Celoteh

Ngeblog, Berceloteh Sesuka Hati

Perhatian…perhatian….Untuk para blogger Indonesia, selamat hari blogger nasional 🙂

Nah, berhubung hari ini hari spesial buat kita-kita para blogger, maka hari ini saya mau cerita neh alasan kenapa saya ngeblog. Hmm…kira-kira menurut kalian kenapa ya? hehehe….Ngomongin alasan kenapa saya ngeblog, sebenarnya saya bingung juga kalau ditanya. Soalnya alasan saya beberapa kali mengalami pergantian haluan sih..*halah* Tapi mari saya coba jabarkan secara singkat dan semoga mudah dimengerti oke? 😀

Saya mulai ngeblog (di blog ini ) sejak 5 tahun lalu, tepatnya tahun 2011. Postingan pertama saya bahkan di bulan Oktober. Awal mula saya ngeblog hmm…bisa dibilang saya butuh tempat curhat saudara-saudara. Tempat saya berceloteh tentang segala macam unek-unek dihati. Ih…emangnya nggak punya teman gitu buat curhat? Kasian amat sampai harus curhat di blog. Bukannya nggak punya teman curhat, tapi terkadang ada hal-hal yang pengin saya curhatkan tapi nggak dapat tempat curhat yang pas. Dengan ngeblog saya sih berharapnya unek-unek tersampaikan tanpa harus gangguin teman. Lalu kenapa nggak nulis di buku diary saja? Saja nggak rajin nulis di buku, apalagi tulisan tangan saya terbilang jelek hehehe…Bedanya curhat di buku diary sama di blog. Kalau di buku pendengarnya ya cuma si buku, tapi kalau di blog berasa ada para pendengar tak terlihat. Meskipun para pendengarnya itu adalah orang-orang tak dikenal yang nyasar mampir ke blog. Bahkan saya kepinginnya jadi kayak semacam ghost writer gitu deh…Biar bebas cerita tanpa orang kenal siapa sosok pelakunya. Jadinya saya pun nulis sesuka hati saja. Semau saya kapan mau nulis dan kapan sempatnya. 

Seiring berjalannya waktu…*ceileeh*, orientasi saya berubah. Maksudnya orientasi saya ngeblog. Gegaranya saya gabung di sebuah forum menulis ngerumpi.com (yang sekarang sudah tiada). Di situ saya berkenalan dengan teman-teman penulis dan blogger lainnya. Dari situ saya mulai mengenal para blogger-blogger kece. Dari mereka lalu saya mulai termotivasi untuk menulis di blog lebih rajin. Senang gitu dapat teman baru dari berbagai latar belakang dengan passion menulis mereka yang saya acungi jempol deh. Pengin jadi seperti mereka yang jago nulis.

Sampai akhirnya, salah seorang dari mereka membuat postingan surat cinta untuk anaknya ketika dewasa nanti. Saya sebenarnya lupa tentang isi postingannya tersebut. Namun yang jelas, dari postingan tersebutlah alasan saya ngeblog kembali berubah atau mungkin bertambah. Apa itu? Saya ingin melalui tulisan-tulisan di blog saya, anak-anak saya nanti bisa lebih mengenal ibunya. Terkecuali blog saya dihapus, bukankah tulisan-tulisan kita akan tetap abadi meskipun si empunya sudah tiada? Jadi, seandainya saya meninggal, anak-anak saya masih bisa mengenal ibunya lewat tulisan-tulisannya. Aiihh….terlalu lebay nggak sih? Padahal saya sendiri juga jarang-jarang posting, bahkan sempat vakum ngeblog lama sekali. Tapi biarlah, sah-sah saja kan? Jadi jangan protes ya… hehehe… :p

Lalu, datanglah petunjuk Tuhan melalui kakak ipar. Dan dari kakak iparlah, bertambah lagi daftar alasan saya ngeblog. Alasannya, tak lain adalah money…money..money... *sambil nyanyi lagunya Jessi J*. Maklum saja, sekarang saya sudah jadi orangtua dan jadi orangtua ternyata biayanya lebih banyak dari perkiraan euy. Jadi kalau misalnya dari ngeblog yang tadinya sekadar hobi saja bisa menghasilkan pundi-pundi, kenapa menolak? hehehe….Sebenarnya sih sudah tahu kalau ngeblog juga bisa menghasilkan. Tapi waktu itu seperti terasa bagai punguk merindukan bulan gitu…Berasa kayak nggak mungkin alias mustahil bagi saya. Berkat kakak iparlah, akhirnya saya mulai mengenal dunia perbloggeran dan bahwa mendapatkan penghasilan dari ngeblog itu bukanlah sesuatu yang mustahil  *peluk kakak ipar*.

Cerita panjang bin lebar di atas adalah alasan utama saya. Sebenarnya masih ada banyak alasan lainnya dan tentunya bonus menyenangkan seperti dapat teman baru hingga pengalaman dan ilmu baru. Tapi next time saja kali ya saya ceritanya. Bagi para blogger lain pastinya juga punya alasan masing-masing yang berbeda-beda. Ada yang ngeblog karena ingin berbagi pengalaman dan ilmu, ada yang ingin menyalurkan hobi, atau mungkin iseng untuk mengisi waktu luang. Apapun alasannya, yang terpenting positif dan tidak merugikan orang lain. Betul, betul, betul?

Nah, kalau kalian sendiri kenapa ngeblog?

Advertisements

39 thoughts on “Ngeblog, Berceloteh Sesuka Hati

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s