Celoteh

3 Bisnis Rumahan yang Ingin Saya Miliki

Punya bisnis rumahan? Siapa sih yang nggak kepingin? Kalau saya sih jelas kepengin banget. Sebagai ibu rumah tangga saya ingin sekali punya penghasilan sendiri tapi juga tetap bisa ngurus rumah dan anak-anak. Lagian kalau mau jadi wanita berkarir yang kantoran, kayaknya untuk memulai di umur saya sekarang juga hmm…bisa dibilang susah euy. Kalaupun saya bisa kerja kantoran, terus anak mau dikemanain? Nitip sama mertua? Aiih…ya kasianlah kalau jadi babysister, jelas nggak tega. Nitip di daycare atau pakai babysister? Hmm…selain mahal, nggak tenang juga kalau nitipin anak sama orang lain kelamaan. Kalau cuma beberapa hari sih masih okelah, tapi kalau tiap hari, saya nggak tahan. Iya, beneran deh…berhubung saya sudah mengalami tiap hari ketemu sama anak. Selalu bareng sama anak dan selalu tahu perkembangan anak. Kalau disuruh pisah yang pergi ninggalin anak tiap hari dari pagi sampai sore kayaknya saya nggak bakalan kuat. Belum lagi kalau ada kejadian-kejadian yang tak diinginkan. Pokoknya enggak deh. Makanya saya pengin banget punya bisnis rumahan. Bisnis yang bisa saya kerjakan di rumah tanpa meninggalkan keluarga.

But…the problem is…Nggak semudah itu untuk memulai bisnis rumahan. Well, setidaknya itu bagi saya. Dari dulu saya pengin banget mencoba punya bisnis rumahan, tapi sampai sekarang belum terlaksana. Ada banyak alasan dan kendala, dan salah satunya adalah modal. Yup, saya nggak punya uang yang banyak, jadi kalau untuk buka bisnis dengan modal yang banyak, saya belum bisa dan belum berani. Apalagi karena saya juga nggak punya pengalaman jualan. Jujur saja, saya ini nggak pandai kalau buat jualan. Jadi kalau disuruh cari modal dengan hutang saya nggak mau. Kalaupun punya uang sendiri, saya juga belum berani untuk langsung mengeluarkan modal dalam jumlah besar. Saya sadar dirilah dengan kemampuan jualan saya hehehe… Jadi sampai sekarang, bisnis rumahan saya masih hanya sampai tahap mimpi. Ya nggak apa-apa meskipun masih dalam mimpi. Bukankah semuanya juga berawal dari mimpi *alasan*.

Eits, tapi kalau ngomongin bisnis rumahan, kira-kira bisnis apa sih yang saya inginkan? Berikut ini ada beberapa bisnis rumahan impian saya. Ya…kali saja gitu ada yang mau membantu, mungkin mba Wahyu atau Bunsal hehehe… Apa sajakah bisnis rumah impian saya:

  • Bisnis makanan. Bisa berupa katering makanan, kue atau snack atau apapun itu yang berupa makanan. Kenapa bisnis makanan? Ya, selain karena dikerjakan di rumah, membuat makanan bisa sekalian untuk keluarga. Dalam artian, kalau kita punya usaha bikin makanan keluarga juga bisa ikut menikmatinya. Jadi sekalian gitu masak buat orang lain yang bisa menghasilkan uang, sekaligus juga masak buat keluarga. Meskipun saya ini nggak hobi dan nggak  pandai masak, tapi nggak apa juga kan bermimpi hehehe…. Saya suka ngiri kalau lihat teman yang pintar masak atau bikin makanan. Keluarganya pasti senang deh kalau istri atau ibu mereka pintar masak. Sejauh yang saya perhatikan, biasanya mereka yang hobi masak tersebut bakal dapat pesanan dan lama-lama mereka punya usaha katering. Saya sendiri sebenarnya bukan orang pintar masak. Hobi masak juga enggak…hmm, sebenarnya pengin sih coba-coba masak/bikin kue atau makanan apalagi gitu lihat di resep-resep. Tapi karena satu dan banyak hal, saya seringkali nggak bisa melakukannya. Semoga saja nanti seiring dengan berjalan waktu dan Kenzie mulai tambah gede, keinginan dan kemauan untuk masak juga makin bertambah besar. Saya juga pengin jadi jadi ibu yang bisa masakin anak berbagai jenis makanan terutama makaanan kesukaan anak. Targetnya, makanan favorit anak saya ya masakan bikinan ibunya hehehe…
  • Bisnis sewa perlengkapan dan mainan bayi. Nah, kalau ini saya mikirnya sih sekalian memanfaatkan yang ada. Tahu sendiri dong ya, kalau punya anak beli perlengkapan ini dan itu tapi kadang dipakainya nggak seberapa lama. Palingan juga hitungan bulan, paling lama setahun dua tahun saja. Habis itu akan nganggur, kalaupun dipakai juga nunggu anak berikutnya. Dan kalau sudah stop punya anak, bakalan kemungkinan besar bakal dihibahkan ke orang lain atau dijual. Nah, daripada nganggur atau cuma ngendon di gudang, padahal sudah beli mahal-mahal kan mendingan kan di sewakan saja. Bisa membantu orang lain, sekaligus menghasilkan uang. Jadi nanti kalau saya pengin beli barang-barang yang hargany cukup menguras kantong, tinggal bilang ke suami kalau barangnya nanti habis dipakai bisa disewakan hihihi… *modus*.
  • Bisnis pakaian. Kalau yang ini sih, sebenarnya dari dulu pengin gitu jualan pakaian. Tapi keterbatasan modal jadi penghalang utama. Bisa sih jadi dropshipper, tapi untuk menemukan suplier yang tepat itu nggak gampang bagi saya. Mikir-mikir juga, kalau barangnya nggak laku masa iya sih semuanya mau saya pakai sendiri. Belum lagi ukuran baju saya bukan ukuran rata-rata. Masa semua bajunya mau disesuaikan dengan ukuran saya. Tapi kalau nggak gitu, terus kalau bajunya nggak laku gimana? Oleh karena itu, saya kemudian punya pikiran pengin bisa jahit sendiri. Jadi bisa bikin baju sendiri dengan ukuran menyesuaikan order. Selain itu, kemampuan saya pun bisa dipakai untuk saya sendiri dan anggota keluarga. Nggak perlu repot nyari tukang jahit, karena bisa bikin baju sendiri. Ngebayanginnya sih kalau sudah mulai banyak pesanan, orderan bisa dibantu orang lain. Jadi bisa buka lapangan pekerjaan buat orang lain deh. Sayangnya, sampai sekarang saya belum kesampaian juga untuk belajar jahit. Maklum orang sibuk euy hahaha…

So, itu tadi beberapa bisnis rumahan impian saya. Nggak harus semuanya terlaksana, kalau satu aja bisa terlaksana itu juga sudah beryukur. Kenapa saya memilih ketiga bisnis rumahan tersebut? Salah satu alasannya juga adalah saya pengin bisa melakukan pengawasan dan kontrol sendiri terhadap bisnis saya. Bisa mengecek dan mengkontrol kualitas barang yang saya jual. Kalau orang lain yang mengerjakan, belum tentu hasilnya sesuai harapan. Belum lagi kalau ada komplain dari customer. Kalau kita bisa mengerjakan sendiri kan lebih enak. Iya nggak sih? Nah, kalau kalian sendiri, kira-kira apa nih bisnis rumahan impianmu?

Advertisements

3 thoughts on “3 Bisnis Rumahan yang Ingin Saya Miliki

  1. Salam kenal
    Udah ada solusinya Bu?
    Kalo belum/udah..
    Aku pengen kasih peluang usaha yg tepat sperti yg Ibu impikan.
    Mungkin No 1 yg mendekati kali yach!.
    BISNIS MAKANAN
    Bisa dimulai dengan menkreasikan bahan2 dari Food and Bevarages kami seperti:
    – Up Hot Dark Chocolate
    – Up Soya
    – Up Lemon Tea
    Ada bnyak ragam makanan yg bisa dikreasi kan dengan bhan2 trsebut.

    Contohnya soto betawi with Up Soya, Samosa with Up Soya,
    Dll

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s