Jalan-jalan

Rencana Liburan Lebaran 2019

Sebentar lagi liburan panjang. Apalagi kalau bukan liburan lebaran dan juga liburan sekolah. Well, sebenarnya bagi saya nggak terlalu ngefek juga sih mau liburan sekolah apa nggak. Ya iyalah, lha wong anak-anak belum ada yang sekolah. Jadi, kalau mau liburan nggak harus nungguin libur sekolah. Asal ada dana dan si ayah ada waktu, kami sekeluarga bisa langsung cuss pergi liburan kemana saja kami mau. Maklum karena kami ini wiraswasta.

Ngomongin soal liburan, tahun ini bisa dibilang kami belum pernah liburan. Ya, gimana lagi soalnya ada si anak bayi. Jadinya agak rempong gitu kalau liburan bawa bayi. Alhasil, masih menunggu waktu yang tepat sampai si anak bayi gedean dikit. Apalagi ditambah sekarang harga tiket pesawat khususnya yang domestik naiknya bikin ngelus dompet. Mau nggak mau harus nambah uang tabungan lagi karena budget liburan yang ikutan membengkak. Padahal rencananya, tahun ini saya ingin liburan ke dua tempat berbeda. Yang pertama ke Singapura dan yang ke dua ke Palembang. Pasti deh pada bertanya-tanya, kenapa mau liburan ke dua tempat tersebut? Hayo ngaku…hehehe… *maksa*.

Kalau kalian penasaran, saya akan kasih tahu alasannya. Kenapa Singapura? Soalnya saya masih belum puas menjelajah saat tiga tahun lalu jalan-jalan ke sana. Jadinya saya ingin balik lagi ke sana. Bedanya kalau dulu cuma berdua, sekarang jadi berempat sama krucil. Kangen sama suasana lingkungannya yang nyaman. Kangen sama taman-tamannya yang oke meski kaki harus pegel jalan kaki. Saya yakin, Kenzie pasti bakalan senang kalau kami ajak jalan-jalan ke sana. Ya, bisa dibilang nostalgia gitu deh..

Japanese Garden in Singapore
Japanese garden in Singapore
Chinese Garden in Singapore
Chinese Garden in Singapore

Alasannya lainnya, hmm…dekat dari Batam. Jadi penginnya nanti bisa mampir ke Batam juga buat berkunjung ke tempat saudara dan teman yang tinggal di sana. Karena tiket pesawat ke Singapura lebih murah pula dibandingkan penerbangan domestik, kalau dihitung-hitung lagi jatuhnya lebih murah ke Batam lewat Singapura. Ya, bisa dibilang sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui gitu. Bisa menghemat budget.

Sedangkan kalau alasan kenapa memilih ke Palembang? Yang jelas karena saya dan suami sama-sama belum pernah ke Palembang. Jadi, kami sama-sama penasaran dengan kota yang menjadi tuan rumah Asian Games 2018 lalu tersebut. Menjadi salah satu tempat wisata terlaris di Sumatera, selain banyak wisata alamnya,  di Palembang juga banyak tempat wisata religi dan tempat wisata bersejarah. Ini lantaran, Palembang punya banyak tempat yang menjadi saksi penjajahan Belanda, kedatangan warga Tionghoa, dan penyebaran agama Islam di Indonesia. Alhasil, Palembang juga memiliki bangunan-bangunan dengan arsitektur unik. Nah, suami paling demen nih kalau bisa sambil ngelihatin bangunan berarsitektur unik.

Beberapa destinasi yang ingin kami kunjungi di Palembang antara lain:

  1. Jempatan Ampera dan Sungai Musi. Jika berkunjung ke Palembang, rasanya nggak lengkap kalau nggak berkunjung ke jembatan Ampera yang membelah Palembang menjadi dua itu.  Puas menikmati eksotisme jembatan Ampera, lanjut jalan-jalan ke Pasar Sekanak yang merupakan pusat makanan dan souvenir. Berada sekitar 50 meter dari Jembatan Ampera, katanya di Pasar Sekanak juga ada pementasan seni dan budaya secara rutin. Pasar Sekanak sendiri sudah dianggap sebagai Kota Tua di Palembang. Jadi, semoga saja pas Pasar Sekanak bisa melihat pementasan seni dan budaya.jembatan-ampera
  2. Benteng Kuto Besak. Berlokasi persis di tepi Sungai Musi, Benteng Kuto Besak sudah berumur ratusan tahun. Ketika malam tiba, biasanya Benteng Kuto Besak diramaikan oleh pedagang pasar malam yang menyajikan aneka kuliner yang enak-enak, salah satunya pempek. Membayangkan bisa menikmati kuliner Palembang malam hari di atas kapal restoran terapung.  Pasti suasananya bakal cihuy banget. Iya nggak sih?benteng kuto besak
  3. Masjid Cheng Ho. Kalau di Semarang ada Sam Poo Kong, maka di Palembang ada Masjid Cheng Ho. Konon Laksamana Cheng Ho turut berperan dalam penyebaran Islam di Palembang, sehingga namanya diabadikan menjadi nama sebuah mesjid unik yang memadukan unsur Cina, Arab, dan budaya lokal Palembang. Terletak di daerah Jakabaring, masjid yang diresmikan tahun 2006 ini memiliki desain arsitektur yang unik sekaligus menunjukkan asimilasi budaya yang ada di Indonesia. Sebagai orang arsitektur, suami juga penasaran pengin lihat kayak gimana itu masjidnya. masjid-cheng-ho
  4. Museum Songket. Kamu pasti tahu dong kalau Palembang juga terkenal dengan kerajinan kain songket khasnya. Karena itu pula, saya juga penasaran pengin tahu lebih banyak tentang songket. Jadilah Museum Songket yang terletak di Jalan Ki Gede Ing Suro, menjadi salah satu destinasi yang masuk wish list. Katanya sih, museum songket sendiri sebetulnya milik pribadi seorang pengusaha songket terkenal bernama Zainal Songket dan bukan binaan Pemerintah.

Nah, itu tadi beberapa destinasi wisata Palembang yang paling ingin kami kunjungi. Selain itu jika masih memungkinkan ya tentu saja kami nantinya pengin lebih banyak mengeksplore Palembang. Tapi tahu sendiri dong ya, “serunya” bawa bocah itu kayak gimana.

Selain ingin ke beberapa destinasi wisata Palembang di atas, alasan lainnya memilih kota Palembang karena ingin berkunjung ke tempat saudara jauh saya yang tinggal di sana. Soalnya sudah lama sekali belum pernah bertemu, terakhir ketemu pas waktu kecil. Selain itu, saya dan suami sama-sama punya teman di Palembang yang sudah lama nggak berjumpa. Jadi, ceritanya aji mumpung nih. Liburannya nggak sekadar liburan saja, tapi juga bisa ada manfaat lainnya. Setuju nggak?

Nah, karena harga tiket pesawat melambung tinggi terutama untuk penerbangan domestik, makanya rencana dua kali liburan tersebut harus tertunda dan dijadwal ulang. Sehingga dengan beberapa pertimbangan, akhirnya kami memutuskan untuk ke Palembang terlebih dahulu. Rencananya sih mau pergi bulan Agustus mendatang, tapi kemudian karena satu dan lain hal kami ingin pergi habis lebaran saja.

Wah, bentar lagi kan lebaran? Apa nggak mahal, kan musim mudik? Jujur saja, saya sempat galau sih soal harga tiket pesawat. Kan penginnya bisa dapet tiket murah. Apalagi kami berempat, pastinya akomodasi bakalan jadi hal yang cukup menguras kantong. Daripada bingung, akhirnya langsung eksekusi saja, alias hunting tiket pesawat online.

Langsung deh saya buka aplikasi Pegipegi di handphone. Begitu saya buka, senyum saya pun langsung mengembang ceria dengan mata berbinar karena bahagia. Ya iyalah, gimana nggak bahagia, lha wong begitu saya buka aplikasi mata saya langsung tertuju ke banner promo tiket pesawat hehehe… Ternyata, dalam rangka lebaran ini Pegipegi ngasih banyak promo terutama promo tiket pesawat. Cihuyy…hati emak pun melonjak kegirangan deh karena bisa berhemat hihihi….Tanpa babibu, saya pun langsung hunting tiket pesawat yang diinginkan.

Oh ya, btw yang paling saya suka dari aplikasi Pegipegi ini adalah karena saya bisa memesan tiket pesawat untuk bepergian dengan sangat mudah, baik lewat situs maupun aplikasinya. Aplikasinya friendly user, jadi meski baru pertama kali pakai aplikasi Pegipegi kamu nggak akan kebingungan.

Kalau kamu mau pesan tiket pesawat, caranya gampang banget. Terlebih dahulu kamu melakukan pencarian tiket pesawat yang kamu mau lewat mesin pencarinya. Tinggal masukin saja di mesin pencarinya kota asal dan kota tujuan, jadwal keberangkatan dan jumlah penumpang. Nanti akan muncul berbagai maskapai penerbangan dengan jadwal keberangkatan beserta harga tiket pesawatnya. Tinggal pilih saja deh tiket pesawat yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Kamu juga bisa memfilter pencarian tiket pesawat yang kamu mau berdasarkan kisaran harga, jumlah transit, waktu berangkat dan waktu tiba, hingga maskapainya.

Setelah memilih tiket pesawat yang kamu mau, tinggal isi data penumpang dan melakukan pembayaran. Maka virtual ticket untuk penerbanganmu sudah tersedia dalam handphone deh. Bagaimana, mudah bukan?

Eits, tapi selain itu ada lagi nih hal lain yang menarik dari Pegipegi:

  • Yang pertama nih, kalau kamu pesan tiket pesawat lewat Pegipegi kamu bisa melakukan online Check In. Jadi kamu nggak perlu terburu-buru deh karena dengan fitur Online Check-In di aplikasi Pegipegi, prosesnya lebih mudah dan bebas antre. Hore!!!!
  • Lalu, kalau tiba-tiba mendadak kamu ada perubahan rencana, kamu juga bisa lho melakukan Online Refund. Namanya manusia kan cuma berencana, pada akhirnya Tuhan juga yang menentukan. Jadi, meski kita sudah berencana terbang tanggal sekian dan jam sekian, kadang ada aja sesuatu yang bikin kita batal pergi. Benar nggak? Nah, kalau ada online refund ini, tentunya sangat membantu sekali buat kita yang tiba-tiba ada perubahan rencana terbang. Apalagi untuk melakukan pengajuan pengembalian dananya juga mudah dan nggak pakai ribet.
  • Dengan pesan tiket pesawat di Pegipegi kamu juga bakal mendapatkan travel insurance. Jadi perjalananmu bisa lebih terlindungi, kalau misalnya terjadi Flight Delay, keterlambatan bagasi apalagi hingga kecelakaan diri kamu sudah tercover travel insurance. Proses klaimnya juga mudah nggak pakai lama lho.

Wah, jadi pengin segera bisa traveling nggak sih? Eh, tapi kok sayangnya uangnya belum cukup? Tenang saja, kalau kamu pesan tiket pesawat pakai Pegipegi kamu bisa traveling Sekarang, bayar nanti lho. Dengan fitur Pay later, traveling impian kamu bisa kamu wujudkan sekarang juga dengan fasilitas cicilan hingga 12 bulan melalui aplikasi Pegipegi. Asyik nggak tuh?

Kini setelah tiket sudah terbeli, saya sudah lebih tenang deh. Untuk penginapan pun langsung sekalian pesan di Pegipegi. Jadi sekarang saya tinggal berdoa menunggu hari keberangkatan semoga nggak ada perubahan rencana. Maklum saja, suami yang seorang wiraswasta kadang acaranya tak terduga. Sudah nggak sabar pengin segera terbang dan pergi liburan.

Nah, kalau kamu sendiri bagaimana, lebaran nanti liburan kemana? Jangan lupa pesan tiket pesawatnya pakai Pegipegi ya. Karena bersama Pegipegi kamu bisa terbang dengan mudah dan tenang.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s