Keuangan

Tips Membangun Manajemen Keuangan UKM

manajemen keuangan

Akuntansi Ukm menjadi salah satu bagian penting pada pengelolaan keuangan usaha yang sedang dijalankan. Menjadi pengusaha UKM tentu akan mendapatkan pengalaman yang berharga dan menyenangkan. Namun selain itu, ada juga risiko yang besar dimana pengusaha bisa mengalami kerugian jika gagal dalam mengelolanya. Berikut tips membangun manajemen keuangan UKM :

Tips-tips Membangun Manajemen Keuangan UKM

  1. Mempertahankan batas antara keuangan pribadi dan keuangan bisnis

Akuntansi UKM terperinci akan membantu kamu dalam mengelola bisnis UKM yang sedang kamu jalankan. Selain dibuat terperinci, kamu juga harus mempertahankan batas antara keuangan pribadi dan keuangan bisnis. Langkah yang bisa kamu lakukan agar keuangan bisnis nggak menyatu dengan keuangan pribadi yaitu dengan setidaknya memiliki dua rekening yang berbeda.

Kamu dapat menggunakan satu rekening untuk keuangan pribadi dan rekening lainnya untuk keuangan bisnis. Dengan cara tersebut, rekening bisnis akan lebih jelas dan lebih mudah dalam mengembangkan bisnis UKM kamu.

  1. Kontrol dan evaluasi secara konsisten pergerakan keuangan bisnis

Mengontrol dan mengevaluasi bisnis harus dilakukan dan berlaku untuk semua jenis bisnis. Melakukan pengontrolan dan evaluasi akan mengetahui kendala apa saja yang membuat tersendatnya keuangan usaha kamu. Meskipun hal ini agak sulit, namun kamu harus melakukannya secara konsisten dan persisten.

Evaluasi yang dilakukan akan membantu kamu untuk menentukan bagian atau area mana yang memiliki kinerja paling efisien maupun bagian mana yang perlu dikendalikan. Adanya kontrol dan evaluasi juga memudahkan kamu dalam mengembangkan anggaran agar lebih realistis dan mempertahankan kemajuan bisnis.

manajemen keuangan UKM

  1. Menghindari Kredit Mahal

Dalam menjalankan sebuah bisnis terutama UKM, alangkah baiknya jika kamu nggak perlu melakukan kredit dan gunakan modal seadanya. Jika terpaksa harus melakukan kredit, hindari kredit yang mahal atau yang bunganya terlalu besar. Dalam periode pertumbuhan bisnis, biaya kredit akan berpengaruh secara signifikan. Jangan sampai pengeluaran untuk kredit lebih besar dibanding dengan pemasukannya.

  1. Investasi terhadap software akuntansi

Nggak hanya bisnis berskala besar saja yang memiliki akuntan dalam mengelola keuangan, tetapi Akuntansi UKM juga memerlukannya. Hadirnya software aplikasi akuntansi memudahkan para pebisnis dalam mengelola keuangannya. Pebisnis UKM tidak perlu mempekerjakan karyawan akuntansi untuk mengelola keuangan bisnisnya, karena bisa dengan mudah mengelola keuangannya sendiri.

Ada banyak fitur menarik dalam aplikasi ini, salah satunya yaitu fitur Pencatatan Hutang Piutang. Dengan fitur ini, kamu selalu ingat dan mengetahui hutang maupun piutang yang belum dibayarkan. Aplikasi keuangan Bukukas ini akan memonitor kondisi keuangan agar selalu dalam keadaan sehat.

Akuntansi UKM akan dipermudah melalui aplikasi Bukukas. Untuk menggunakan aplikasi ini pun sangat mudah yaitu dengan mendownload dan menginstal di smartphone kamu. Tenang, kamu nggak perlu khawatir mengenai biaya penggunaan Bukukas, karena aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s