Kesehatan

Tips Mengobati Luka Jatuh yang Tepat pada Anak

Semua orang pasti setuju jika usia anak-anak adalah usia dimana sangat riskan terluka. Melihat tingkah anak-anak yang suka bermain apalagi berlarian, hal yang wajar jika mereka menjadi lebih sering terluka. Biasanya mereka mendapatkan luka terutama di area kaki seperti lutut karena terjatuh saat bermain.

Saat anak-anak mengalami luka, mereka pun akan menangis keras dan sering membuat ibu kebingungan untuk mengatasinya. Biasanya orang tua akan memberikan obat luka di area yang terluka. Meski sudah diberikan obat, nyatanya mengaplikasikan obat luka jatuh saja nggak cukup untuk mengatasi luka jatuh pada anak, lho.

Selain menggunakan obat untuk luka jatuh, ibu juga perlu melakukan beberapa tahapan agar nggak terjadi infeksi pada luka si kecil. Berikut ini adalah tips untuk mengobati luka jatuh pada anak yang tepat. Apa saja itu?

1. Menenangkan anak terlebih dahulu

Saat terjatuh apalagi terluka, anak-anak kerap akan menangis. Untuk itu orangtua perlu sigap melihat apakah luka tersebut cukup besar sehingga harus diatasi terlebih dulu atau bisa sembari menenangkan anak. Jika luka nggak parah, maka sebaiknya anak ditenangkan dulu agar proses mengobati luka bisa lebih optimal.

2. Mencuci kedua tangan

Agar tidak terjadi infeksi pada luka terbuka, sebaiknya pastikan kedua tangan kamu sudah bersih sebelum melakukan tindakan pengobatan. Cucilah kedua tangan kamu dengan sabun dan air mengalir.

3. Membersihkan luka

Bersihkan permukaan luka dan kulit di sekitarnya dari kotoran ataupun pasir. Pastikan agar setiap kotoran dari luar sudah nggak ada di bagian luka dan sekitarnya. Kotoran ini dapat menyebabkan infeksi apabila dibiarkan.

4. Aplikasikan antiseptik

Selanjutnya aplikasikan antiseptik di bagian yang terluka untuk mencegah infeksi oleh virus dan bakteri. Sebaiknya pilih antiseptik dengan kandungan povidone iodine dan hindari yang mengandung alkohol.

5. Gunakan perban atau dibuka

Kamu sebaiknya menggunakan perban jika luka terbuka cukup lebar dan bahaya jika dibiarkan terbuka. Sebaliknya, jika luka tidak terlalu lebar dan hanya lecet saja, sebaiknya dibiarkan terbuka agar cepat mengering.

Informasi kesehatan yang akurat dan terpercaya kini semakin mudah diperoleh lewat website wwwdotguesehatdotcom. Kamu bisa mendapatkan informasi gejala vertigo dan cara mengatasi dari gue sehat langsung dimana pun kamu berada. Jika membutuhkan obat-obatan, kamu bisa memesannya langsung lewat website wwwdotgoapotikdotcom yang menjamin semua obat yang dijual tersedia kapanpun karena bekerjasama dengan banyak merchant apotik di tanah air.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s