Celoteh

Hal yang Dikangenin Saat Masa SMA

Beberapa waktu yang lalu saya ikutan suami ke Ungaran, tepatnya ke SMA 1 Ungaran. Ngapain? Ada acara hari refleksi Kelas Inspirasi Semarang #4. Sebenarnya saat itu saya agak malas ikutan, karena badan lagi nggak fit. Masih pilek dan kadang pusing. Kenzie juga masih belum sembuh betul meskipun sudah membaik. Tapi sepertinya hari itu Tuhan ingin saya pergi keluar rumah. Karena ternyata pagi jam 7-an lampu mati. Ya sudahlah, akhirnya daripada bengong di rumah dan mati gaya, mending saya ikut suami saja. Setelah bangunin Kenzie dan berjuang membujuknya mandi, akhirnya kami pun berangkat dan sampai di lokasi sekitar jam 9.30-an.

Sambil nunggu acara refleksi selesai, Kenzie sempat rewel. Maklum saja, suasana di aula memang ramai dan mungkin itu membuat Kenzie lama-lama jadi nggak betah. Apalagi Kenzie banyak yang godain. Maklum saja ya, Kenzie gemesin sih kayak emaknya #hoek hahaha… Alhamdulilah-nya dia akhirnya bisa ditenangkan setelah di ajak jalan-jalan ke taman sekolah. Kebetulan taman sekolahnya berada di tengah sekolahan, tepat di depan bangunan yang jadi aula. Keliling taman dan melihat-lihat ikan di kolam air mancur. Sesekali terlihat ada beberapa siswa yang berada di sekolah karena ada kegiatan. Saya jadi keingatan zaman masih muda dulu. Jadi bikin kangen masa-masa SMA. Saat-saat yang kata orang sih masa paling indah. Well, mungkin ada benarnya juga sih, meskipun menurut saya, indah atau tidaknya tergantung masing-masing individunya. Tapi bagi saya sendiri, masa SMA setidaknya memang menjadi masa-masa  yang paling saya kangenin. Why? Berikut ini ada beberapa alasan kenapa masa-masa SMA banyak kenangan menurut saya.

Yang pertama, saat SMA adalah saat mulai mengenal cinta*gubrak hahaha... Maklum, zaman saya SMP nggak ada yang qualified sih. Jadi nggak ada yang bisa di taksir hehehe…. Pas zaman SMA pernah naksir sama senior, orangnya manis dan pintar, aktif ekskul pula. Tapi sayangnya ternyata sudah punya cewek hiks… Selain si mas senior ini, kayaknya sih nggak ada lagi deh cowok di SMA yang berhasil bikin hati berbunga-bunga. Banyak sih yang ganteng tapi numpang lewat doang, maksudnya saya yang numpang lewat di mereka alias nggak dianggap hahaha…

Selanjutnya, hal yang saya kangenin adalah jam pelajaran kosong. Yes, siapa sih yang nggak suka jam pelajaran kosong. Bisa ngobrol sama teman, main-main di kelas, tapi biasanya sih pada lebih suka nongkrong di kantin. Apalagi kalau jam pelajaran kosongnya di jam pelajaran terakhir. Wah, bakalan lebih happy lagi, karena itu artinya bisa pulang lebih awal hehehe… Oh ya, biasanya kalau pulangnya lebih awal, suka banget tuh jalan-jalan keliling ke kelas lain. Buat apa? Buat pamer ke kelas lain kalau sudah pulang duluan hehehe…

Oh ya btw eniwe, kalau pulang lebih awal bukan berarti saya langsung pulang ke rumah. Biasanya saya sama teman main kabur ke warnet. Zaman SMA dulu, adalah zamannya saya pertama kali kenal sama yang namanya internet. Zaman SMA, belum ada tuh smartphone canggih kayak sekarang. Yang punya hp pun hanya segelintir orang saja. Jadi pas era SMA saya, lagi booming tuh warnet dan yang bikin kangen  tuh saat seru-seruan chatting pakai MiRC atau Yahoo Massenger. Dari chatting pernah ada yang ketemuan bahkan temenan sampai sekarang. Tapi dari sekian banyak teman chatting yang masih temenan ya bisa dihitung dengan jari, selebihnya ya bubar jalan. 

Hal lain yang bikin kangen saat SMA adalah kangen ngerjain (baca:nyontek) PR pagi-pagi. Yeah, meskipun nggak setiap pagi sih, tapi lebih sering iya daripada enggak-nya hehehe… Kalau ada PR dan belum ngerjain, entah itu karena lupa, malas atau karena nggak bisa ngerjain (alasan paling sering), biasanya saya akan datang lebih pagi. Biar ada waktu nyontek punya teman. Maklum saja, saya nggak pintar-pintar amat, apalagi untuk soal hitungan beuuuh…saya nyerah deh. Beruntung punya teman sebangku pintar dan juga baik hati.  Eits, tapi nggak setiap ada PR saya nyontek loh. Biasanya cuma PR yang rumit dengan hitung-hitungan. Selain itu pelaku penyontek PR nggak cuma saya saja loh, tapi juga mayoritas teman di kelas *pembelaan diri*.

Ikut kegiatan ekskul juga menjadi hal yang saya kangenin. Habis pulang sekolah di hari-hari tertentu saya biasanya tetap stay di sekolah untuk kegiatan ekskul. Dulu saya pas SMA ikut PMR dan Rohis, tapi paling aktif sih PMR yang bahkan tetap diteruskan hingga kuliah dengan masuk KSR. Pengin ikut OSIS tapi nggak mumpuni alias nggak lolos. Ikut Pramuka akhirnya mengundurkan diri karena satu dan lain hal. Selain itu saya juga ikut karate. Kalau yang satu ini, saya latihannya nginduk ke sekolah tetangga. Soalnya di sekolah nggak ada karate. Itu juga bisa ikut karate berhubung sensei-nya kakak kelas. Dengan ikut ekskul, saya jadi bisa punya lebih banyak teman. Saya jadi kenal saa teman-teman yang beda kelas bahkan beda sekolah.

Hal lain yang bikin saya kangen saat-saat SMA adalah pakai seragam putih abu-abu. Kenapa? Kalau naik angkot jadi lebih murah hehehe… Paling senang kalau pas pakai seragam putih abu-abu, kayak gimana gitu… Berasa kayak menunjukkan ini saya masih muda loh. Suka juga kalau pakai seragam identitas sekolah. Soalnya bikin orang langsung tahu kalau saya sekolah dimana. Secara gitu loh, SMA saya termasuk SMA favorit hihihi… Tapi paling sebal adalah kalau pas pakai seragam pramuka. Karena bikin saya sering dikira anak SMP, efek muka imut kali yah *plak hahaha….

Dan tentunya tak lupa kangen untuk upacara bendera setiap hari Senin. Padahal dulu itu malas banget kalau disuruh upacara. Datangnya harus lebih pagi pula biar nggak telat. Kalau telat bisa kena hukuman. Eh tapi, berhubung saya ikut PMR, saya biasanya memilih jadi petugas kesehatan dan jaga di bagian belakang barisan. Ya memang sih tetap harus ikut upacara, tapi setidaknya lebih santai hehehe…. Kadang sampai rebutan buat tugas jaga. Bahkan yang bukan anggota PMR juga pengin jaga, soalnya mereka telat datang dan bisa dihukum kalau ketahuan.

So, itu tadi adalah beberapa hal yang saya kangenin saat SMA. Itu masa-masa indah menurut saya. Masa-masa SMA seperti masa peralihan dari remaja menjadi dewasa. Saat masih SMP tuh kayak dianggap jadi anak nanggung. Anak kecil bukan, dewasa juga belum. Jadi belum diakui keberadaannya. Tapi saat SMA kita sudah bisa mulai menunjukkan diri kita. Kita mulai dianggap dewasa oleh orang-orang disekitar. Yah…bisa dibilang masa SMA adalah masa dimana kita mulai eksis dan bisa menujukkan eksisan kita. Nah, kalau menurut kalian sendiri gimana nih? Apa yang kalian kangenin saat SMA?

 

Advertisements

One thought on “Hal yang Dikangenin Saat Masa SMA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s