Event & Review

KEB Intimate: Talk About Smartphone Food Photography With Pesonna Hotel Semarang

IMG_20180505_104141

Sudah sejak saya ingin sekali belajar food photography. Penasaran banget gitu, gimana sih cara bikin foto makanan yang kece dan cetar kayak di sosmed. Sampai akhirnya, minggu kemarin keinginan saya tersebut terpenuhi juga. Ya, jadi ceritanya beberapa minggu sebelumnya dapat kabar kalau KEB bakal ngadain acara di Semarang. Tentunya saya antuasias dong pengin ikutan, apalagi setelah tahu kalau temanya tentang food photography. Makin girang dan semangat deh buat ikutan. Saat tahu tanggal dan waktunya, saya pun langsung membooking si ayah buat jagaain si kecil dan alhamdulilah dia etuju, hehehe…

Tanggal 5 Mei sebagai hari acara pun tiba. Bertempat di Pesonna Hotel Semarang, acara KEB kali ini bertajuk KEB intimate: Talk About Food Photography. Oya, perlu kamu tahu, KEB intimate ini sudah dilaksanakan di beberapa kota dan kali ini giliran Semarang. Untuk para pesertanya, event KEB kali ini juga menggandeng komunitas lain yaitu Kompakers (pegiat Instagram) dan Ibu profesional.

Sedangkan sebagai pembicara adalah Hinu Indra Wardhana. Saya pun bertambah senang saat mengikuti materi, karena pembahasan food photography-nya lebih ke smartphone. Secara gitu, saya lebih sering pakai smartphone untuk memotret segala macam. Lagian saya juga belum punya kamera DSLR/SLR/mirorrless. Jadi tentu saja ilmu yang disampaikan bakal berguna banget nih buat saya. Penasaran seperti apa materinya?

IMG_20180505_103011

Nah, terkait food photography menggunakan kamera smartphone, Hinu mengatakan kalau hasilnya juga nggak kalah cantik jika dibadingkan dengan menggunakan kamera seperti DSLR/mirrorless. So, dia juga memberikan beberapa tips dan saran supaya bisa mendapatkan hasil jepretan kece. Eits, tapi sebelum itu persiapkan dulu beberapa hal di bawah ini.

  1. Pacari Smartphone-mu. Yes, sebelum memotret dengan kamera ponsel, terlebih dahulu kamu harus mengenal ponsel milikmu supaya bisa memaksimalkan penggunaanya untuk mendapatkan hasil jepretan terbaik. Kalau spek kamera ponsel kamu sudah tinggi tapi kamunya nggak paham, tentunya hasil jepretanmu hanya akan seadanya saja.
  2. Kartu Memori. Pastikan kamu menggunakan kartu memori yang cukup, supaya kamu bisa menyimpang lebih banyak hasil foto.
  3. Baterei. Siapkan baterei dengan daya penuh. Kalau memungkinkan, siapkan juga power bank terutama saat harus memotret di luat. Nggak mau kan saat lagi asyik motret tiba-tiba baterei ponselmu mati?
  4. Tripod. Supaya lebih maksimal, kamu juga bisa menyiapkan tripod. Ini berguna supaya kamu bisa lebih mudah mengatur posisi kamera dan bisa tetap stabil saat memotret.
  5. Perlengkapan tambahan. Siapkan juga perlengkapan tambahan untuk memotret. Seperti pernak-pernik untuk properti foto hingga kain untuk membersihkan.

IMG_20180505_104015

 

Nah, sesudah semua persiapan kelar saatnya untuk beraksi deh. Berikut ini beberapa tips dalam memotret yang disampaikan oleh Hinu saat memotret makanan:

  • Membersihkan Background. Memotret makanan memerlukan background yang sederhana agar objek lebih terfokus. Pastikan juga konsep foto yang ingin kamu tampilan, sehingga kamu bisa menyesuaikan background yang akan kamu gunakan.
  • Mempercantik Objek Makanan. Sebelum memotret, pikirkan juga benda-benda yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik foto. Misalnya bahan-bahan makanan, peralatan makan dan lain-lain.
  • Pencahayaan. Pastikan kamu memotret menggunakan pencahayaan alami karena hasilnya akan jauh lebih natural. Sebisa mungkin hindari flash dari kamera.
  • Komposisi. Salah satu teknik komposisi foto yang digunakan adalah rules of thirds. Kamu bisa mengaktifkan fitur tersebut pada ponsel. Rules of Thirds yaitu membagi layar kamera menjadi tiga bagian sama besar. Baik itu secara vertikal maupun horisontal. Sehingga akan ditemukan empat titik pertemuan dari garis-garis tersebut. Nah, ke empat titik itulah yang menjadi letak point of interest pada objek. Nggak semua titik tersebut harus diisi bersamaan, cukup salah satunya saja. Yang terbaik adalah yang berada di sisi kanan atas karena rata-rata mata manusia akan langsung tertuju ke titik tersebut. Sedangkan titik yang paling lemah adalah yang berada di kiri bawah.
  • Sudut pandang. Cobalah berlatih untuk mengambil foto dari berbagai sudut pandang. Mulai dari arah bawah, atas, samping dengan sudut 45 derajat dan lain-lain. Karena nggak semua objek dapat difoto dengan perspektif yang sama.

Oya, jangan pula menggunakan zoom pada kamera ponsel. Kenapa? Karena lensa pada ponsel berbeda dengan kamera DSLR atau mirorless. Jadi kalau kamu memaksa memakai zoom, maka kualitas fotonya akan kurang bagus dan saat diperbesar bakalan pecah. Kalau memang harus mengambil foto dengan jarak dekat, sebaiknya dekatkan ponsel pada objek.

 

Tips lainnya yaitu perhatikan waktu jeda shutter kamera pada ponselmu. Jangan sampai belum selesai menjepret kamu sudah gerak, nanti gambarnya goyang. Pastikan juga lensa selalu bersih. Nggak mau dong, ada objek asing nongol di hasil jepretanmu. Cobalah memotret dari tempat yang nggak biasa. Posisi angel kamera yang berbeda, hasilnya tentu akan berbeda. Serta pegang ponselmu se-stabil mungkin. Biasanya posisi tegak lurus vertikal paling sulit nih, karena tangan akan lebih cepat bergetar. Sehingga untuk itu kamu juga perlu rajin berlatih supaya saat memotret bisa tetap stabil.

Tuh kan, banyak banget tipsnya. Tapi kalau cuma dipelajari doang tanpa dipraktekkan tentu saja percuma. So, setelah selesai mendapatkan materi, kami semua langsung mempraktekkannya.

KEBintimate

Pesonna Hotel Food Photography 

Nah, untuk mempraktekkan materi yang sudah diberikan oleh Hinu, sebagai objek fotonya adalah menu makanan di Pesonna Hotel Semarang. Eits, tapi ini bukan menu biasa, lo. Menu yang dihidangkan untuk jadi objek food photography kemarin adalah menu yang akan disajikan untuk berbuka puasa di Hotel Pesonna.

Perlu kamu tahu nih, bulan Ramadan kali ini, hotel Pesonna punya program “Buko ‘Poso’ ing awang-awang”. Jadi, kamu berkesempatan berbuka di ketinggian lantai 9 Hotel Pesonna. Uniknya, makanan yang disajikan nantinya berkonsep angkringan berkah dan halal. Wih, asyik banget nggak sih?

IMG_20180505_101817

Beragam aneka menu bisa kamu nikmati sebagai pelepas dahaga setelah seharian berpuasa. Mulai dari aneka nasi bungkus angkringan, aneka sate, aneka gorengan hingga kolak manis tersedia. Tak lupa juga ada bermacam minuman jenis wedangan sebagai pelengkap, seperti wedang jahe, wedang uwuh hingga lemon tea. Wiih, banyak banget ya?

Soal harga? Tenang saja, terbilang masih terjangkau kok. Kamu cukup merogoh kocek Rp 49 ribu (nett)/pax untuk bisa menikmati semua sajian tersebut. Dijamin kenyang dan puas deh. Gimana nggak kenyang dan senang kalau banyak macamnya dan enak-enak pula. Tapi ingat, meski sudah seharian puasa, lantas karena bisa all you can eat bikin kamu melaksanakan balas dendam. Kasihan nanti perut kamu, bisa sakit.

Nah, keragaman menu itulah yang cocok sekali dijadikan bahan belajar food photography ini. Kami semua pun langsung beraksi untuk mempraktekkan ilmu yang sudah didapatkan. Semua peserta antusias, apalagi saat diberitahu bahwa nanti akan dipilih beberapa foto terbaik yang baka mendapatkan hadiah voucer untuk menikmati sajian “Buko ‘Poso’ ing Awang-awang”. Termasuk saya yang juga makin semangat berjeprat-jepret. Siapa tahu gitu bisa beruntung, meski akhirnya saya relakan voucernya pada peserta lainnya yang hasil jepretannya lebih kece. Saya baik kan? #plak hehehe…

Oya, kalau kamu penasaran sama menunya. Ini dia nih, beberapa menu yang berhasil saya jepret dari kamera ponsel saya.

Pesonna Hotel Semarang-Hotel Berkonsep Halal

Oya, bicara soal hotel Pesonna, perlu kamu tahu nih kalau hotel Pesonna adalah milik PT. Pegadaian (Persero). Nama hotelnya juga ada kepanjangannya, yaitu “Pegadaian Selalu Optimalkan Nilai-Nilai Aset”. Saya juga baru tahu nih arti singkatan Pesonna tersebut hihihi…

Selain itu, hotel Pesonna adalah hotel yang berkonsep halal. Maksudnya? Jadi, hotelnya menyediakan semua yang halal bagi tamu muslimnya. Mulai dari makanan dan minuman halal hingga fasilitas yang mempermudah tamu muslim untuk beribadah, seperti mushola yang dilengkapi mukena, sajadah, Alquran di setiap kamar dan kran berwudhu di tiap kamar mandi kamar hotel. Meski berkonsep halal, tapi semua kalangan bisa memanfaatkan fasilitas yang ada di hotel, nggak hanya terbatas pada yang muslim saja. Kalaupun ada tamu yang non muslim, akan tetap disediakan semuanya hanya saja mereka nggak akan mempergunakannya.

Hotel Pesonna di Semarang ini merupakan salah satu dari 9 hotel milik Pegadaian yang ada di Indonesia. Selain Semarang, hotel Pesonna lainnya ada di kota Makassar, Pekanbaru, Surabaya, Gresik, Tegal, Pekalongan, Yogyakarta Tugu dan Yogyakarta Malioboro.  Seluruh hotel tersebut tergabung dalam sinergi Hotel Indonesia Group (HIG) yang merupakan konsolidasi seluruh hotel yang dimiliki BUMN untuk kebutuhan supply chain, SDM dan hotel management.

Fasilitas hotelnya apa saja nih? Tenang saja, di hotel yang bernuansa hijau tersebut, fasilitasnya terbilang lengkap bin komplit. Hotel Pesonna memiliki 152 kamar, 3 meeting room, ballroom dengan kapasitas 625 pax, restoran dengan varian menu lengkap, kolam renang, mushola, parkir luas, layanan laundry dan sky meeting room di lantai 9. Sedangkan untuk fasilitas di dalam kamar ada AC, LED TV, coffe & tea maker, minibar, dan save deposit box, hot and cold shower, hingga keran untuk berwudhu di kamar mandinya. Selain itu, ada juga dilengkapi dengan peralatan beribadah bagi muslim yaitu sajadah, mukena, dan Alquran.

Bagaimana, kamu tertarik untuk menginap di hotel Pesonna? Berada pusat kota, tepatnya di Jalan Depok No.33, Kembangsari, Semarang, hotel Pesonna mudah untuk dijangkau. Hanya dibutuhkan waktu perjalanan sekitar 15 menit dari bandara atau sekitar 7 menit dari stasiun. Sedangkan jika dari Pelabuhan Tanjung Emas, butuh waktu sekitar 17 menitan. Kemana-kemana juga dekat. Baik ke berbagai lokasi wisata yang ada di tengah kota, ke pusat oleh-oleh atau mau kuliner hingga jalan-jalan ke mall.

Well, meskipun masih berada di Semarang, hotel ini juga tetap cocok buat kamu warga Semarang yang ingin staycation bareng keluarga. Lokasi dan fasilitasnya yang oke layak untuk dicoba.  Untuk informasi dan reservasi, silahkan hubungi : 024 – 865 70840 ext 4010/11.

KEB intimate

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s