Celoteh

Buku Favorit Yang Menginspirasi Hidup

Kalau di tanya tentang hobi, saya dengan mantap akan menjawab hobi saya membaca. Meskipun sudah beberapa tahun terakhir ini saya sudah jarang banget baca buku hehehe…Ya, harap maklum saja, saya terlalu sibuk ngurus rumah tangga terutama momong anak *alasan* . Sejak kecil saya suka baca, masih ingat banget dulu zaman kecil saya selalu ngobrak-abrik lemari buku milik alm.Bapak buat nyari buku bagus versi saya. Saya pun bercita-cita nanti kalau punya rumah sendiri, saya pengin punya perpustakaan sendiri. Tapi bukan berarti lantas saya jadi sering beli buku loh, hmm..sebenarnya sih penginnya gitu, tapi apa daya kantong saya pas-pasan dan juga tempat di rumah pun pas-pasan hehehe…. Makanya, saya lebih pinjam buku baik itu diperpustakaan atau pinjam sama teman. Kalau saya di perpustakaan, bisa sampai berjam-jam deh. Lupa waktu saking asyiknya baca buku. Tapi itu dulu, zaman masih single. Kalau sekarang sih…mana sempat deh. Bagi para ibu-ibu rumah tangga apalagi pekerja seperti mba Vita dan mba Anita, pasti ngerti banget deh hehehe..

Nah, dari berbagai macam buku yang pernah saya baca, tentunya saya punya banyak buku favorit. Dan dari banyaknya buku favorit tersebut, ada beberapa buku yang cukup berkesan dan menjadi inspirasi bagi saya. Kira-kira buku apa sajakah itu? Buat yang penasaran, bisa langsung cek daftar bukunya berikut ini :

  1. Totto Chan. Ini merupakan buku karangan dari Tetsuko Kuroyanagi (yang memiliki nama kecil Totto Chan). Buku ini sarat sekali dengan makna pendidikan. Menggunakan sudut pandang seorang anak SD yang sangat polos dalam melihat dunia kanak-kanaknya, orang tuanya, teman-temannya, gurunya, dan lingkungan bermainnya, buku ini menjadi buku yang menarik. Bahasa yang digunakan juga sederhana. Buku ini bercerita tentang metode pengajaran di sekolah Totto Chan yang berbeda dari sekolah lainnya. Sekolah Totto-Chan menerapkan aturan di mana tiap anak dapat memilih sendiri susunan pelajaran mereka pada hari itu. Jika anak-anak memulai sekolah dengan pelajaran yang mereka senangi, tentu aktivitas belajar-mengajar akan lebih hidup dan menyenangkan. Selain itu, diceritakan juga tentang Mr. Sosaku Kobayashi sang kepala sekolah. Bagaimana Mr. Kobayashi menerapkan cara pengajaran yang memancing bakat alamiah dari para siswanya, membiarkan anak-anak ini tumbuh dengan irama alam tanpa tekanan dan tuntutan orang dewasa yang membuat anak-anak merasa tertekan kala belajar. Mr. Kobayashi juga menanamkan nilai-nilai moral, kemandirian, dan kepercayaan diri pada setiap murid-muridnya. Banyak sekali pelajaran berharga yang dapat diambil dari buku ini. Dan semenjak saya baca buku tersebut, dalam hati saya sudah bertekad akan menerapkannya nanti pada anak saya. Buku Totto-Chan ini merupakan salah satu dari buku terbaik yang pernah saya baca. Dan kalau disuruh baca buku ini lagi berulang-ulang, dengan senang hati saya melakukannya. Karena menurut saya, buku ini sangat menginspirasi. Seandainya saja para pendidik di Indonesia semuanya membaca buku ini dan bisa menjadi seperti Mr. Kobayashi, pasti deh pendidikan Indonesia akan lebih cepat maju. Well, karena saya belum punya buku ini, semoga saja ada yang berbaik hati mau ngasih. Dengan senang hati saya terima hehehe….
  2. Laskar Pelangi. Tentu sudah pada tahu dong ya Laskar Pelangi karangannya Andrea Hirata. Masih seputar soal dunia pendidikan juga, sama halnya seperti Totto-Chan. Dari buku Laskar Pelangi, jujur saya makin terinspirasi untuk melanjutkan sekolah ke LN. Membuat saya berpikir, bahwa tak ada yang tak mungkin. Seperti halnya kisal Ikal yang dari pelosok sampai akhirnya bisa menempuh pendidikan di LN. Memang sih bukan perjuangan yang mudah dan tentunya penuh payah, tapi bukan berarti mustahil. Saya sendiri masih memupuk keinginan untuk melanjutkan sekolah lagi. Perjuangan untuk itu pun masih saya lakukan, meskipun mungkin bisa dibilang sangatlah pelan. Kalau suatu saat nanti bisa berhasil ya alhamdulilah, kalaupun gak insyaallah diganti yang lebih baik. Saya sih yakin saja, hasil nggak akan menghianti usaha.
  3. Kun Fakayun 2. Menjelaskan tentang cara-cara Allah subhanahu wa ta’ala menolong hambanya yang dilanda kesulitan. Buku ini merupakan salah satu dari beberapa buku karangan ustadz Yusuf Mansur. Dalam buku ini, berisi berbagai kiat yang dapat dilakukan supaya dimudahkan segala kesulitan yang kita alami dan segala hajat hidup yang ingin kita raih. Selalu berdzikir, mengingat namanya adalah kunci utama dalam meraih pertolongannya, berbagai upaya dapat dilakukan asalkan tetap dalam rangka untuk berdzikir kepada Allah menata hati dan niat untuk benar-benartaqarrub atau mendekat kepadanya. Selain itu, untuk meraih pertolongan Allah kita juga harus memperbaiki ibadah kita baik ibadah fardhu maupun ibadah yang sunnah. Tentunya juga tak lupa disertai dengan sedekah. Sebagaimana yang kita tahu, ustadz Yusuf Mansur menekankan tentang sedekah dalam setiap ceramahnya. Berliau selalu melihat bahwa dengan bersedekah akan memudahkan kita lepas dari kesulitan, terutama yang terkait dengan materi. Diantara beberapa buku beliau yang sudah saya baca, buku Kun Fayakun 2 merupakan buku favorit saya. Buku ini menginspirasi saya untuk selalu memperbaiki diri terutama ketika mendapat kesulitan. Banyak ilmu yang bisa diambil dari buku ini, apalagi contoh yang diberikan berupa kisah nyata. Bahkan saya juga menghadiahkan buku ini untuk dokter Sp.Og saya, karena menurut saya buku ini benar-benar bagus dan menginspirasi. Oh ya, kalau ada yang tanya kenapa bukan Kun Fayakun? Karena saya malah belum baca yang pertama, tapi langsung buku ke-dua hehehe…

So, itu tadi beberapa buku, lebih tepatnya 3 buku yang menurut saya bagus dan cukup menginspirasi. Adakah diantara buku tersebut yang sudah kalian baca? Boleh juga dong share tentang buku favorit yang menginspirasi hidup kalian.

Advertisements

2 thoughts on “Buku Favorit Yang Menginspirasi Hidup

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s