Beauty

Makeup MAC Palsu

Beberapa waktu lalu saya sempat browsing di salah satu situs olshop. Tertarik beberapa produk kosmetik, salah satunya adalah makeup palette MAC 78 colors yang dijual hanya dengan harga Rp 49.000 dari harga sebelumnya Rp 1.000.000. Wow, menggiurkan sekali bukan? Saya sebagaimana perempuan kebanyakan tentu saja ingin membelinya. Meskipun saya sendiri hanya ber-makeup lengkap  hanya kalau mau party (baca:kondangan) saja.

Hatilah-hatilah dengan produk seperti ini.
Hatilah-hatilah dengan produk seperti ini.

Saya lalu membaca bagian komentar untuk mencari tahu kualitas produk maupun kredibilitas sellernya. Lalu bagaimana reviewnya? Mayoritas bahkan hampir semuanya bilang bagus. Tapi saya nggak langsung percaya. Saya pun jadi penasaran dengan asal usul merk MAC, karena setahu saya itu produk mahal tapi kok sekarang banyak yang jual murah, akhirnya saya kembali googling. Dan hasilnya….ternyata barang tersebut palsu. Padahal saya juga menemukan produk serupa di beberapa olshop lainnya. Bahkan produk dengan merk MAC ini bukan hanya dijual di olshop saja , tapi juga di toko-toko offline.

Saya pernah menemukan produk MAC abal-abal ini di beberapa toko aksesoris di mall Semarang. Buat yang suka mampir ke toko aksesoris, pasti tahu dong kalau sekarang ini mereka nggak cuma jualan aksesoris saja, tapi juga makeup (yang palsu). Silahkan saja kalian cek kalau ke mall. Hmm…pantas saja harganya murah, padahal harga yang asli minimal ratusan ribu. Dan pas kemarin di lotte duty free Changi Airport, saya sempat mengecek harga MAC untuk lipstik atau eyeshadow satuan saja minimal seingat saya S$ 27. Kalau dirupiahkan jelas di atas Rp 250.000. Wew…mahal gila boo! Untungnya kalau pas nge-mall saya nggak pernah saya beli yang abal-abal itu meski sebenarnya tertarik. Habisnya ragu sih. Ironisnya banyak sekali yang membeli produk abal-abal tersebut tanpa mereka sadar bahwa itu palsu. Biasanya sih yang beli anak-anak ABG tuh…

Nah, berikut ada tips untuk membedakan MAC asli dan MAC palsu yang saya dapatkan dari hasil googling :

  1. Kita bisa membedakan kosmetik palsu dan asli dengan membandingkannya dengan yang terdapat di counter asli, atau di webstore MAC cosmetics langsung. Cari tahu juga apakah produk tersebut ada atau tidak. Jika tidak ada maka sudah bisa dipastikan itu palsu.
  2. Eyeshadow dan aplikator MAC dijual terpisah, jadi kalau ada yang beli dalam satu box maka itu palsu.Berlaku juga untuk maskara dan eyeliner. MAC dan brand terkemuka lain tidak pernah menjual maskara dan eyeliner sekaligus dalam satu box. Setahu saya mereka selalu menjualnya terpisah.
  3. Case box MAC mayoritas berwarna hitam dan tentunya dengan logo MAC di atasnya. Warna eyeshadow tidak ada yang terlihat dari luar karena case box utuh dan tidak ada kacanya. Sehingga untuk melihat warna eyeshadow harus membuka cas box terlebih dahulu.
  4. Tutup eyeliner pencil MAC asli berwarna hitam dan terdapat tulisan MAC. Dengan harga yang luar biasa, tentunya MAC tidak akan memberikan konsumennya hanya berupa tutup plastik bening.
  5. Warna-warna MAC yang asli umumnya bright color, sedangkan MAC yang palsu cenderung lebih gelap.
  6. Untuk produk eyeshadow, lipstik dan lipgloss mereka selalu memberikan nama-nama yang eksotis seperti Purple Haze atau Creme de Violet. Bukan hanya sekadar menggunakan kode nomor. Jika seller berkata pemberian nomor untuk memudahkan itu bohong dan jika ditanya kode sebenarnya pasti nggak bisa menjawab.
  7. Produk ASLI keluaran MAC Cosmetics atau brand terkemuka lainnya biasanya berupa eyeshadow satuan saja. Untuk MAC sendiri memiliki 2 palette, 4 palette, 6 palette dan ada juga 9 palette. Untuk yang pro palettes bahkan ada yang 15 dan 30 palette. Namun jika lebih dari 4 palette biasanya adalah itu adalah session palette yang termasuk kategori limited edition dan tidak mudah didapatkan di seller biasa. Bahkan counter-pun terkadang tidak menyediakannya. Jadi kalau ada yang eyeshadow 12-palette, 14-palette, 16-palette atau 20-palette itu adalah palsu. Kalaupun para makeup artis memiliki eyeshadow banyak sekali dalam satu palette, mereka membeli palette kosong dan mengisinya sendiri. Jadi tidak membeli dalam satu set langsung. Untuk lebih jelas silahkan cek di webstore resminya.
  8. Cek apakah barcode antara kemasan dengan kotak sama. Umumnya yang palsu tidak ada barcode di kemasan produk, atau barcodenya berbeda.

Jika menemukan seller yang salah satu produk yang dijualnya adalah palsu, maka tentunya seller tersebut sudah tidak bisa dipercaya. Kemungkinan besar produk-produk lain yang dijualnya juga palsu. Jadi, kalau sekarang akan membeli produk terutama dari olshop, lebih berhati-hatilah. Meski tidak semua olshop menjual barang palsu namun kita harus tetap berhati-hati dan waspada. Jangan sampai kita tergoda dengan iming-iming harga yang murah namun pada akhirnya membahayakan kesehatan kita. Jika tidak yakin bisa mendapatkan yang asli dari olshop, lebih baik belilah di counter resminya yang sudah terjamin keasliannya. Meskipun harganya mahal namun tentulah itu tidak seberapa jika dibandingkan dengan kesehatan kita. Betul begitu?

Advertisements

6 thoughts on “Makeup MAC Palsu

    1. Setahu sy sih palsu. Paling gampang bandingkan harganya. Kalo harga produk MAC asli paling murah aja minimal ratusan ribu, bayangin aja kalo isinya 78 palette berapa duit tuh habisnya. Lebih jelasnya cek sj di web resminya supaya lebih yakin.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s