Celoteh

8 Aplikasi Yang Bikin Ngeblog Makin Lancar

Bagi kalian yang suka ngeblog, adakah yang suka ngeblog lewat hp atau smartphone kalian? Hmm…pastinya ada dong ya. Bagi sebagian orang, kemajuan teknologi semakin memudahkan dalam kehidupan termasuk urusan blogging. Kalau zaman dulu, kalau mau ngeblog ya lewat komputer atau laptop. Tapi kini, zaman sudah berubah cuy…Sekarang nggak perlu repot-repot lagi musti buka laptop kalau mau ngeblog. Sekarang cukup dengan smartphone mungil nan canggih pun kita bisa ngeblog. Bahkan bisa melakukannya kapan pun dan di mana pun. Bermunculannya berbagai aplikasi pun semakin mempermudah para blogger untuk ngeblog. Kalau zaman dulu mungkin kalau mau nulis ide biasanya di kertas, sekarang cukup dengan buka smartphone dan mengetiknya di aplikasi pilihannya. Kalau dulu mau edit foto harus buka laptop dan buka photoshop, kini cukup buka aplikasi edit foto yang kian beragam, untuk mengedit dan mempercantik foto yang mau di upload. Menulis dan mempublish artikel pun bisa kita lakukan lewat smartphone.

Nah, kali ini saya ingin membahas beberapa aplikasi yang saya gunakan untuk ngeblog. Aplikasi ini nggak hanya yang digunakan di smartphone aja loh ya, tapi bisa juga yang digunakan di komputer atau laptop. Karena sejujurnya saya termasuk orang yang jarang ngeblog lewat smartphone. Apalah daya, hp saya masih jadul boo… *berharap ada yang ngasih smartphone gratis* . Alasan lainnya, saya lebih suka ngeblog lewat komputer karena terasa lebih “mantap”, daripada ngeblog lewat hp yang layarnya kecil, kecuali jika keadaan memaksa. Tapi mungkin lain halnya sama mba Rahma atau mba Nyi, mereka mungkin beda pendapat sama saya. Langsung saja nih, kira-kira apa sajakah aplikasi yang mendukung dalam dunia perbloggingan versi saya? Kalau penasaran, langsung saja cek daftarnya di bawah ini: Continue reading “8 Aplikasi Yang Bikin Ngeblog Makin Lancar”

Celoteh

My 2017 Goals!

shield-417824_960_720

Sudah di bulan Desember, artinya sudah di penghujung tahun. Sebentar lagi tahun baru horeee….eh, harusnya senang apa sedih sih? Hmm…kalau saya sih sepertinya keduanya deh. Senang sih tahun baru, si Kenzie berarti bentar lagi ulang tahun dan tambah gede. Tapi sedih juga karena belum banyak hal bermanfaat yang bisa saya lakukan hiks..hiks..

Nah, kalau ngomongin pergantian tahun biasanya neh yang jadi trend adalah bikin resolusi. Semua berlomba-lomba bikin resolusi ini dan itu. Macam-macam dan beragam resolusi. Mau resolusinya sedikit atau banyak nggak masalah, karena yang jadi pertanyaan adalah bisakah kita melaksanakannya? hehehe

Kalau saya sendiri, tahun 2015 sempat bikin resolusi. Lalu apakah semuanya terlaksana? Jawabannya adalah jelas tidak hahahaha…Hanya beberapa saja yang berhasil saya wujudkan huhuhu…*miris banget kan?* Karena sadar diri akan kemampuan saya, maka di tahun 2016 saya nggak bikin resolusi. Lagian saat itu pikiran terfokus sama Kenzie, karena kebetulan lahirnya pas Januari.

Tapi karena beberapa alasan, tahun 2017 sepertinya saya harus membuat resolusi neh. Buat apaan? Biar ada target gitu…supaya ada tolak ukurnya. Saya mau mencoba memaksa kembali diri saya supaya lebih disiplin. Bedanya kali ini saya mau buat resolusi yang nggak terlalu muluk-muluk. Berkaca dengan kemampuan diri serta pengalaman sebelumnya saja deh. Sebenarnya resolusi saya ditahun 2017 ini adalah resolusi tahun 2015 yang belum terlaksana yang saya perbarui ulang, nggak masalah kan? hehehe….

Dan berikut ini adalah daftar acak untuk #Resolusiku2017 :

1. Ibadah lebih rajin.  Pas hamil Kenzie ibadahnya lumayan kenceng, tapi habis lahiran jadi kendor lagi. Efek ngurus baby nih *alasan*. Jadi nanti mau memperbaiki lagi ibadahnya biar bisa rajin lagi, dan jujur itu sangat nggak mudah buat saya. Dimulai dari sholat tepat waktu, sholat sunnah rawatib min. 3 kali dalam sehari, nambahin jumlah rakaat sholat dhuha jadi 6 rakaat dan sholat Tahajud minimal sekali seminggu aja deh (syukur bisa lebih), baca Qur’an setiap hari walau 1 ayat, menambah hafalan surah (juzz amma)

2. Read at least 1  book in a month. Sebelumnya saya pernah bikin target 35 buku setahun. Maksudnya biar saya memaksakan diri gitu supaya baca, tapi hasilnya malah jauh dibawah ekspektasi. Jadinya kali ini saya nggak berani bikin target banyak-banyak. Takutnya malah ingkar janji lagi. Soalnya semenjak ada Kenzie curi-curi waktu buat yang lain sangat susah sekali.

3. Posting blog minimal seminggu sekali. Sebelumnya saya bikin target minimal 2 postingan tiap minggu tapi ternyata hasilnya juga gagal. Jadi tahun depan dikurangi lah, minimal 1 kali postingan. Selain itu, kebetulan blog ini baru saja ganti domain jadi TLD jadi DA/PA masih dikit. Nah, saya pengin tuh di akhir tahun 2017 nanti DA/PA sudah bertambah, kalau bisa sih diatas 20. Biar makin sering dapat job ngeblog dan penghasilan makin lancar hehehe….Apalagi sewa domainnya lumayan mahal hiks.

4. Improve my English and start blogging in EnglishMungkin terlalu lebay kah? lha wong yang bahasa Indonesia saja jarang posting apalagi mau pakai bahasa Inggris. Yo ben…namanya juga usaha. Saat ini sebagai langkah awal saya ikutan belajar bahasa Inggris via online, dimana yang nggak aktif dan serius mengikuti kelas nanti akan terdepak dari kelas. Saya ingin menguji niat dan tekad saya di kelas belajar ini, apakah saya bisa bertahan di kelas hingga akhir pembelajaran yang memakan waktu hingga 10 bulan. Kalau saya nggak memaksakan diri buat belajar, kapan saya bisa maju, kapan bisa punya TOEFL yang oke dan kapan saya bisa dapat beasiswa S2 di luar negeri??? *tanya sama tembok*

5. Lebih sabar dan jaga mulut serta intonasi bicara. Bisa dibilang saya ini orangnya cepat marah tapi cepat adem juga . Selain itu ditambah intonasi dan nada bicara yang tinggi (kalau cara bicara kayaknya bawaan dari daerah asal deh). Alhasil bikin saya dikira galak huhuhu…Maka dari itu saya mau mencoba belajar jadi orang yang kalem dan lemah lembut gitu. Apalagi saya sudah punya anak, jadi benar-benar jaga bicara didepan anak.

6. Punya bisnis dan penghasilan sendiri. Sekarang sih masih merintis, mulai dari ngeblog sama jualan tapi masih belum maksimal. Semoga saja resolusi ini benar-benar bisa terwujud nyata tahun depan.

7. Bisa bikin cupcakespancake dan mashed potato. Pancake sebenarnya sudah bisa, tapi hasilnya belum memuaskan (baca:gagal). Yang lain belum pernah nyoba. Siapa tahu gitu, bisa bikin dan hasilnya oke trus jadi bisnis hehehe…Kenapa harus tiga makanan tesebut? Ga tahu juga sih, saya suka aja makan ketiganya hehe… :p

8. Bikin paspor buat Kenzie. Yup, supaya kalau tiba-tiba dapat rezeki buat jalan-jalan ke luar negeri nggak perlu bingung dan harus mendadak bikin paspor buat Kenzie. Kalau bisa sih yang e-pasport, sekalian emak bapaknya juga bikin yang e-pasport. Tapi di KANIM Semarang entah sudah bisa atau belum. Karena dulu kan sempat ada wacana tahun 2015 sudah e-pasport semua.

9. Makan ice cream Haagen Dazs/Baskin Robbins. Ini resolusi masih juga belum kesampain setelah 2 tahun hahahaha…Lah gimana mau kesampaian, kalau pas ada duitnya malah kepakai buat yang lain. Resolusi yang simple tapi malah berat nglakuinnya. Secara harganya juga mahal boo, eh tapi nggak mahal banget juga sih. Palingan 2-3 kali lipat harga es krim biasa bisa apat 1 cup kecil…tapi entah kenapa tiap kali ada duitnya mikir-mikir lagi kalau mau beli sampai akhirnya ditunda terus. Nunggu sampai benar-benar duitnya “lebih” beneran kali ya. Resolusinya nggak banget ya? Tapi biarkanlah… Saya tuh pengin banget ngerasain kedua es krim tersebut sejak jaman kuliah gara-gara dosen ada yang bilang Haagen Dazs rasanya enak banget. Dan sejak saat itu saya penasaran, seberapa enaknya sih es krim mereka? Dan sampai sekarang pun belum kesampaian. Kira-kira adakah yang mau beliin? *ngarep 😀

10. Mengganti kaos dan pakaian pendek dilemari dengan pakaian syari. Iyes, serius ini. Saya mau bebenah lemari dan mengisinya dengan pakain syari (gamis/pakaian panjang). Saya punya banyak kaos pendek dan pakaian pendek bahkan ada yang seksi loh hehe… nah itu mau saya satu-persatu ganti dengan gamis. Secara kalau langsung diganti semua kok berat banget diongkos. Jadi gantinya pelan-pelan saja. Belajar memperbaiki penampilan diri 🙂

Sepertinya cukup segitu saja resolusi saya ya…hmm…ternyata lumayan banyak juga hehe… Terlihat berat dan susah sih, tapi kata mentor saya “Let’s break the limits“. Tercapai atau tidaknya semua resolusi tersebut, let wee see in the end of 2017 😉

e90acd9c466eb8790d736390bb386127