan lupa untuk mengeringkan kulit dengan waslap atau handuk bersih. Caranya cukup dengan menepuk nepuk- waslap atau handuk pada wajah. Jangan menggosok kulit karena dapat menyebabkan iritasi dan kemerahan.

2. Moisturizing

Kulit membutuhkan kelembapan agar tetap sehat. Cara paling mudah untuk menjaga kulit tetap terhidrasi adalah dengan menggunakan pelembab.

Ada kesalahpahaman umum bahwa jika kamu memiliki kulit berminyak, kamu nggak perlu menggunakan pelembap, padahal kuncinya adalah menjaga keseimbangan antara mengelola produksi minyak berlebih dan menjaga kesehatan kulit. Caranya bisa dengan membersihkan dan melembabkan kulit.

Kamu dapat menyesuaikan rutinitas skincare kamu dengan produk yang dirancang untuk kulit berminyak seperti pelembab bebas minyak yang dapat membantu mengontrol kilau tanpa mengurangi hidrasi.

basic skincare remaja

Sedangkan kulit kering mungkin memerlukan perawatan ekstra untuk mengatasi rasa kasar, gatal, dan mengelupas. kamu dapat memilih pelembab yang diformulasikan untuk kulit kering untuk memberikan nutrisi dan hidrasi. Memilih bahan yang menghidrasi seperti asam hialuronat dapat membantu meredakan kekeringan.

Sebaiknya pilihlah pelembab yang juga mengandung SPF minimal 15 untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Pakailah pelembab dengan mengoleskan tipis-tipis pada kulit yang bersih dan kering setiap pagi dan sore hari.

Penting juga untuk meminum banyak air setiap hari. Hidrasi internal dapat bekerja bersamaan dengan perawatan kulit eksternal, membantu mengunci kelembapan tersebut.

3. Sun Protection

Jangan pernah melewatkan SPF! Perlindungan terhadap sinar matahari sangat penting. Sunscreen menjadi garis pertahanan dan perlindungan pertama terhadap kanker kulit. Perlu kamu ketahui, kerusakan akibat sinar matahari bersifat kumulatif sepanjang hidup kita.

Jadi, kerusakan akibat sinar matahari yang kita alami saat berusia 10 tahun, saat berusia 15 tahun, saat berusia 20 tahun, semuanya bertambah. Hal tersebut yang pada akhirnya menyebabkan lebih banyak masalah pada kulit, termasuk risiko kanker kulit, kerutan, bintik-bintik coklat dan sebagainya. Oleh karena itu, kita harus melindungi kulit kita sepanjang hidup.

basic skincare remaja

Nah, selama masa remaja, kulit mengalami banyak perubahan dan paparan sinar UV sebenarnya dapat memperburuk hal-hal seperti noda, kekeringan, hingga bercak merah sensitif. Jadi penting untuk melindungi kulit dari sinar UV berbahaya dengan memilih sunscreen yang memiliki SPF 30 atau lebih tinggi dan memiliki UVA tinggi sebagai rutinitas basic skincare harian kamu.

Selain itu, pilihlah sunscreen yang nonkomedogenik artinya tidak menyumbat pori-pori. Gunakanlah sunscreen setiap hari, bahkan saat cuaca sedang mendung. Dengan melakukan langkah ini, itu artinya kamu tak hanya mencegah penuaan dini saja tetapi juga menjaga kesehatan kulit dalam jangka panjang.

Tips Menerapkan Basic Skincare bagi Pemula

Sebagai pemula remaja, kamu bisa menerapkan beberapa tips berikut ini dalam menggunakan produk skincare.

  • Gunakanlah produk skincare yang sederhana. Jangan memborbardir kulit dengan banyak produk baru. Namun mulailah secara bertahap. Ini supaya jika kulit bereaksi negatif terhadap suatu produk, maka akan lebih mudah untuk mengetahui produk mana yang menjadi penyebabnya.
  • Sebelum membeli dan menggunakan produk skincare, bacalah terlebih dahulu label produk dengan teliti. Pastikan produk skincare yang akan kamu pakai sesuai dengan jenis kulit wajah kamu.
  • Sebagai pemula, pakailah produk skincare wajah dalam jumlah sedikit. Ini untuk mengetahui apakah kulitmu iritasi dengan produk tersebut. Jika terasa iritasi, kurangi jumlah produk yang kamu gunakan.
  • Gunakan produk skincare wajah secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Nah, itu tadi adalah basic skincare pemula remaja dan juga tips sebagai pemula yang bisa kamu terapkan untuk memulai merawat kulit wajah remaja agar sehat terawat. Setelah mengetahui dan memahami dasarnya, barulah kemudian dapat melihat bahan-bahan yang dirancang sesuai kebutuhan dan permasalahan pada kulit kamu. Kamu nanti bisa cek pada postingan berikutnya tentang apa saja masalah kulit pada remaja masa pubertas yang perlu kamu ketahui.  Jadi jika kamu pemula dalam skincare, jangan ragu ya untuk memulainya!

Allaely Hardhiani

Saya hanyalah seorang ibu rumah tangga biasa. Istri seorang ilustrator sekaligus ibu dari 3 orang anak luar biasa. Penyuka kopi yang suka membaca, kulineran, dan jalan-jalan. Blog ini merupakan catatan saya tentang berbagai hal. Semoga bisa bermanfaat dan selamat membaca!

25 pemikiran pada “Basic Skincare untuk Pemula Remaja”

  1. Si bungsu juga sudah mulai muncul jerawat. Padahal sebelumnya kulit mukanya halus banget, eh begitu SMP sudah mulai berjerawat. Emang perlu sih memakai skincare untuk membantu menjaga kesehatan kulit wajah. Namun nggak boleh sembarangan deh ya. Keren artikelnya, jadi tau tips pemakaian basic skincare untuk pemula remaja.

    Balas
  2. Cleansing emang penting banget lah, basic skincare buat remaja yang mulai aware sama kesehatan kulit. Apalagi yang padet aktivitas kan. Jangan lupa pake sunscreen juga. Ini penting banget deh. Remaja juga wajib perawatan biar kulitnya terawat dan sehat.

    Balas
  3. adekku nih udah mulai remaja. aku pengen nyari rekomendasi buat dia karna kulitnya sensitif banget. agak takut-takut kalo nyamain skincareku karena kulitku kulit badak hehe

    Balas
  4. Di usia aku yang udah nggak remaja lagi (hehe), aku malah balik lagi lho ke basic skincare ini.. karena kalau kebanyakan pakai serum dll itu kadang kulit wajahku malah jerawatan.. jadi balik lagi deh yang penting basic skincarenya terpenuhi dulu 🙂

    Balas
  5. Nah…sun protection nih yang suka terlewat. Dulu pas remaja malah skin care untuk remaja engga ada. Rasanya ribet kalau bersihin muka pakai milk cleansing & kapas. Maunya sat-set, sabun muka aja tuh.

    Balas
  6. Dulu waktu remaja aku cuman pakai cleansing aja. Padahal perlu dirawat juga dengan moisturizer dan sunscreen yaa, cuman harus diperhatikan saja pemakaiannya jangan terlalu banyak, secukupnya saja mengingat kulitnya masih remaja.

    Balas
  7. Tiga hal penting yg jd basic skincare ya kak. Cleansing, moisturizing & sun protecting.

    Masalahnya kandungan bahan yg hrs ada di setiap step tuh. Apalagi mereknya. Banyak banget dan emg hrs cobain satu2 biar th mana yg cocok ya kak.

    Balas
  8. Sangat penting untuk peduli dengan skincare sejak masih remaja. Perawatan kulit adalah investasi jangka panjang. Efeknya akan terasa saat sudah berusia diatas 40 tahun.

    Balas
    • Anakku dan ponakanku yang berada di usia remaja, duh jerawatannya ampun-ampun. Dan ternyata perawatan wajah untuk mereka gak cukup cuma rajin cuci muka ya. Mesti pake moisturizer dan sunscreen juga selain cleansing

      Balas
  9. kulit remaja memang masih masa transisi dari kulit anak-anak. Makanya skincarenya cukup 3 saja yang dasar ya, Mbak. Yang penting produknya cocok. Namun perlu diwaspadai jerawat yang memang sudah saatnya nongol di wajah remaja hehehe.

    Balas
  10. Kalau sama daku, semisal udah pakai sunscreen maka nggak pakai pelembab, soalnya jenis kulit daku yang rada² jadi aneh semisal itu di kolaborasi kan hihi. Kecuali kalau lagi gak pake ss baru deh pake pelembab

    Balas
  11. Aku lagi pakai basic skincare. Cleanser, moisturizer dan sun protection. Penting banget mencari produk skincare yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Biar cocok dan nggak timbul masalah yang nggak diinginkan di kulit kita.

    Balas
  12. Aaa thankyou banget kak, soalnya aku sendiri dulu pas remaja juga “ngawur” pake apa aja karena nggatau kalo sebenernya basic skin care ini aja yang dibutuhkan. bisa buat ilmu buat anakku nanti hihi

    Balas
  13. Aku sepakat banget dengan menggunakan skincare di wajah itu sebaiknya sedikit demi sedikit dan tipis tipis saja dahulu sebagai perkenalan. Bila kadang kebanyakan orang dewasa sudah menggunakan tabir surya dengan jumlah produk berpatokan pada dua ruas jari, kalau buatku seringnya lebih sedikit.

    Sayang banget memang kalau kulit nggak dirawat sedari remaja. Dulu aku suka ngambek kalau dipakaikan tabir surya karena aku gampang keringatan dan muka jadi lengket rasanya. Setelah besar, kalau keluar rumah nggak pakai tabir surya, bisa dipastikan aku merasa kayak ada yang kurang gitu.

    Balas
  14. Justru sejak remaja begini dibiasakan melakukan perawatan sehingga kulit tetap halus sehat tanpa gangguan. Kalau sudah tua seperti saya, mau bilang terlambat menggunakan skincare apapun ya gak bisa cepat mendapatkan kulit sehat nya

    Balas
  15. Basic skincare ini memang wajib diberikan ke remaja. Gak perlu tambahan skincare lagi karena kulit remaja masih bagus dan kenyal. Jadi basic skincare aja udah cukup.

    Balas
  16. Punya masalah kulit saat remaja ini memang wajar, tapi seringkali bikin sang remaja merasa insecure. Dan kudu banget dibantu dengan perawatan menggunakan basic skincare yang tepat. Anakku juga mulai mengeluhkan hal-hal seperti ini. Aku pikir munculnya saat sedang akan period aja, ternyata kalau stres juga memengaruhi kondisi kulit yaah..

    Balas
  17. Wah benar mba, untuk remaja cukup basic skincare aja ya. Aku jadi ingat, temanku ketika SD suka pakai bedak padat ibunya kalau mau berangkat sekolah, efeknya ketika remaja justru wajahnya jadi jerawatan. Untuk remaja sih, yang penting bersih dan terlindungi dari UV ya mba

    Balas

Tinggalkan komentar