Event & Review

Paxel: Lebih Dari Sekadar Jasa Pengiriman

PAXEL

Berbicara soal jasa pengiriman logistik, apakah kamu sudah pernah dengar tentang Paxel? Beberapa di antara kamu mungkin sudah pernah mendengarnya bahkan melakukan pengiriman paket menggunakan jasa ekspedisi Paxel Tapi sepertinya nggak sedikit juga yang baru pertama kali mendengarnya. Wajar saja, karena Paxel ini termasuk pemain baru dalam bidang pengiriman logistik.

Nah, untuk lebih mengenal Paxel, hari Kamis, 22 November 2018 lalu saya datang pada acara blogger gathering Paxel. Bertempat di Hans Kopi Veteran, acara yang berlangsung dari pukul 14.00 – 18.00 WIB itu pun dihadiri banyak peserta. Sebagai pembicara ada Bapak Djohari Zein (Founder GBMI (Global Basket Mulia Investama / Holding Paxel), Bryan Christianto (Co-Founder Paxel), Alexander Zulkarnain (Brand Happiness Hero), Intan Saraswati (Chief Happiness Hero). Ada juga Wulan dari perwakilan Rumah Harapan Indonesia.

Kira-kira seperti apa nih acaranya? Sampai di lokasi sekitar pukul 13.45 WIB, saya pun langsung menuju meja registrasi. Nah, saat registrasi ternyata sama panitia di kasih goodiebag dari Omiyago, start up oleh-oleh khas nusantara yang berbasis aplikasi. Wah, lumayan nih, isinya buat nyemil saat acara hehehe….

blogger gathering paxel

Barulah sekitar pukul 14.15 acara mulai dibuka oleh MC yang ceria. Meski cuaca siang itu terbilang panas dan bikin dehidrasi, tapi nggak terlalu berasa. Kenapa? Karena acaranya penuh makna. Gimana nggak, saya merasa mendapatkan banyak cerita inspiratif dan juga ilmu baru. Bahkan ada juga sesi yang bikin haru, sampai-sampai ada beberapa peserta yang menitikkan air mata. Tapi ada juga sesi yang bikin peserta tertawa ngakak.

Jadi, apa itu Paxel? Perlu kamu tahu nih, Paxel ini merupakan startup logistik berbasis aplikasi yang mengusung layanan same day delivery dengan ongkos kirim flat. Bahkan untuk dalam kota, maksimal 8 jam barang atau paket yang kamu kirim akan sampai di tempat tujuan. Cocok banget nih buat kamu yang jualan frozen food.

Sementara ini, sayangnya Paxel baru mengakomodasi beberapa area saja. Yaitu Jabodetabek, Bandung, Semarang, Jogja dan Solo. Itu pun hanya daerah kota saja. Pertengahan tahun 2019 nanti, targetnya Paxel bisa menjangkau 20 kota di Indonesia. Semoga kedepannya jangkauan Paxel semakin luas lagi ya.

Hanya itu saja? Jelas nggak dong. Karena ternyata perusahaan yang memiliki tagline Antarkan Kebaikan tersebut memiliki banyak “keunikan” dibandingkan perusahaan jasa pengiriman logistik lainnya. Saya juga baru tahu hal tersebut saat menghadiri acara blogger gathering Paxel kemarin.

Diresmikan pada Februari 2018, Paxel kini sudah melayani belasan ribu pengiriman dari belasan ribu pelanggannya. Adapun bentuk layanan Paxel ada empat macam. Apa saja itu? Yakni Door to door, door to locker, locker to home, dan locker to locker. Namun, sementara ini yang baru tersedia untuk umum adalah door to door. Sedangkan untuk yang memanfaatkan locker sementara ini masih dalam tahap pengembangan dan sebatas untuk internal perusahaan. Lokernya sendiri baru ada di Jakarta saja. Itu pun hanya tersedia di tempat tertentu saja. Jadi memang masih sangat terbatas.

Untuk menggunakan layanan kirim Paxel juga sangat mudah dan nggak pakai ribet. Kamu bisa melakukan pemesanan lewat aplikasi. Nantinya kamu harus mengisi sejumlah data, seperti alamat tujuan, isi barang, nama penerima, dan sebagainya. Setelah itu, kurir Paxel yang dijuluki dengan Happiness Hero akan mengambil paket yang akan dikirimkan ke lokasi pick up.

Bagi saya, ini sangat memudahkan sekali. Saya nggak perlu repot pergi keluar rumah untuk mengantarkan barang ke kantor ekspedisi. Apalagi bagi emak-emak macam saya yang nggak mudah buat ninggalin bocah. Saya tinggal duduk manis di rumah nunggu abang Hero-nya datang mengambil paket. Menyenangkan dan memudahkan sekali bukan?

Omigayo oleh-oleh nusantara
Cara Menggunakan Paxel

Penasaran bagaimana cara menggunakan Paxel? Langsung saja downloand aplikasi Paxel di Play Store atau App store. Sign up menggunakan akun facebook atau Google atau dengan email kamu lewat pilihan create account. Setelah itu masukkan kode referal hanalle dan dapatkan saldo Rp 100 ribu yang langsung bisa kamu gunakan untuk melakukan pengiriman.

Setelah itu, jika ingin melakukan order pengiriman, klik Create Shipment. Lalu isi alamat Pick Up Location (bisa Google Maps Automatic). Setelah itu isi juga Destination Location. Kemudian klik Continue dan Pilih Ukuran Paket. Selanjutnya kamu isi Identitas Pengirim & Penerima. Isi juga Jenis Barang yang akan kamu kirim dari pilihan yang tersedia. Setelah selesai klik Continue dan Cek Shipping Details. Taraa… Kamu pun sukses melakukan order deh. Tinggal nunggu abang Hero datang untuk pick up paket milikmu. Mudah sekali bukan? Oh ya, ada juga fitur screenshot untuk setiap order yang bisa dibagikan ke penerima paket, lo.

Pengalaman Menggunakan Jasa Pengiriman Paxel

Jadi, apakah saya sudah pernah mencoba jasa Paxel? Tentu saja sudah dong. Saat acara blogger gathering Paxel, saya mencoba melakukan pengiriman paket dalam kota. Jadi, saya mencoba kirim paket dengan lokasi pick up Hans Kopi Veteran ke rumah. Well, memang sih ini paket yang saya kirim sebenarnya dari saya untuk saya sendiri. Tapi ya nggak apa-apa kan? Soalnya saya penasaran saja. Keburu nggak sabar buat mencobanya hehehe…

Nah, karena ordernya sore hari sedangkan paxel home tutup jam 10 malam maka estimasi sampai adalah sekitar pukul 08.00-10.00 WIB keesokan harinya. Hmm, ya sudah nggak apa-apa. Padahal awalnya saya kira bisa sampai malam itu juga. Lalu, apakah paketnya benar-benar sampai sesuai dengan estimasi? Yes, saya menerima paket sesuai dengan estimasi di aplikasi. Ke esokan harinya, abang Hero (julukan untuk kurir Paxel), datang pukul 09.17 WIB.

Happiness Hero Paxel

Lalu, kalau untuk pengiriman antarkota apakah sudah mencobanya? Untuk pengiriman ke luar kota, saya sudah mencoba untuk pengiriman dari Jakarta-Semarang. Meski posisi saya berada di Semarang, saya bisa melakukan order pengiriman paket dengan lokasi pick up Jakarta dengan saya sebagai penerima di Semarang.

Oh ya, saat saya melakukan order pengiriman paket sekitar pukul 17.00 WIB, saya awalnya menjadwalkan waktu pick up pukul 16.00-18.00 WIB. Namun, kemudian oleh pihak Paxel saya disuruh untuk menjadwalkan ulang besok pagi. Kenapa? Karena pengiriman paket tujuan ke Semarang pesawatnya sudah berangkat. Jadi di suruh untuk menjadwalkan ulang besok paginya, supaya bisa same day delivery. Hmm, oke baiklah, saya pun akhirnya menjadwalkan ulang waktu pick up antara pukul 08.00-10.00 WIB ke esokan harinya dengan estimasi waktu sampai di pukul 20.00-22.00 WIB.

Lalu, apakah barang saya sampai sesuai estimasi waktu? Jawabannya adalah yes. Paket milik saya sampai tengah malam menjelang pukul 22.00 WIB. Padahal sempat ragu tuh karena pukul 21.00 saya cek posisi barangnya masih di locker Jakarta. Eh, sama seperti si abang hero Jakarta yang pick up paket, abang hero Semarang juga muncul beberapa menit menjelang deadline. Hmmm, kok nyamain kayak saya kalau lagi deadline kerjaan sih hehehe….

Jadi, soal same day delivery service dari Paxel memang benar dan bukan tipu-tipu. Kalau antar kota bisa kirim paket same day delivery, tentunya akan sangat menyenangkan sekali buat para penjual frozen food. Pasalnya kini mengirimkan frozen food ke luar kota bukanlah suatu hambatan, karena sudah ada Paxel. Jadi nggak perlu takut kalau frozen food jualan kamu rusak karena kelamaan di perjalanan. Mau kirim lunpia Semarang ke Jakarta? Tentu bisa dong… Kan ada Paxel.

Ssst, selain barang yang akan dikirim akan di pick up kurir, kamu juga bisa menggunakan layanan untuk mengirim barang dari orang lain ke diri kita sebagai penerima. Sehingga kalau kita yang melakukan order maka kita sebagai penerima yang membayar biaya pengirimannya. Bahkan bisa juga kita melakukan order meski lokasi pick up dan atau pun penerima paket berbeda dengan lokasi kita yang memesan layanan.

Kenapa Paxel?

Setelah beberapa kali mencoba Paxel, saya pun sepertinya jadi ketagihan. Kenapa? Tentunya karena dibandingkan jasa ekspedisi lainnya Paxel punya banyak kelebihan. Berikut ini beberapa alasan kenapa saya menyukai Paxel:

No Cancel. Di Paxel abang Hero-nya nggak bisa nolak order pengiriman yang sudah dibooking. Jadi nggak ada istilah cancel bagi abang Hero.

Preferred time slot. Kamu bisa menentukan sendiri kapan waktu pick up yang kamu mau. Kamu bisa menjadwalkan waktu pick up bahkan hingga lima hari ke depan. Untuk waktu pick up-nya sendiri terbagi setiap 2 jam mulai pukul 08.00-22.00 WIB. Kamu pun bisa reschedule waktu pick up, lo. Selain itu, kamu juga bisa tracking real time paket milikmu. Mulai dari kapan di pick up abang Hero dilengkapi dengan nama Hero dan no.telpnya, posisi paket kiriman sudah sampai mana, hingga estimasi sampainya kapan. Jadi nggak perlu penasaran lagi paket kamu berada di mana.

Flat Price. Menggunakan Paxel, tarif yang dikenakan untuk dalam kota semuanya sama, tergantung ukuran paket. Berbeda dengan ekspedisi lainnya yang menggunakan berat paket atau jarak sebagai salah satu perhitungan biaya pengiriman.

No Distance Limit. Jadi, Paxel nggak membatasi jarak pengiriman. Kemanapun pengirimannya, asal masih dalam area jangkauan Paxel, maka paketmu dipastikan akan sampai tempat tujuan.

Money Back Guarantee. Paxel menggaransi uangmu kembali jika paket yang kamu kirim mengalami keterlambatan.

Free Insurance up to 10 million IDR. Di Pazel, setiap pengiriman akan terlindungi dengan jaminan asuransi. Jadi kalau paket milik kamu hilang atau rusak, maka akan diganti oleh Paxel yaitu maksimal Rp 10 juta. Eits, tentunya hal tersebut berlaku jika barang yang kamu kirim nggak melanggar syarat dan ketentuan dari Paxel.

Good Packaging. Untuk masalah pengemasan juga menjadi nilai plus bagi Paxel. Pasalnya, barang yang kamu kirim akan dikemas ulang oleh tim Paxel. Maksudnya? Jadi, Paxel akan memasukkan lagi paket kirimanmu menggunakan dus dari mereka yang sesuai ukuran paket milikmu atau dikemas rapi dalam bungkus plastik yang kece. Tergantung jenis barang yang kamu kirim. Jadi, kalau misalnya kamu kirim buku dan nggak sempat membungkusnya, kamu nggak perlu repot-repot membungkusnya. Tinggal kasih saja bukunya langsung sama abang Hero, nanti akan dikemas sama dia. Memudahkan sekali bukan? Bahkan kamu bisa barangmu untuk dikemas dengan bubble wrap supaya lebih aman, lo.

Paket paxel
Paket Paxel sesudah dirobek sama anak lanang

Paket Paxel

Selain itu, ada juga hal lain yang bikin saya jatuh hati sama Paxel. Ini lantaran Paxel juga memiliki program kebaikan di dalamnya. Jadi, setiap 25 pengiriman yang kamu lakukan, maka kamu ikut memberikan donasi 1 hari kehidupan di Rumah Harapan Indonesia. Bagi kamu yang ingin berdonasi untuk yayasan yang telah bekerjasama dengan Paxel, maka Paxel akan mengirimkan donasi dari kamu secara cuma-cuma alias gratis. Wow, sesuai dengan mottonya Antarkan Kebaikan bukan?

Bagaimana, Paxel memang unik dan beda dari jasa pengiriman lainnya bukan? Nggak sekadar paket yang kita kirim cepat sampai, tapi juga ada banyak kebaikan di dalamnya. So, tunggu apalagi? Yuk buruan download Paxel dan jangan lupa gunakan referral code hanalle. Nanti kamu bakal dapat kredit 100 ribu yang bisa langsung kamu pakai untuk mengirimkan paket.

Advertisements

84 thoughts on “Paxel: Lebih Dari Sekadar Jasa Pengiriman

  1. Saya pernah punya masalah saat kirim mengirim frozen food, salah satunya makanan rusak jd gak bisa dimakan.
    Paxel ink bisa jadi solusi ya.

    Like

  2. Aku juga udah nyobain Paxel, keren loh ini bisa nyampe kiriman sameday dan ngasi garansi money back kalau nggak sampai di hari yang sama. Keren!

    Like

    1. Yup, jarang banget ada yang mau ngasih garansi uang. DUlu aja pernah pakai jasa pengiriman yg sehari sampai tapi kr sesuatu hal sampainya satu minggu kemudian dan itu ga ada ganti rugi apapun. Padahal sudah bayar mahal.

      Like

  3. Jasa pengiriman paxel ini terbilang mudah, praktis dan gak ribet yah kak. Bagi pebisnis online, kehadiran paxel akan sangat membantu dengan sistem pengirimannya yang gak ribet dan beda

    Like

  4. Saya berharap Paxel segera menambah area pengirimannya. Terus terang merasa terbantu pakai Paxel kalau kirim barang or beli oline bisa cepet. Udah pernah bbrp kali makai soalnya 😀

    Like

    1. Semoga cepat tercover sama Paxel ya mba daerahnya. Pengin juga nih kirim2 ke adik di Purwokerto, tapi sayangnya juga belum tercover. Semoga tahun 2019 wilayah jangkauannya makin luas dan bisa mencakup seluruh Indonesia.

      Like

  5. Senang sekali bisa ikut mendonasikan via kiriman kita kepada Rumah Harapan ya. Mana servisnya bagus, cepat, apalagi ditambah jargon Antarkan Kebaikan ini. Mantep deh pake Paxel. Berharap coveragenya makin meluas agar kita makin nyaman saat berkirim barang.

    Like

  6. penolong ibu-ibu milenial. jasa sepingiriman yang bagus, cepat dan ga pake ribet seperti inilah yang betul-betul kami butuhkan, wkwk. semoga layanan paxel bisa menyebar ke kota-kota lain juga.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s