Celoteh

10 Cara Berinternet Sehat

Remaja zaman now, pastinya sudah kenal dong sama yang namanya internet. Kalau zaman now belum bisa pakai internet, hmm…dijamin deh bakalan dibilang kudet. Gimana nggak kudet, lha wong anak kecil zaman now saja sudah mahir main internet. Coba deh, kalian lihat anak-anak di lingkungan sekitar kalian. Entah itu mulai dari keponakan, anak tetangga hingga anak nggak dikenal yang kalian lihat di jalan. Saya yakin, pasti kalian setidaknya pernah melihat mereka main gadget. Apalagi yang sudah remaja dan dewasa. Beuuuh…malu boo kalau nggak bisa internetan. Tapi….ada tapinya nih, sayangnya belum tentu yang bisa berinternetan tersebut bisa berinternet dengan sehat.

Nah sebagai emak-emak beranak satu, terkadang miris kalau lihat remaja zaman now menggunakan internet secara nggak sehat. Bukan menggunakan internet untuk melakukan hal-hal yang positif malah sebaliknya. Tentunya buat yang sudah jadi orangtua seperti mbak Dedew dan Mba Ningrum, pasti ngerti perasaan saya *ceilahh….  Jadi kali ini saya ingin mencoba berbagi tips tentang cara berinternet sehat versi saya. Langsung saja cek poin-poin dibawah ini:

  1. Tahu cara menjaga privasi. Tentu tahu dong kalau infomasi di internet bisa diakses oleh siapa saja. Nah, ketika kalian berinternet, berhati-hatilah ketika memberikan informasi yang bersifat pribadi saat kalian menggunakan chat room, newsgroup ataupun e-mail.  Jangan sembarangan memberikan informasi pribadi seperti nama, usia, alamat rumah, nomor telepon, foto, apalagi info mengenai kartu kredit atau pasword. Hal ini juga berlaku jika kalian menggunakan sosial media seperti Facebook, twitter, Instagram. Jangan sembarangan mengumbar data yang bersifat pribadi.
  2. Jangan langsung percaya orang yang baru kita kenal. Meskipun kejujuran adalah segalanya, tapi belum tentu orang yang ada internet semuanya jujur. Jadi berhati-hatilah ketika menggunakan internet atau chatting. Jangan mudah terpengaruh juga dengan data orang lain di internet yang menarik perhatianmu. Belum tentu dia mengaku ABC, padahal sebenarnya dia DEF alias berbeda dengan apa yang kita bayangkan. Di internet banyak sekali orang iseng yang berpura-pura menjadi orang lain. Entah itu untuk sekadar menjahili hingga untuk menjebat atau menipu. Wasapadalah kalau ada yang ingin tahu terlalu banyak tentang kita.
  3. Selalu baca peraturan privasi di situs internet sebelum mendaftar atau mengirim berkas-berkas untuk misalnya lomba. Pastikan mereka nggak akan membocorkan data-data pribadi atau rahasia kita. Termasuk juga nih berlaku buat para blogger yang mendaftar untuk ikutan job review. Berhati-hatilah ketika mengisi form pendaftaran. Pastikan pemberi job adalah pihak terpercaya.
  4. Tidak semua informasi di internet adalah benar. Cobalah untuk selalu mengkonfirmasi kebenaran setiap informasi didapat dari internet. Terlebih lagi jika berniat ingin menyebarkan atau membagikannya kepada orang lain. Jangan sampai kita menyebarkan informasi yang salah atau menyesatkan. Caranya dengan mencari tahu lebih dalam tentang pengarangnya dan mengecek kebenarannya dari sumber lain. Jadi jangan menelan mentah-mentah semua yang kita dapat dari internet. Carilah informasi dari situs terpercaya yang kredibel. Jika tidak yakin akan kredibiltas situs yang kita temukan, carilah sumber rujukan lainnya supaya infomasi yang kita terima memang benar dan valid.
  5. Sama seperti di kehidupan nyata, hormatilah orang lain. Jika kalian bergabung di dalam mailing list, chat room,grup atau forum diskusi, email dan sebagainya, berpikir ulanglah sebelum menuliskan komentar. Berhati-hatilah juga ketika mengunggah tulisan ke media sosial. Jangan sampai membuat orang lain marah atau menghina orang lain atau menyebarkan gosip yang nantinya akan menjadi bumerang bagi kita sendiri. Pastikan juga segala sesuatu yang kita unggah tidak mengandung unsur SARA, diskriminatif maupun pornografi.
  6. Perhatikanlah penulisan dan tanda baca. Karena berinteraksi di internet adalah dengan menggunakan tulisan, tentu akan sangat rawan menimbulkan kesalahpahaman. Jangan pernah menulis dengan menggunakan huruf kapital atau huruf kecil seluruhnya. Huruf kapital bernada keras, seakan-akan kita berteriak dan marah. Sedangkan huruf kecil seperti orang berisik dan menunjukkan kita nggak bisa menemukan tombol shift. Temukan cara lain untuk memberi tekanan pada kata yang ingin kita tekankan. Misalnya memberi tanda bintang atau garis bawah. Hindari juga menyingkat kata, karena belum tentu orang lain mengerti kata yang kita singkat. Selain itu, sebaiknya baca ulang tulisan atau komentar kita sebelum mengirimkannya. Jangan sampai kita menyesal setelah sudah terlanjur mengirimkan atau mempostingnya.
  7. Tidak melakukan hal-hal yang ilegal. Misalnya seperti mendownload software bajakan atau menerobos situs orang lain (hacking). Hormati juga hak cipta atau karya orang lain dengan cara mencuri atau menjiplak karya dari situs orang lain. Say No to Plagiat pokoknya ya.
  8. Berhati-hati dalam melakukan transaksi online. Banyak sekali kasus penipuan yang terjadi lewat internet. Nah, buat yang belanja online khususnya, harus yakin benar kalau transaksi jual beli lewat internet dengan  pihak yang terpercaya. Jangan sembarang melakukan transaksi online dengan pihak-pihak yang nggak kita ketahui kredibilitasnya. Termasuk juga jangan sembarangan memasukkan informasi tentang kartu kredit.
  9. Gunakan internet untuk melakukan hal yang positif. Misalnya untuk menambah wawasan dan pengetahuan baru atau mencari informasi positif yang bisa mengembangkan potensi diri kita. Kalau pakai internet tapi buat hal-hal negatif, rugi dong kita. Kalau kalian menemukan gambar, link atau situs yang tidak senonoh, lebih baik abaikan saja.
  10. Hapus browsing history. Kalau menggunakan komputer umum atau orang lain, sebaiknya hapus riwayat browsing yang sudah kita lakukan. Tujuannya adalah untuk menghilangkan jejak cookiesform datahistory dan file temporary internet kita. Kita nggak pernah tahu kalau mungkin ada orang yang berniat memanfaatkan browsing history untuk hal tidak baik.

Keberadaan internet bisa berdampak positif, namun di sisi lain juga bisa menimbulkan efek negatif. Semuanya itu tergantung pada bagaimana cara kita menggunakannya. Terlepas dari bagaimana kita memanfaatkan internet, sebaiknya jangan terlalu lama menggunakan komputer. Batasi waktu untuk berinternetan karena kurang baik untuk kesehatan mata kita. Berikan jeda istirahat pada mata misalnya setiap 2 jam sekali. Hal ini juga berlaku jika memakai hp untuk berinternetan. Nah, itu tadi internet sehat versi saya, kalau versi kalian bagaimana?

Advertisements

2 thoughts on “10 Cara Berinternet Sehat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s