Celoteh

4 Hobi Ini Bikin Stres Saya Hilang

Siapa sih diantara kalian yang punya hobi? Saya yakin, pasti kalian semuanya punya hobi. Entah itu cuma satu hobi atau banyak hobi. Entah itu hobi yang baru-baru ini dilakukan atau sudah kalian lakukan sejak lama. Nah, ngomongin soal hobi, saya punya beberapa hobi. Bedanya kalau zaman dulu pas masih lajang, hobi yang saya lakukan  tujuannya lebih berfungsi untuk mengisi waktu. Kalau sekarang, mungkin sudah agak sedikit beralih tujuan terutama untuk menghilangkan stres. Yes, emak-emak macam saya ini juga punya stres. Meskipun kerjaannya cuma di rumah saja, berkutat dengan urusan domestik. Jadi jangan dikira, cuma kalian-kalian saja para wanita karier atau pekerja kantoran yang punya stres. So, dengan punya hobi inilah saya merasa bisa menjaga kewarasan saya. Well, meskipun mungkin hobi saya ini juga bukan hobi yang wah atau gimana gitu. Penasaran nggak nih sama hobi saya? Kali saja ada yang penasaran, misalnya mungkin blogger kece kayak mba Ika atau mba Arina pengin kepo, silahkan lanjut bacanya ya hehehe….

Nah, berikut ini adalah beberapa hobi yang saya miliki, dan setidaknya berhasil menjaga kewarasan saya sebagai emak-emak hingga saat ini. Langsung aja cek list di bawah ini ya :

  1. Hobi baca. Sudah sedari kecil saya suka baca. Pas zaman kecil, saya suka baca buku-buku milik alm. Bapak. Yah, meskipun harus mengacak-acak lemari terlebih dahulu sampai nemu topik yang menarik. Dan hari yang paling ditunggu-tunggu pas masih SD adalah hari Kamis. Kenapa? karena hari itu adalah hari dimana majalah Bobo terbit. Tiap kali hari Kamis tiba, saya bakalan menanti-nanti kepulangan Bapak dan berharap menemukan majalah Bobo ada di dalam tas beliau. Sampai sekarang pun sebenarnya saya masih suka sama majalah Bobo, tapi nggak langganan kayak dulu. Bacanya ya kalau pas nemu majalahnya saja. Bacaannya sekarang sudah beda gitu loh, lebih bervariasi hehehe…. Untuk hobi baca ini, saya paling suka baca novel sama komik. Kenapa novel dan komik? Mungkin karena novel dan komik lebih bisa membuat pembacanya berimajinasi. Buat saya membaca novel dan komik menjadi hiburan tersendiri. Apalagi kalau bacanya komik humor yang bikin ngakak, dijamin deh itu stres bakal pergi atau setidaknya berkurang. Saya kalau terlalu asyik baca novel bahkan bisa sampai bela-belain begadang nggak tidur. Sayangnya, semenjak punya anak, hobi yang satu ini nggak bisa saya lakukan sesering dulu.
  2. Hobi tidur. Yes, saya itu sedari dulu sebenarnya doyan tidur. Bahkan bisa dibilang saya ini bau bantal. Jadi tiap kali nemu tempat dan posisi yang cocok buat tidur, langsung deh tanpa babibu saya bisa tertidur dengan pulasnya. Selain itu saya juga susaaaahhh pakai banget buat bangun tidur. Bahkan dulu pernah loh, saya sampai pasang alarm pakai jam weker jadul, yang bunyinya “kring…kring..kring..” yang membahana. Tapi hasilnya nihil, padahal itu dipasang tepat di samping saya. Wow sekali bukan? hehehe…  Bagi saya, tidur menjadi salah satu alternatif penghilang stres yang mujarab. Kalau saya lagi kacau, sedih atau pikiran dan emosi mulai nggak stabil, saya memilih untuk tidur. Biasanya pas bangun tidur saya akan merasa lebih baikan, hati dan pikiran jadi lebih nyaman. Saya juga lebih memilih untuk tidur kalau lagi bosan dan malas untuk mengerjakan sesuatu. Eh, tapi meskipun kalau tidur susah dibangunin, entah kenapa saat saya punya bayi alarm tubuh saya jadi 180 derajat on terus. Jadi pas punya bayi, saat tidur disamping si bayi dan bayinya bersuara dikit saja, saya langsung kebangun. Padahal itu dalam kondisi saya kecapekan dan kurang tidur. Kalau dalam kondisi normal nggak ada bayi, boro-boro deh kebangun dengar suara dikit. Lha wong mungkin kalau gempa bumi saja saya bakal tetap tidur pulas. Mungkin itulah yang namanya insting seorang ibu kali ya. Sampai sekarang, saya masih suka sih tidur, tapi sudah nggak sebebas dulu lagi. Bisanya tidur ya kalau si kecil juga tidur.
  3. Hobi nonton. Well, kalau untuk hobi yang satu ini saya sukanya nonton film, K-Show dan K-drama. Tapi sekarang ini sih saya lebih suka nonton K-Show atau film.  Untuk K-drama sudah terbilang jarang. Di antara K-show yang ada, paling favorit adalah Running Man. Hampir bisa dipastikan saya selalu nonton tiap minggunya, disusul oleh 2D1N dan Hello Counsellor. Saya juga suka nonton Show Me The Money, Infinity Challenge, Law Of the Jungle hingga Happy Together. Kenapa saya suka nonton K-show? Ya, karena menurut saya acaranya lucu dan seru. Paling sering nonton Running Man, karena itu yang paling bikin saya tertawa. Efek tertawa itu kan sama dengan meditasi. Tertawa satu menit saja sudah memberi relaksasi tubuh sebanyak 40 menit. Saat kita tertawa sistem syaraf dalam otak kita melepaskan zat kimia yang mempengaruhi emosi. Yang membuat perilaku dan cara kita merasa menjadi lebih baik. Makanya dengan tertawa stres saya pun berkurang. Kalau untuk K-drama saya sekarang jarang nonton, kecuali kalau memang drama tersebut memang  bagus dan worth it untuk di tonton. Bukannya apa-apa, kalau saya nontonin K-drama, saya suka penasaran ama episode selanjutnya dan pada akhirnya bikin saya begadang. Nah, kalau saya begadang padahal besoknya masih harus ngurus Kenzie, kan bisa repot euy. Tapi saya masih suka nonton film. Kalau film kan sekali nonton selesai. Genrenya sih bebas, mulai dari komedi, fantasy, horor hingga thriller. Mulai dari film Indonesia, Korea, China, U.S hingga Spanyol nggak masalah. Asalkan ceritanya bagus, saya sih oke-oke saja buat tonton. Dengan nonton film meski cuma lewat laptop, selain mengurangi stres dan merefresh otak, saya jadi nggak kudet-kudet amat lah sama dunia perfilm-an. Secara gitu, saya belum memungkinkan untuk nonton di bioskop, selain itu juga mahal sih. Sekali nonton sama dengan biaya popoknya Kenzie seminggu hiks…hiks…
  4. Hobi ngeblog. Hmm…Kalau yang satu ini sebenarnya agak diragukan sih tingkat keakuratannya. Ya, habisnya mau gimana lagi, dibilang hobi tapi nyatanya update postingan blog saja nggak rajin. Blog sampai lumutan berbulan-bulan juga pernah. Tapi kalau dibilang bukan hobi, saya sendiri sebenarnya ya suka sih kalau buat nulis di blog. Mungkin kalau boleh dibilang, hobi saya yang satu ini semangatnya kalah sama yang hal lainnya. Diantara keterbatasan waktu yang saya miliki *tsaaahh*, ngeblog juga menjadi salah satu hobi yang menjaga kewarasan dan kesehatan mental saya. Terlepas dari gaya tulisan saya yang ya…..mungkin bisa dibilang nggak jelas dan mengalami penurunan kualitas (dibandingkan saat masih jadi reporter), ngeblog menjadi salah satu media pelepasan emosi. Jujur saja, saya merasa kualitas tulisan saya menurun. Gaya menulis saat menjadi reporter sudah menghilang entah kemana. Mungkin dikarenakan saya vakum sekian lama dari dunia media. Inginnya sih bisa membuat tulisan dengan gaya penulisan bak reporter media yang kece badai. Apalah daya, yang bisa saya lakukan hanya ngeblog dengan tulisan yang seadanya, murni keluar dari dalam hati. Namun, mungkin justru karena itulah saya merasa jadi lebih bebas. Dengan ngeblog, saya bisa mengeluarkan segala unek-unek yang ada. Menulis dari hati dan bebas berekspresi. Membuat stres saya pun ikut pergi.

So, itu tadi adalah beberapa hobi yang saya miliki. Berkat hobi saya tersebut, saya hingga kini masih berhasil bertahan menghadapi beratnya beban hidup *halah*. Bukan tidak mungkin hobi saya tersebut akan berubah di masa mendatang, tapi setidaknya untuk sekarang ini ya itulah hobi yang saya nikmati. Namanya juga hobi, sesuatu yang menyenangkan yang kita lakukan. Kalau sudah nggak senang, namanya bukan hobi lagi. Karena hobi itu bukan pemaksaan. Tujuan dari hobi kan membuat senang, biar stres juga menghilang, bukan malah sebaliknya. Jadi apapun hobi kalian, selama tidak merugikan orang lain, nikmatilah hobi tersebut selama masih bisa. Eh tapi, by the way ada yang punya hobi sama seperti saya nggak nih?

Advertisements

7 thoughts on “4 Hobi Ini Bikin Stres Saya Hilang

  1. Kalo 1, 3 & 4 kita sama, tapi klo yg ke 2..waduh enggak..he..he., klo qta dirumah klo ada yg tidur klmaan siap2 aja, klo bukan disiram air yaa ditendang ama bpak.. itu dulu swaktu msih kecil ampe SMA, ..👍😁

    Like

  2. Hobi tidurnya aku banget mba. Cuman alasannya sama. Buat nenangin diri. Kalau emosi ga stabil sy milih tidur drpd ngrecokin orang. And it works kek mba alley. Soalnya dl aku insomnia. Skrg suggesti diri sendiri biar gampang tidur disaat banyak pikiran bukan malah sebaliknya..😊

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s