Kuliner & Dapur

Menyantap Hangatnya Pie Apel di Musim Hujan

Tentunya sekarang sudah pada tahu dong kalau sekarang ini sudah memasuki musim hujan. Kalau hujan datang apalagi saat weekend, rasanya mau pergi kemana-mana juga malas. Lebih enak berdiam diri saja di rumah, menikmati kehangatan di selimut tebal hehehe…. Tapi nggak mungkin juga dong kalau kita hanya tidur terus setiap sepanjang hujan. Meskipun mungkin nggak ada pekerjaan, tapi bosan juga kan. Untuk bisa tetap menikmati weekend meskipun hujan, banyak hal lain yang bisa dilakukan kok. Buat saya sendiri, saat hujan seperti ini yang saya inginkan hanya dua, film bagus dan makanan yang enak. Saya pun browsing resep apa yang kira-kira pas untuk menemani nonton di weekend ini. Tebak, resep apa yang saya temukan? Yup! Pie apel.

Untuk membuat pie apel yang lezat ditentukan oleh dua hal, yaitu tekstur kulit dan pemilihan buah apelnya. Nah, agar kulit pie bertekstur flaky, kita bisa menggunakan pisau pastry saat menghancurkan mentega dan tepungnya. Sedangkan untuk pemilihan buah apel dapat ditentukan sesuai selera. Jika ingin asam manis, pilihlan campuran granny smith dengan apel merah.           

Saya pun mencoba resepnya di rumah, dan ternyata secara nggak disangka resepnya berhasil dengan sempurna.  Jarang-jarang loh saya bisa berhasil membuat masakan pertama kali dengan sempurna. Rasanya pas dan teksturnya pun sesuai dengan yang saya inginkan. Kalau kalian ingin mencoba membuatnya, berikut saya berikan resepnya.

Bahan Kulit:

150 gram tepung terigu

Garam secukupnya

113 gram mentega, potong dan bekukan

60 ml air es

 

Bahan Isi:

120 gram brown sugar

120 gram gula pasir

3 sdm tepung terigu

1 1/2 sdt kayu manis bubuk

1/4 sdt pala bubuk

6 buah apel granny smith ukuran sedang, kupas dan iris tipis

1 sdm perasan air jeruk lemon

1 sdm mentega

 

Tambahan:

Gula pasir

1 butir telur, kocok lepas

 

Cara Membuat:

  1. Campur tepung terigu dan garam menjadi satu. Tambahkan mentega.
  2. Aduk menggunakan pisau pastry hingga teksturnya menjadi seperti pasir. Tambahkan air es dan aduk hingga rata. Bentuk bulat, bungkus dengan plastic wrap dan dinginkan di kulkas selama 20 menit.
  3. Giling adonan dengan ketebalan 0,5 cm dan letakkan kulit pie di atasnya.
  4. Isi: campur semua bahan menjadi satu, lalu taruh dalam pie. Tutup dengan kulit
  5. Olesi permukaan pie dengan telur dan taburi gula pasir.
  6. Panggang dalam oven dengan suhu 190 derajat dan panggang selama 50 – 60 menit.

Setelah Pie apelnya jadi, kita bisa menikmatinya sambil berkumpul bersama dengan keluarga atau orang tercinta. Dinginnya hujan yang turun nggak bakal terasa menyebalkan lagi deh. Tapi kalau kalian tinggal sendiri atau masih menjomblo, nggak perlu khawatir kok. Karena Pie apelnya masih tetap terasa nikmat walaupun dimakan sendiri hehehe… Mau ramai-ramai atau sendiri, Pie apel ini cocok dinikmati sebagai camilan menonton TV saat hujan di luar. Apapun tontonan atau filmnya, saksikan pada TV LED yang memiliki kualitas gambar sempurna. Tenang saja, harga TV LED kini juga sudah banyak yang terjangkau, kok. Jangan lupa untuk mencari tahu harga TV LED terupdatesupaya bisa menyesuaikan dengan budget.

Advertisements

3 thoughts on “Menyantap Hangatnya Pie Apel di Musim Hujan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s