Kesehatan

Insto Dry Eyes, Solusi Efektif Mengatasi Mata Kering

IMG_20190726_140659-01.jpeg

Pernahkah kamu merasa mata lelah, perih dan panas pada satu waktu? Jika iya, maka besar kemungkinan kamu mengalami mata kering atau Dry Eye Syndrome. Apa itu? Dry Eye merupakan kelainan pada permukaan mata yang bersifat multifaktorial yang biasanya ditandai dengan hilangnya keseimbangan komponen air mata dimana produksi air mata menjadi tak stabil, terjadi kekentalan atau osmolaritas.

Saya sendiri juga pernah mengalaminya, bahkan bisa dibilang cukup sering. Penyebabnya tak lain karena intensitas saya menggunakan komputer dan gawai yang cukup sering dalam waktu yang lama. Ya, mau bagaimana lagi, pekerjaan mengharuskan saya untuk menggunakan perangkat digital dalam kurun waktu nggak sebentar. Apalagi kalau sedang ada deadline hingga lembur. Saya bisa menggunakan komputer hingga berjam-jam sampai lupa waktu.

Setelah kerjaan kelar, baru terasa kalau mata terasa lelah. Rasanya nggak enak dan nggak nyaman karena selain mata lelah atau pegel, juga bikin mata sepet dan perih. Alhasil,  saat melakukan aktivitas lainnya saya pun jadi nggak merasa terganggu dan nggak nyaman. 

Awalnya sih, saya cuek bebek saja gitu. saya abaikan saya gejala yang saya alami karena menurut saya hanya gangguan mata ringan. Sampai akhirnya, saya pun bertaubat setelah saya tahu jika mata kering dibiarkan saja bisa berbahaya. Yes, asal kamu tahu saja nih,  jika dibiarkan mata kering berpotensi membahayakan kornea bahkan jika sudah kronis akan menimbulkan infeksi, peradangan dan kerusakan permanen, lho. Wih, ternyata bisa berakibat fatal juga euy. Nggak lagi-lagi deh cuek ama kondisi mata kering. Nggak mau bukan, kehilangan penglihatan cuma gara-gara berawal dari mata kering? Big No!

Sebenarnya, mata kering adalah gejala sangat umum yang mempengaruhi sebanyak 337 juta orang di seluruh dunia. Hampir setiap orang mungkin pernah menderita mata kering di dalam hidup mereka, meski hanya sekali. Namun, ada beberapa kasus di mana mata kering adalah gejala dari masalah penglihatan yang lebih serius. Karena itulah, kita nggak boleh abai dengan gejala mata kering. Terutama untuk profesi tertentu yang membuat gejala mata kering sulit untuk dihindari. Misalnya profesi yang membutuhkan waktu lama menatap layar komputer atau ponsel.

Gejala dan Penyebab Mata Kering atau Dry Eyes

Lalu, apa saja gejala mata kering atau dry eyes? Gejala mata kering antara lain yaitu :

  • Mata lelah atau pegel. Pada kondisi ini,mata terasa sakit, lemas atau berat akibat dipakai terus-menerus dan mata kamu terasa seolah-olah ingin tetap tertutup untuk jangka waktu yang lama.
  • Mata perih. Kamu akan merasakan sensasi nggak nyaman seperti sensasi terbakar atau nyeri menusuk atau seperti ada benda asing di mata meskipun nggak ada apa pun di sana.
  • Mata sepet. Rasanya mata nggak nyaman atau nggak enak dan mata seperti melekat.

red eyes

Selain tiga gelaja tersebut, biasanya akan diiringi juga dengan mata yang menjadi merah dan meradang. Kamu juga merasa sulit memfokuskan penglihatan dan sensitif terhadap cahaya. Nggak jarang juga mata kamu akan berair karena pembuluh memproduksi air mata berlebihan, meski demikian tetapi nggak cukup lama untuk memperbaiki rasa kering.

Adapun untuk penyebabnya ada banyak hal, namun beberapa kemungkinan di antaranya yaitu:

1. Perubahan hormon

Ini karena adanya perubahan kadar hormon estrogen dan androgen yang merangsang produksi air mata. Perubahan hormon yang umum dialami oleh wanita bisa meningkatkan risiko mereka terhadap mata kering. Contohnya: selama kehamilan, menopause, atau menggunakan pil KB.

2. Proses penuaan

Seiring bertambahnya usia, produksi air mata akan menurun karena kelenjar-kelenjar yang memproduksi air mata nggak bekerja dengan baik seperti ketika muda. Di sisi lain, kelopak mata juga mulai melorot sehingga mata menjadi kurang sensitif untuk meratakan air mata di seluruh permukaan mata yang berpengaruh terhadap kelembapan mata. Hal yang wajar sehingga banyak lansia yang mengalami mata kering.

3. Kondisi medis

Selain itu, beberapa penyakit juga bisa berdampak pada kemampuan kelenjar mata untuk memproduksi air mata. Misalnya diabetes, arthritis rematoid, lupus, scleroderma, sindrom Sjogren, gangguan tiroid, defisiensi vitamin A, Bell’s palsy, alergi, dermatitis kontak, HIV.

4. Efek samping obat-obatan

Efek samping konsumsi obat-obatan tertentu juga bisa mengakibatkan mata kering. Seperti antihistamin, dekongestan, terapi pengganti hormon, antidepresan, obat-obatan hipertensi, obat jerawat minum, kontrasepsi oral, obat-obatan Parkinson, beta blocker, dan diuretik.

obat

5. Lingkungan 

Faktor lingkungan biasanya menjadi faktor yang bisa memperparah kondisi mata kering. Misalnya jika suhu lingkungan yang terlalu panas dapat memicu menguapnya simpanan air mata kamu. Sedangkan suhu yang sangat dingin juga bisa membuat mata semakin mengering karena adan menebalkan apisan meibom, yaitu lapisan mata yang bertugas untuk mengurangi penguapan air mata, atau dalam kata lain lapisan ini akan menjaga mata tetap terlumasi. Jika lapisan meibom tidak berfungsi optimal, maka air mata yang harusnya melindungi mata akan kesulitan untuk menyebar merata ke seluruh bagian mata. Faktor lingkungan lainnya yaitu terpapat debu, asap, angin, matahari tiupan angin panas, atau berada di tempat tinggi.

6. Merokok.

Ini lantaran asap rokok akan mengiritasi mata sehingga merusak lapisan minyak pelindung mata. Lambat laun, ada efek jangka panjang bagi mata yang disebabkan oleh rokok. Misalnya berisiko terserang penyakit katarak, degenerasi makula, hingga kebutaan. Bahkan walaupun kamu bukan perokok, tapi jika berada di sekitar perokok aktif maka dapat membuat mata kering dan terasa gatal dan perih. So,merokok nggak hanya sebatas merusak paru-paru saja, tapi juga banyak organ tubuh lainnya.

7. Aktivitas

Jika kamu sering membaca, bermain handphone dan gadget dalam jangka waktu yang lama, berlama-lama menatap layar TV dan Laptop, menyetir kendaraan dalam jangka waktu yang lama,atau aktivitas yang membutuhkan konsentrasi visual lainnya,mata akan cenderung jarang berkedip.  Artinya, lapisan air mata akan lebih cepat menguap daripada proses isi ulangnya. Hal ini juga bisa menyebabkan mata kering. Selain itu, pancaran cahaya dari layar komputer atau gawai juga lama-lama bisa memengaruhi kemampuan penglihatan kamu, sehingga menyebabkan mata kering dan mata lelah, perih dan pegel.

katak main hp

Nah, itu tadi beberapa penyebab dari mata kering. Kalau bagi saya sendiri, yang menjadi penyebab utama mengalami mata kering karena sering menatap layar komputer atau gawai terlalu lama. Soalnya kalau sudah asyik kerja di depan komputer memang bikin terlalu fokus hingga lupa berkedip deh. Apalagi bagi suami saya yang setiap hari kerjanya di depan komputer. Sering banget tuh lihat matanya sampai merah dan dia mengeluh mengalami mata sepet, pegel dan perih. Apalagi kalau pas habis nglembur kerjaan. Efeknya, setelah selesai bekerja pun jadi bikin saat beraktifitas lainnya kurang nyaman. Pekerjaan rumah lainnya juga jadi terganggu deh.

Insto Dry Eyes, Solusi Mengatasi Mata Kering

Lalu bagaimana solusi mata kering? Well, yang jelas nggak cukup hanya mengucek mata saja. Sebenarnya cara terbaik untuk mengatasinya ya tentu saja dengan menghindari faktor penyebab mata kering. Jika penyebab mata kering terkait faktor medis, langkah penanganan yang perlu didahulukan adalah mengatasi penyebab tersebut. Contohnya, jika penyebabnya adalah efek samping dari konsumsi obat, maka dokter dapat menganjurkan penderita untuk mengganti obat yang tidak menimbulkan efek samping mata kering.

Namun bagaimana jika faktor penyebabnya nggak bisa dihindari? Kamu bisa mengatasi mata kering yang tergolong ringan atau hanya sesekali terjadi dengan menggunakan obat pelumas mata atau dikenal dengan air mata buatan. Penggunaan air mata buatan berfungsi untuk melembabkan mata dan sebagai pengganti air mata.

IMG_20190726_134959-02.jpeg

Nah, salah satu air mata buatan yang bisa kamu gunakan yaitu Insto Dry Eyes. Kenapa Insto Dry Eyes? Karena Insto Dry Eyes mengandung bahan aktif yang dapat mengatasi kekeringan pada mata dan dapat digunakan sebagai pelumas pada mata. Mengandung air mata buatan atau artificial tears, yang menyerupai kandungan pada air mata manusia sehingga nggak menyebabkan iritasi pada mata. Larutan isotonik hydroxymeythyl cellulose 3 mg dapat mengembalikan kesegaran mata hanya dengan 1-2 tetes pada mata yang kering. 

IMG_20190726_140753.jpg

Nggak sekadar sebagai air mata buatan saja, Insto Dry Eyes juga memiliki bahan aktif yang dapat membunuh bakteri. Jadi bisa bikin mata kamu jadi makan sehat deh karena mencegah bakteri yang bisa bikin mata sakit. 

Tersedia dalam ukuran, 7.5 ml, kemasan Insto Dry Eyes nggak memakan tempat sehingga kamu bisa membawa Insto Dry Eyes kemanapun kamu pergi. Jadi, ketika kamu mengalami mata kering, kamu bisa dengan segera mengatasinya supaya nggak makin parah. Kalau saya, supaya nggak kelupaan biasanya selalu sedia Insto Dry Eyes di dalam tas untuk bepergian.

 Insto Dry Eyes

Selain sudah dikenal oleh masyarakat umum, keunggulan Insto Dry Eyes lainnya yang paling saya suka adalah harganya yang ekonomis.  Dibanding produk sejenis dengan kapasitas setara, produk ini lebih menguntungkan karena bisa lebih menghemat pengeluaran. Cocok banget buat emak-emak macam saya yang ingin mengatasi gejala mata kering tanpa harus mengeluarkan banyak biaya hehehe….

Eits, meski untuk mengatasi mata kering bisa di atasi dengan Insto Dry Eyes, tapi tetap saja sebisa mungkin kamu mencegah terjadinya mata kering. Karena jika terlalu sering menggunakan tetes mata setiap hari juga nggak bagus untuk kesehatan mata.

Oh ya, ada juga beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari mata sepet, pegel dan perih, terutama bagi kamu yang sering bekerja menggunakan komputer atau gawai. Apa saja itu? misalnya saja:

  • Mengenakan kacamata komputer atau lensa khusus yang membantu mencegah mata kering dari menatap layar komputer terlalu lama. Lensa khusus ini akan menyaring sinar biru dari layar dan mengurangi ketidaknyamanan. Beberapa waktu lalu, saya beli kacamata khusus untuk komputer di online shop. Meski hargaya lumayan mahal tapi nggak apa-apa deh, daripada mata jadi rusak malah lebih mahal lagi untuk pengobatannya, itupun kalau bisa diobati.
  • Batasi waktu di depan layar komputer atau gawai.  Usahakan untuk berkedip lebih sering dan mengistirahatkan mata. Coba aturan 20-20-20: setiap 20 menit, lihat sesuatu berjarak 20 kaki selama setidaknya 20 detik.
  • Atur pengaturan layar. Perbesar ukuran tulisan untuk mempermudah membaca. Atur kontras dan keterangan hingga level yang nyaman menurut kamu.
  • Latihan mata sederhana dapat membantu mencegah mata kering. Bergantian memejamkan mata dengan perlahan kemudian pejamkan secara kuat. Lakukan sekitar 20 kali sehari untuk perbanyak kedipan, yang secara otomatis akan menghasilkan air mata di mata.

Selain itu, minum banyak air akan membantu menjaga selaput lendir mata kamu tetap lembap. Hindari juga menggosok mata terlalu keras karena dapat memperparah keadaan. Tentunya, jangan lupa sediakan Insto Dry Eyes di dekatmu ya!

IMG_20190726_140318-01.jpeg

Nah, kini berkat Insto Dry Eyes saya pun nggak perlu cemas kalau tiba-tiba mengalami mata kering. Berkat Insto Dry Eyes, jadi bikin kerja jadi lancar karena nggak ada lagi tuh cerita mata kering yang bikin nggak nyaman. Dengan Insto Dry Eyes, bye-bye mata kering. Kalau kamu punya pengalaman apa nih soal mata kering?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s