Konsumsi dan Hindari Makanan Berikut agar Remaja Bebas Jerawat

Memiliki kulit tampak cantik bebas noda, jerawat, dan jerawat merupakan idaman setiap individu, terutama bagi kaum remaja. Setiap aktivitas tubuh terhubung dengan apa yang kamu makan setiap hari, tanpa terkecuali kesehatan kulit kamu. Jerawat merupakan masalah kulit kompleks yang disebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dari faktor hormon, gaya hidup dan kesehatan, dan juga pola makan sehari-hari adalah salah satunya.

makanan untuk mengatasi jerawat

Bagi kaum remaja yang sedang mengalami pubertas, memang sangat penting untuk merawat wajah yang sering kali berjerawat. Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan skincare, tak terkecuali bagi remaja pria. Ya, remaja pria tetap perlu menggunakan skincare untuk merawat kulit wajah mereka. Namun biasanya skincare untuk remaja pria nggak sekompleks remaja perempuan, karena umumnya mereka nggak suka ribet. 

Namun ternyata menggunakan merawat wajah dengan skincare saja nggak cukup lho. Kamu juga perlu merawat kulit wajah dari dalam yaitu dengan menerapkan pola makan sehat agar bebas jerawat. Meskipun mengonsumsi makanan bergizi nggak akan membuat jerawat kamu hilang dalam semalam, namun akan bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan kulit kamu dalam jangka panjang. 

Ini lantaran kesehatan kulit berhubungan langsung dengan nutrisi yang kamu dapatkan melalui makanan, karena setiap proses biologis akan berdampak pada kulit dan tubuh. Karena itulah makanan atau bahan tertentu dalam makanan kamu dapat berfungsi sebagai pemicu penyakit. Sementara bahan lainnya membantu meningkatkan kesehatan kulit.

Jadi, konsumsilah makanan yang akan bermanfaat untuk menghilangkan dan melawan timbulnya jerawat. Berikut ini adalah makanan apa saja yang sebaiknya kamu konsumsi dan kamu hindari supaya nggak berjerawat.

Makanan untuk Mencegah Jerawat & Mendapatkan Kulit Cerah

1. Asam Lemak Omega-3

Asam lemak Omega-3 merupakan sebutan untuk lemak tak jenuh ganda. Makanan yang mengandung asam lemak Omega-3 ini ternyata sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit. Salah satunya yaitu untuk membantu mencegah masalah kulit seperti jerawat, psoriasis, eksim, mencegah peradangan kulit dan juga meningkatkan kesehatan kulit.

Asam lemak Omega-3 ini bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi jenis ikan laut seperti sarden, trout, salmon, cod, mackerel, dan kippers. Selain ikan laut, kamu juga bisa mendapatkannya melalui sumber nabati seperti kenari, chia seeds, flax seeds, dan minyak lobak.

2. Antioksidan

Lindungilah kulit kamu dari kerusakan akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan jerawat dengan memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Ini karena zat antioksidannya dapat menetralkan molekul beracun dan mencegah peradangan serta efek stres oksidatif. Makanan bervitamin C mengandung antioksidan penting untuk meningkatkan produksi kolagen, mempercepat penyembuhan kulit, dan mengurangi munculnya bekas jerawat.

Contoh makanan yang kaya vitamin C misalnya paprika, stroberi, kiwi, dan buah jeruk.Selain itu juga kamu bisa mengonsumsi makanan lainnya yang mengandung antioksidan seperti buah beri, sayuran berdaun hijau, dan teh hijau setiap hari.

3. Vitamin E

Mengonsumsi makanan yang kaya Vitamin E dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan sel yang disebabkan oleh stres oksidatif dan efek penuaan dini. Jadi pastikan dalam menu keseharian kamu, harus mencakup makanan seperti biji labu, biji bunga matahari, hazelnut, alpukat, dan almond yang kaya akan vitamin E untuk mendapatkan kulit bebas jerawat.

makanan mengandung vitamin E

4. Selenium

Selenium adalah antioksidan kuat yang jika dipadukan dengan vitamin E dan C dapat membuat kulit tampak bersih. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi makanan kaya selenium setiap hari akan membantu melindungi kulit dari bintik-bintik penuaan, kanker, dan kerusakan akibat sinar matahari. Jadi, mulai sekarang kamu nggak perlu ragu untuk meningkatkan kadar selenium dengan mengonsumsi brokoli, tomat, bibit gandum, telur, kerang, dan ikan.

5. Seng

Seng adalah mineral penting yang membantu menjaga kekenyalan kulit kamu dengan menjaga fungsi kelenjar minyak untuk mencegah timbulnya jerawat. Selain itu, Seng juga membantu memperbaiki kerusakan kulit dan mempercepat proses penyembuhan. Beberapa contoh makanan yang kaya akan Seng contonya kerang, biji-bijian, kacang-kacangan, unggas, daging merah tanpa lemak, dan juga ikan.

6. Probiotik

Memiliki usus yang sehat sangat penting jika kamu ingin kulit bebas jerawat. Pasalnya ketidakseimbangan pada usus dapat menyebabkan munculnya jerawat dan peradangan. Probiotik, yang biasa disebut bakteri baik dapat mengembalikan keseimbangan mikrobiota usus dan meningkatkan proses pencernaan. Oleh karena itu, jangan lupa memasukkan makanan fermentasi kaya probiotik seperti kimchi, asinan kubis, kefir, dan yogurt untuk membantu mendapatkan kulit bercahaya dan usus yang sehat.

7. Phytoestrogens/Fitoestrogen

Ini adalah senyawa nabati yang memiliki struktur yang meniru hormon estrogen untuk menjaga kadar hormon dalam tubuh. Memasukkan makanan yang kaya hormon tumbuhan ini akan membantu mengurangi kerusakan kulit dan mendukung struktur alaminya. Beberapa contoh makanan kaya fitoestrogen yang bisa kamu konsumsi misalnya flax seeds, sayuran, buah-buahan, whole grains, tempe, dan tahu.

Makanan yang Harus Dihindari untuk Mencegah Jerawat

1. Makanan Glikemik Tinggi

Makanan tinggi glisemik akan langsung meningkatkan kadar gula darah. Ini akan membuat tubuh kamu meningkatkan kadar hormon insulin, yang mengirimkan sinyal ke tubuh agar menaikkan kadar gula darah. Nah, kadar gula darah yang tinggi inilah yang akan menyebabkan peningkatan peradangan dan menimbulkan jerawat. Sehingga peningkatan laju pelepasan insulin dan kadar gula darah mengakibatkan produksi minyak berlebih yang menyebabkan timbulnya jerawat. Jadi, hindarilah makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi. Apa saja itu? Contohnya yaitu kentang goreng, milkshake, roti tawar, kue kering, cornflake, dan lainnya.

2. Produk Susu

Apakah kamu tahu kalua ternyata mengonsumsi produk yang terbuat dari susu sapi bisa menyebabkan munculnya jerawat lho. Bahkan termasuk susu rendah lemak dan susu skim juga akan menyebabkan jerawat. Ini terjadi karena protein dalam susu, yang bertanggung jawab untuk merangsang kadar hormon pertumbuhan ketika dikonsumsi, melepaskan hormon IGF-1, yang menyebabkan timbulnya jerawat. Selain itu, orang dengan intoleransi laktosa juga akan menghadapi timbulnya jerawat akibat reaksi alergi saat mengonsumsi produk susu. Jadi, sebagai gantinya kamu bisa memilih susu vegan seperti susu almond atau kedelai.

produk-dari-susu

3. Makanan cepat saji

Kabar buruk buat kamu yang suka makanan epat saji. Pasalnya, meskipn akanan cepat saji itu enak, namun ternyata makanan tersebut mengandung bahan-bahan dengan indeks glikemik tinggi, gula, dan lemak. Tentunya, semuanya itu seperti yang kamu tahu adalah faktor penyebab jerawat. Jadi mulai sekarang sebaiknya hindarilah makanan cepat saji seperti ayam goreng, hamburger, pizza, dan kentang goreng yang mengandung karbohidrat olahan dan nilai gizi yang lebih rendah. Kecuali kalau kamu nggak bermasalah meskipun makanan cepat saji tersebut menyebabkan peradangan, produksi minyak berlebih, dan timbulnya jerawat parah.

4. Coklat

Sebenarnya belum ada bukti yang cukup bahwa coklat dapat menyebabkan jerawat. Namun yang perlu kamu tahu, coklat batangan yang terbuat dari bahan susu dan gula sehingga bisa menyebabkan jerawat. Ini berbeda halnya dengan coklat hitam yang mengandung biji kakao dan tanpa gula. Kamu masih boleh mengonsumsinya karena cokelat hitam mengandung vitamin seperti E, C, dan seng, yang bermanfaat bagi kulit. Jadi, sebelum kamu membeli coklat, perhatikan terlebih dahulu bahan pembuatnya ya!

5. Alkohol & Kafein

Jika kamu pencinta kopi, maka mulai sekarang sebaiknya batasi konsumsi kopi kamu. Ini lantaran zat kafein dalam kopi dapat meningkatkan kadar kortisol dan menyebabkan munculnya jerawat dengan meningkatkan produksi sebum. Menurut sebuah penelitian, kopi dapat menurunkan sensitivitas insulin tubuh, yang akan meningkatkan peradangan dan menyebabkan timbulnya jerawat.

Tak hanya kopi saja, mengonsumsi alkohol juga dapat meningkatkan hormon sehingga menyebabkan produksi sebum dalam jumlah tinggi dan menimbulkan jerawat. Selain itu juga dapat meningkatkan ketidakseimbangan hormon estrogen, yang dapat meningkatkan frekuensi timbulnya jerawat. Dalam sebuah penelitian, mengungkapkan bahwa orang yang pola makannya mencakup produk susu, alkohol, dan kopi dalam jumlah rendah jarang memiliki jerawat.

6. Minuman Energi

Hindari juga minuman energi biar jerawat nggak berkembang biak. Pasalnya minuman energi mengandung jumlah gula yang tinggi untuk meningkatkan kadar glukosa darah yang dapat membuat kamu lebih rentan terkena jerawat. Jadi, mulai sekarang hindarilah minuman berenergi dan minuman bersoda dengan gula berlebih ya!

Hidrasi dan Perannya dalam Kesehatan Kulit

Ingin memiliki kulit yang sehat, bercahaya, dan bebas jerawat, maka sangatlah penting untuk tetap terhidrasi. Jadikanlah ini sebagai kebiasaan penting yang harus kamu miliki. Daripada kamu menggunakan pelembab yang mahal, lebih baik kamu menjaga kulit tetap terhidrasi dengan minum cukup air.Tentunya hal ni lebih mudah kamu lakukan dan lebih hemat pula.

Menjaga kulit terhidrasi adalah kunci kesehatan kulit. Jika kamu memiliki kulit yang terhidrasi dengan baik, maka akan dapat mencegah peradangan, jerawat, munculnya jerawat, dan penyumbatan dengan mengatur produksi sebum dan membuang racun.Idealnya, minumlah setidaknya 3 liter air setiap hari untuk mendapatkan manfaat maksimal bagi kulit dan meningkatkan Kesehatan secara keseluruhan.

hidrasi untuk kesehatan kulit

Selain itu, gunakanlah produk yang menghidrasi sebagai bagian dari rutinitas skincare kamu. Krim, serum, atau losion yang larut dalam air akan membantu kulit untuk menyerap bahan-bahan tersebut dengan lebih baik dan bernapas dengan baik. Pilih produk dengan bahan pengikat air seperti gliserin dan asam hialuronat untuk memperbarui sel dan menghidrasinya guna mencegah tanda-tanda penuaan dan jerawat. Ketika kamu dapat mengintegrasikan perawatan dari dalam dan dari luar tubuh, maka hidrasi yang cukup dapat membuat kulit kamu menjadi sehat dan cerah.

Nah, itu tadi adalah apa saja yang perlu kamu konsumsi dan hindari untuk mencegah jerawat dan menjadikan kulit lebih sehat. Bagi kamu yang sedang mengalami kesulitan akibat jerawat, ingatlah bahwa makanan itu bukanlah musuh. Agar kulit bebas jerawat, kamu hanya perlu fokus terhadap apa yang masuk ke dalam tubuh kamu. Namun jika kamu menghadapi jerawat parah meski sudah menerapkan pola makan dan gaya hidup sehat, mungkin sudah saatnya kamu untuk berkonsultasi ke dokter kulit. Kalau kamu sendiri apakah punya pantangan atau makanan khusus untuk mengatasi jerawat? Yuk, berbagi di kolom komentar!

Allaely Hardhiani

Saya hanyalah seorang ibu rumah tangga biasa. Istri seorang ilustrator sekaligus ibu dari 3 orang anak luar biasa. Penyuka kopi yang suka membaca, kulineran, dan jalan-jalan. Blog ini merupakan catatan saya tentang berbagai hal. Semoga bisa bermanfaat dan selamat membaca!

Tinggalkan komentar