Tak Terdefinisi

12 Kiat Menjaga Diri di ATM

ATM

Kita tentu sering menggunakan fasilitas ATM untuk berbagai keperluan baik untuk keperluan pribadi maupun bisnis. Banyak transaksi yang dapat dilakukan dari ATM, mulai dari tarik tunai, setoran, melakukan pembayaran, transfer, dan lain sebagainya. Sebuah mesin yang menyediakan uang kontan 24 jam penuh dan juga manfaat lainnya, ATM memang sungguh merupakan suatu kenyamanan prima. Meski demikian, kita perlu waspada ketika menggunakan ATM karena banyaknya berbagai modus kejahatan yang dilakukan orang tidak bertanggung jawab untuk keuntungan pribadi. Nah, biar aman saat berada di ATM, berikut ini kiat-kiat agar kamu bisa meninggalkan ATM sambil tetap menggenggam uangmu.

  1. Pilih ATM-mu dengan hati-hati. Carilah lokasi ATM yang terletak di depan bank, terang, dan tampak oleh orang yang lalu lalang. Lokasi yang tersembunyi bisa menjadi incaran empuk pelaku kejahatan.
  2. Kalau kamu menggunakan ATM bersama yang tertutup pastikan ruangan tesebut dilengkapi dengan jendela yang besar agar terlihat oleh orang-orang yang lalu lalang. Kalau ada orang di dalam saat kamu tiba, tunggu hingga dia pergi. Jangan pernah menahan pintu hingga terbuka agar orang lain bisa masuk.
  3. Jangan menggunakan ATM pada malam hari. Kalau kamu memang perlu sekali uang tunai, gunakan ATM yang ada di supermarket, mini maket, atau pompa bensin. Atau ajak seorang teman. Kalau lampu mati jangan gunakan ATM tersebut.
  4. Jangan berlama-lama di ATM. Keluarkan kartumu dari dompet dan sudah siap di tangan sebelum kamu memasuki ATM. Jangan baru mengorek-ngorek dompet ketika sudah ada di dalam.
  5. Jangan biarkan orang lain melihatmu memasukkan nomor PIN-mu. Biasakan untuk memperhatikan kondisi sekeliling. Gunakan tubuh untuk menghalangi pandangan orang lain dari papan ketik ATM, terutama yang berada di belakang kita.
  6. Tetaplah waspada dan awas akan keadaan sekitar. Kalau seseorang menempelmu dan tampak tertarik dengan transaksi yang kau lakukan, tinggalkan dia. Kalau seseorang menawarkan bantuan, tolak saja. Kalau seseorang mengikutimu ke ATM bersama dan kamu merasa khawatir, tinggalkan ATM tersebut. Cari ATM lain.
  7. Begitu kelar melakukan transaksi, bereskan semuanya dan pergilah segera. Hitung uangmu nanti saja.Jangan pernah keluar ATM sambil memegang uang.
  8. Bawa slip bukti penarikan uang. Jangan biarkan seorang penjahat mengetahui, berapa banyak uang yang baru kamu ambil, atau sisa uang yang kamu miliki.
  9. Jangan beri tahuka nomor PIN-mu pada orang lain. Hafalkan di luar kepala. Jangan menuliskannya pada kartu ATM-mu (jelas dong) atau dikertas lain dalam dompet yang sama.
  10. Kalau kartumu hilang atau dicopet, segera laporkan ke Bank.
  11. Jangan pernah memberikan informasi tentang kartu ATM atau nomor PIN lewat telepon. Kalau seseorang menelponmu untuk “mengecek kebenaran nomor PIN-mu”, meskipun mungkin orang tersebut mengaku petugas dari kepolisian atau dari bank, jangan beritahukan. Laporkan saja pada polisi.
  12. Jika merasa ada yang tidak wajar dengan mesin, jangan bertransaksi dan segera laporkan. Bila kartu ATM tertelan, jangan panik dan ingat untuk selalu mencatat call center resmi dari bank yang digunakan.

Demikian tadi, tips agar terhindar dari kejahatan saat di ATM. Kalau kata bang napi, kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat tapi juga karena ada kesempatan. Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan? So, kalau diantara kalian ada yang tips lain, boleh dong di bagi tipsnya di kolom komentar 🙂

 

Advertisements

2 thoughts on “12 Kiat Menjaga Diri di ATM

  1. mantab kiatnya, tp kadang susah jga kalo butuh duitnya malam malam, terpaksa ambil atm di malam hari. moga selalu selamat aman sentausa. oh iya, tips supaya atm bisa nambah sendiri saldo nya dengan signifikan kapan nih? 😇 just kidding

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s