Tak Terdefinisi

Bingung Memilih Id Card Printer? Berikut 5 Pertimbangan yang Harus Kamu Pikirkan!

Kemajuan teknologi tentu sudah nggak perlu diragukan lagi. Canggihnya sebuah teknologi membantu pekerjaan manusia menjadi lebih mudah. Salah satunya adalah pembuatan id card. Ya, kini kamu nggak perlu lagi repot untuk membuat kartu dan menghiasnya secara manual. Sekarang serba praktis, lho.

Selain mencetak kartu, id card printer juga bisa mencetak gambar, teks, foto, dan lainnya. Betapa canggih, bukan? Semakin canggih, semakin banyak pula jenis printer tersebut bertebaran sehingga membuat kamu bingung untuk memilihnya. Untuk itu, kamu harus memerhatikan beberapa hal di bawah ini sebelum memutuskan untuk memilih printer tersebut. Biar kamu nggak bingung, yuk simak ulasannya di bawah ini!

  1. Dari segi hasil

Kamu pernah nggak memperhatikan tombol yang ada pada printer? Pasti kamu pernah menemukan tombol cetak warna atau full color. Nggak hanya itu, selain full color ada juga tombol yang untuk satu warna atau disebut dengan monocrhome.

Jika kamu ingin mencetak penuh warna, maka kamu harus membeli yang memiliki tombol full color. Jika ingin satu warna saja, ada baiknya untuk membeli yang monocrhome agar nggak boros tinta karena jarang digunakan. Jika kedua-duanya perlu, maka carilah printer yang memiliki kedua tombol tersebut. Cetak warna memiliki beberapa pita seperti YMCKK, YMCKH, YMCKOK, YMCKO, dan lainnya. Sedangkan untuk pita satu warna, kamu bebas memilih seperti warna kuning, hitam, merah, perak, dan sebagainya.

  1. Memilih satu atau dua sisi

Jenis cetak id card printer yang populer adalah satu sisi di mana dari logo, foto, barcode, dan nama bisa ditempatkan semuanya pada satu sisi. Jika kamu ingin yang praktis seperti itu, maka sebaiknya pilihlah jenis printer yang satu sisi. Namun, kalau kamu lebih menyukai yang dua sisi atau ganda, yang mana mencetak sisi satu terlebih dahulu baru sisi lainnya, maka kamu bisa membeli printer berjenis ganda atau dua sisi. Tapi tentu saja harganya lebih mahal dibandingkan dengan printer yang hanya satu sisi.

  1. Jumlah kartu yang dicetak

Kamu bisa mempertimbangkan hal lainnya seperti jumlah kartu yang dicetak dalam setahun. Biasanya, secara umum, printer id card tersebut bisa mencetak kurang dari 30.000 kartu. Jika pertimbangan kamu jumlah kartu ternyata melebihi batas maka kamu bisa memilih jenis printer dengan perancangan volume yang lebih tinggi.

  1. Kualitas kartu

Ketika menggunakan id card, kamu harus bisa memastikan kualitas kartu yang dihasilkan. Ketika seseorang yang mengenakan id card lalu bekerja di luar ruangan atau mengalami pergesekkan kartu menjadi cepat rusak. Secara umum, penggunaan kartu tersebut dapat bertahan 1-2 tahun lamanya. Jika kamu ingin kualitas yang lebih tinggi maka penggunaan juga harus tinggi.

Salah satu cara untuk menambah kualitas adalah dengan menggunakan jenis printer yang memiliki ribon di mana terdapat lapisan laminasi atau lapisan overlay yang dapat mempertahankan kartu selama satu tahun. Menggunakan laminasi juga membuat kartu semakin tahan hingga 4-5 tahun.

  1. Kartu dengan keamanan tingkat tinggi

Pernahkah kamu mendengar tentang pemalsuan kartu id? Ternyata, kartu id juga bisa dipalsukan, lho. Untuk mencegah hal tersebut, kamu bisa menggunakan Hologram atau Fluorescense yang dapat membuat kartu dengan keamanan yang tinggi. Harus ada modul yang bisa dibenamkan dalam id card printer jika ingin menggunakannya.

Nah, itu dari beberapa pertimbangan sebelum kamu membeli id card printer. Dari 5 pertimbangan di atas, sudahkah kamu memilih id card printer jenis apa? Kalau masih bingung, kamu bisa mengunjungi ist.co.id dan temukan pilihannya. Yuk, tunggu apalagi?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s