Skincare untuk Remaja Pria

skincare untuk pria

Nggak cuma perempuan aja, pria juga perlu merawat kulit supaya bersih dan sehat. Sama seperti remaja perempuan, remaja pria juga perlu menggunakan skincare agar kulit sehat dan terawat. Apalagi saat ini sudah tersedia banyak produk perawatan wajah pria, mulai dari cleanser, toner, moisturizer, hingga sunscreen. Namun, produk mana yang sebaiknya dipilih? Lalu, kandungan apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih skincare pria? Langsung saja kamu simak artikel di bawah ini ya!

Tahapan Skincare Remaja Pria

Sama seperti remaja perempuan, ada basic skincare yang perlu dilakukan untuk merawat kulit. Perlu kamu tahu, basic skincare ini termasuk salah satu tips merawat kulit remaja agar sehat terawat. Untuk remaja, cukup melakukan 3 basic skincare yaitu cleaser,moisturizer dan sunscreen. Meski begitu, boleh saja untuk menambahkan skincare lainnya seperti serum dan masker. Namun sebelum memilih produk-produk skincare yang akan remaja pria gunakan, sebaiknya ketahui terlebih dahulu jenis kulit wajahnya.

Perlu kamu tahu nih, umumnya kulit pria memproduksi lebih banyak sebum dan memiliki pori-pori yang lebih besar. Sehingga wajah pun cenderung lebih berminyak, berjerawat dan kusam, terutama ketika masa pubertas. Meski demikian, ada juga remaja pria yang memiliki kulit kering dan sensitif.

Dalam memilih produk perawatan kulit, yang terpenting adalah menyesuaikan dengan kondisi atau permasalahan kulit dan bukan berdasarkan gender. Jadi, meskipun di pasaran ada banyak produk skincare yang nggak berlabel “for men” sebenarnya boleh saja kaum pria memakainya.

Adapun untuk tahapan basic skincare remaja pria antara lain :

  1. Sabun wajah: Bersihkan wajah maksimal tiga kali dalam sehati agar lapisan pelindung kulit nggak rusak.
  2. Pelembap: Gunakanlah pelembap atau moisturizer dua kali dalam sehari agar kulit tetap terhidrasi.
  3. Sunscreen: Pastikan untuk menggunakan sunscreen terutama saat berada di luar ruangan. Re-apply setiap 3-4 jam sekali dalam sehari.

Jika basic skincare sudah terpenuhi, kamu nantinya bisa secara perlahan melengkapi rangkaian perawatan wajah dengan beberapa tambahan skincare lainnya. Beberapa produk skincare tambahan yang bisa remaja pria pakai misalnya toner, serum, dan masker. Namun skincare tambahan tersebut bersifat optional, karena biasanya pria nggak suka yang ribet.

Cara Memilih Skincare Remaja Pria

Dalam memilih skincare untuk remaja pria, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Berikut ini adalah tiga poin yang dapat kamu jadikan acuan saat memilih.

Pembersih Wajah

Pilihlah pembersih wajah berbentuk gel, facial foam untuk perawatanharian. Ini karena pembersih wajah gel bisa menembus pori-pori sehingga bisa membersihan kotoran dan minyak berlebih secara maksimal. Sedangkan facial foam, busanya yang halus lebih mudah mencapai pori-pori sehingga membuat kulit jadi lebih bersih dan cocok untuk kulit berminyak.

face wash pria

Jika remaja pria memiliki kulit berjerawat, carilah pembersih muka yang mengandung asam salisilat, glycolic acid, microbiome, atau benzoyl peroxide. Namun jika kulit wajah remaja pria termasuk kulit kering, sebaiknya pilihlah pembersih muka yang mengandung pelembap, seperti ceramide, Aloe vera, atau niacinamide. Lalu jika memiliki kulit sensitif, utamakan yang formulanya ramah di kulit sensitif: Kandungannya mild, rendah detergen, serta bebas pewarna dan pewangi.

Pelembap Wajah

Memilih pelembap wajah untuk remaja pria terbilang agak tricky, namun kamu bisa mempertimbangkan beberapa hal berikut ini. Dalam memilih pelembap wajah, sebaiknya pilih pelembap yang memiliki kandungan yang dapat mengontrol minyak tanpa meningkatkan produksi minyak, misalnya salicylic acid dan niacinamide; utamakan tekstur lotion atau water based agar mudah meresap.

Jika kulit wajah berjerawat, carilah pelembap yang mengandung bahan tambahan yang menenangkan kulit, seperti witch hazel, tea tree oil, Centella asiatica, dan Aloe vera. Supaya kulit nggak kusam, kamu juga bisa memilih pelembap dengan kandungan vitamin C, glutathione, niacinamide yang dapat mencerahkan kulit. Utamakan pelembap yang kamu pilih termasuk non-comedogenic agar nggak memperburuk kondisi kulit. Selain itu juga bisa memilih pelembap yang dikombinasikan dengan sunscreen asalkan tektsturnya ringan. Pilihlah pelembap dengan minimal SPF 30 untuk perlindungan dari sinar UV.

Sunscreen

Setiap orang perlu memakai sunscreen untuk melindungi kerusakan akibat sinar UV, tak terkecuali pria. Beberapa sumber menyatakan, pria lebih berisiko mengalami kanker kulit daripada perempuan. Ini terjadi karena pria lebih jarang memakai sunscreen daripada perempuan.

Dalam memilih sunscreen, pilihlah dengan minimal SPF 30 dan PA+++. Ini karena di Indonesia memiliki sinar matahari melimpah sehingga dengan SPF 30 mampu menghalau 96,7% sinar UVB, sedangkan PA +++ dapat menghalau 90% atau sekitar 8-12 jam sinar UVA.

Gunakanlah sunscreen 30 menit sebelum keluar rumah supaya ada waktu bagi sunscreen untuk meresap sehingga perlindungannya optimal. Jangan lupa juga untuk re-apply sunscreen setiap sekitar 3 jam sekali. Pasalnya sunscreen bisa terhapus oleh keringat, air, gesekan, atau faktor eksternal lainnya.

Jika kamu memiliki kulit berminyak, sebaiknya pilihlah sunscreen gel atau losion. Ini karena mayoritas sunscreen tersebut berbahan dasar air sehingga cenderung ringan dan mudah menyerap. Karena teksturnya ringan, kemungkinan untuk menyumbat pori-pori juga lebih kecil. Kamu juga bisa memilih sunscreen dengan label “non-comedogenic” yang artinya sunscreen tersebut memiliki formulasi bahan yang nggak menyumbat pori-pori.

Sedangkan untuk kulit kering utamakan suncreen bertekstur krim. Pada umumnya, sunscreen krim mengandung bahan yang lebih melembapkan seperti gliserin, asam hialuronat atau ceramide. Menggunakan sunscreen krim juga dapat mencegah penguapan air dari dalam kulit.

Selain itu, saat memilih sunscreen sebaiknya pilih chemical sunscreen supaya tidak meninggalkan white cast atau tidak membuat kulit wajah terlihat abu-abu. Namun, kamu bisa memilih physical sunscreen karena bisa menjadi alternatif yang baik untuk jerawat meradang lantaran zat aktifnya nggak masuk ke dalam kulit.

Selain tahapan skincare di atas, remaja pria perlu juga menjaga pola hidup sehat. Misalnya nggak merokok karena asap rokok bisa memicu munculnya jerawat, olahraga teratur dan juga nggak begadang. Selain itu juga perlu untuk mengkonsumsi makanan sehat. Jangan lupa untuk membaca artikel selanjutnya untuk mengetahui Makanan Apa Saja yang Perlu Dikonsumsi agar Jerawat  Remaja Cepat Hilang. Perlu kamu ingat nih, penggunaan skincare jika nggak kamu imbangi dengan gaya hidup sehat, maka akan membuat jerawat tetap saja sulit dikontrol.

 

Allaely Hardhiani

Saya hanyalah seorang ibu rumah tangga biasa. Istri seorang ilustrator sekaligus ibu dari 3 orang anak luar biasa. Penyuka kopi yang suka membaca, kulineran, dan jalan-jalan. Blog ini merupakan catatan saya tentang berbagai hal. Semoga bisa bermanfaat dan selamat membaca!

3 pemikiran pada “Skincare untuk Remaja Pria”

  1. Nah ini, gak semua anak-anak cowok pakai sunscreen padahal kalau sekarang penting banget. Ditambah hawa panas, berkeingat bikin kulit jadi menggelap

    Balas
  2. perawatan kulit adalah sebuah perjalanan, bukan tujuan. Bersabarlah dan temukan rutinitas skincare yang paling cocok untuk kulit bagus, yang penting ketahui jenis kulit agar bisa memilih skinn care yang tepat

    Balas
  3. Zaman now, anak cowok dimudahkan untuk perawatan wajah. Sudah hadir rangkaian produk, jadi bsia melakukan perawatan wajah secara bertahap. Kalau zaman saya dulu, paling andalanya sabun pembersih wajah hehehe.

    Balas

Tinggalkan komentar