Kuliner & Dapur

Puasa Sehat dengan Menu Sahur Oatmeal Skippy Peanut Butter

Menu Sahur Oatmeal Skippy Peanut Butter

Puasa Ramadan tahun ini merupakan puasa yang berbeda bagi saya dan suami. Nggak cuma karena sudah nambah satu pasukan cilik, tapi juga karena ini merupakan puasa pertama kami di tempat tinggal sendiri. Ya, soalnya sudah 2 bulanan ini kami mengontrak rumah sendiri dekat dengan studio tempat suami kerja.

Lalu, bagaimana rasanya puasa di rumah sendiri? Well, jujur saja sebenarnya jadi lebih rempong sih. Soalnya sekarang apa-apa ngurus sendiri. Jika sebelumnya di rumah mertua bangun tinggal makan sahur, kini tentu saja saya yang harus menyiapkan menu sahur sendiri. Begitu juga sebaliknya ketika berbuka.

Karena yang puasa cuma saya sama suami, dan terlebih dahulu harus menyiapkan makanan, otomatis nggak boleh telat bangun. Kalau saya telat bangun,bisa bisa nggak makan sahur. Nah, karena itu pula saya sebisa mungkin bikin menu sahurnya yang praktis dan nggak pakai ribet. Yang masaknya cepat saja. Eit, tentunya nggak cuma sekadar nasi sama telur ceplok atau telur dadar aja lho. Meskipun kadang kalau kepepet ya cuma itu aja hehehe..

Biar nggak bosen makan sahurnya pakai nasi melulu, kadang ada kalanya saya makan sahur pakai oatmeal. Biar ada variasi gitu menu sahurnya, apalagi kamu tentunya tahu dong kalau oatmeal itu merupakan salah satu makanan yang punya banyak manfaat. Asal kamu tahu saja nih, ada banyak manfaat dari oatmeal yang ternyata menjadikannya pas dijadikan sebagai menu sahur. Beberapa manfaat oatmeal tersebut antara lain:

Mengurangi kolesterol

Oatmeal memiliki kemampuan untuk mengurangi kolesterol jahat (LDL). Serat larut yang dikandung oleh oatmeal dapat membantu mengontrol perubahan tingkat kolesterol, terutama di saat berpuasa.

Meningkatkan mood

Selama berpuasa mood seseorang sering nggak stabil karena gula darah dan hormon tubuh kita menurun. Bila saat sahur kamu makan oatmeal yang mengandung vitamin B6, maka dapat menginduksi serotonin yang membuat kamu rileks setiap saat.

Menu Sahur Oatmeal

Kenyang tahan lama

Makanan tinggi serat seperti oatmeal dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Makan satu porsi oatmeal setiap sahur juga membantu mempromosikan gerakan usus yang teratur dan mencegah sembelit.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Oatmeal mengandung beberapa jenis serat yang disebut beta-gluten serat. Serat ini mampu melindungi kamu terhadap penyakit jantung dan juga menaikan sistem imunitas. Hal ini membantu sel-sel kekebalan tubuh dalam mencari dan memperbaiki daerah pada bagian tubuh yang terserang infeksi bakteri.

Kini kamu sudah tahu dong manfaat dari oatmeal. Bagaimana, apakah kamu tertarik mencoba makan oatmeal untuk menu sahur? Jika iya, saya punya resep praktis makan oatmeal yang enak. Tenang saja, bahannya sederhana, masaknya cepat, rasanya tentu saja enak. Apalagi resep kali ini saya padukan dengan Skippy Peanut Butter.

Menu Sahur Oatmeal Skippy Peanut Butter

What? Skippy? Yes, kamu nggak salah baca kok. Kalau selama ini kamu cuma tahunya  Skippy cuma buat olesan roti saja, maka kamu salah kisanak. Asal kamu tahu nih, selai Skippy bukan hanya untuk olesan roti saja tapi juga bisa kamu kreasikan untuk makanan lainnya lho. Mulai dari untuk campuran kue, minuman, hingga dicampur ke masakan berkuah atau dicampur dengan oatmeal seperti yang saya bikin.

Soal rasa? Tenang saja, perpaduan antara oatmeal dan selai Skippy dijamin nggak mengecewakan. Dipadukan dengan Skippy Peanut Butter, oatmealnya jadi makin gurih kalau menurut saya. Penasaran gimana resepnya? Langsung aja cek resepnya di bawah ini ya!

Resep Oatmeal Skippy Peanut Butter

Bahan-bahan:

  • 10 sdm oatmeal
  • 6 sdm madu
  • 2 sdm Skippy Peanut Butter
  • Sejumput garam
  • 1 gelas besar air
  • Kurma dipotong kecil dan kismis secukupnya untuk toping. Bisa diganti buah lain.

Cara memasak:

  1. Masukkan air dan oatmeal. Masak dengan api sedang sekitar 3 menit sambil di aduk-aduk.
  2. Masukkan garam dan madu dan Skippy Peanut Butter. Aduk sebentar hingga rata.
  3. Setelah rata dan oatmeal matang, matikan api.
  4. Pindahkan oatmeal ke mangkuk. Beri taburan kurma potong dan kismis/buah
  5. Nikmati selagi hangat.

Menu Sahur Oatmeal Skippy praktisBagaimana, mudah bukan cara memasaknya? Cukup 5 menit kamu sudah bisa makan sahur deh. Resep di atas untuk satu porsi tapi porsi besar. Jadi kalau kamu makannya dikit itu bisa jadi dua porsi.

Oh ya, kalau kira-kira saat memasak oatmealnya terlalu kental, bisa kamu tambahkan sedikit susu supaya lebih encer. Topingnya juga bisa kamu ganti dengan buah lain misalnya pisang. Kebetulan saja di rumah adanya kurma sama kismis ngambil dari muesli hehehe…

Nah, itu tadi salah satu resep menu sahur favorit saya nih. Kalau kamu biasanya makan sahur pakai menu apa nih?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s