Celoteh

Malas Ngeblog? Ini Dia Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Setiap orang pasti pernah mengalami masa-masa malas. Sama seperti halnya bagi blogger, pasti juga pernah mengalami rasa malas untuk ngeblog. Terutama bagi blogger part-time seperti saya. Ya, dan gara2 saya malas ngeblog traffic pengunjung jadi turun deh. Sedih nggak sih? Ya sedih dong pastinya.

Makanya saya berusaha untuk selalu bisa update blog sebisa saya. Minimal sebulan sekali. Dan sekarang lagi berusaha biar bisa update postingan baru seminggu sekali. Meski ya kadang meleset. Yang penting niatnya dulu hehehe  

tips ngeblog

Kalau ada yang bertanya, emangnya kamu ngapain saja di rumah? Kan cuma ibu rumah tangga biasa. Well, saya nggak akan bertele-tele ngasih jawabannya, karena alasan utamanya adalah MALAS .

Penyebab Malas Ngeblog

Saya akui saya malas ngeblog. Faktor penyebabnya? Ada banyak faktor, tapi setidaknya ada 3 penyebab utama malas ngeblog. Apa saja itu?

1. Nggak ada waktu. Berhubung saya adalah ibu rumah tangga dengan 3 anak tanpa ART, maka tentunya nggak perlu saya ceritakan panjang kali lebar gimana rempongnya. Apalagi masih ada anak bayi yang ditinggal kamar mandi, bahkan sholat aja nangis. Ngeblog? Saya baru bisa ngadep laptop fokus nulis ya pas anak dah tidur ssmua. Sayangnya, setelah menghadapi drama di rumah seharian dan anak-anak tidur, penginnya sih bisa ngeblog. Apalah daya, seringkali pas ngelonin anak ikutan ketiduran karena kecapekan.
2.  Kehabisan ide menulis. Kadang, ketika sudah di depan laptop siap mengetik tapi nyatanya bingung mau nulis tentang apa. Apakah kamu sering mengalami?
3. Tergoda hal lain. Ketika ada free time, malah tergoda hal lain. Mulai dari scroll sosmed tak berkesudahan, scroll ecommerce yang entah kapan check out-nya., hingga milih nonton drakor yang pilihannya bejibun.

Sebenarnya bisa dikatakan itu adalah tiga alasan utamanya. Alasan lainnya yang terkadang muncul misalnya sepi pengunjung blog. Sudah capek nulis tapi ternyata nggak ada pengunjung yang mampir ke blog. Jadi kayak berasa sia-sia saja gitu usaha selama ini.

Lalu juga kadang nggak ada perangkat memadai. Misalnya laptop dibawa suami, sedangkan saya bukan tipe yang bisa ngeblog dari hape. Apalagi pas zaman masih hape lama yang butuh kesabaran extra tinggi karena sudah perlu dilem biru.

Hmmm, sebenarnya masih banyak 1001 alasan yang bisa dibuat-buat ketika ditanya kenapa nggak ngeblog? Karena pada dasarnya, jika memang niat pasti mau berusaha. Betul dan setuju bukan?

Cara Mengatasi Malas Ngeblog

Lalu, usaha apa yang saya lakukan supaya malas ngeblog nggak berkelanjutan? Demi kelancaran bayar perpanjangan domain, maka saya pun merasa nggak boleh berdiam diri dan terlena dengan godaan bermalas-malasan. Jadi berikut ini adalah beberapa usaha untuk mengatasi malas ngeblog.

1. Membagi waktu menulis. Inginnya sih bisa sekali duduk tulisan langsung selesai. Sayangnya, bagi Saya itu bukan hal mudah mengingat kesibukan yang ada. Untuk mengakalinya, Saya pun membagi menjadi beberapa waktu alias mencicil. Jika satu tulisan butuh waktu 3 jam, saya bagi saja menjadi 3 waktu. Misal satu jam pagi hari, satu jam siang hari dan sisanya malam hari.
2. Mencari inspirasi dari sosmed, buku atau majalah hingga sekitar. Kalau bingung ide menulis kadang suka cari inspirasi dari sosmed. Entah dari IG, twitter hingga YouTube. Dan sebaiknya catat ide tersebut biar punya bank ide. Kadang menemukan banyak ide menulis, tapi ya gitu lagi-lagi untuk memulainya berat cuy. 
3. Just do it. Sudah menemukan ide tapi bingung mulai dari mana? Kalau sudah begitu, just do it saja. Tulis semua yang muncul di kepala. Yang penting mau memulainya. Nggak usah peduliin tentang kerapian tulisan, gaya bahasa dll. Nanti kalau sudah selesai baru deh di edit lagi dan disempurnakan.

penyebab malas ngeblog

4. Matikan sosmed. Biar nggak tergoda buka sosmed, kalau perlu kamu matikan sosmed-mu. Jangan buka WA atau telegram dan aplikasi pesan lainnya yang berpotensi mengganggu. Alasannya ngecek grup takut  ketinggalan info penting, eh nyatanya malah hahahihi sama member di grup sampai lupa waktu. Makanya ada baiknya nggak buka sosmed dkk. Pokoknya biar fokus ngeblog gitu.
5. Ingat tujuan kamu ngeblog. Biasanya sih ini cukup ampuh untuk memotivasi semangat biar tetap membara. Apakah untuk berbagi melalui tulisan? Melatih kemampuan menulis? Atau mendapatkan cuan dari ngeblog? Bayangkan berapa banyak pahala yang bisa kamu dapat dari menulis blog jika tulisanmu bermanfaat bagi banyak orang. Bayangkan berapa banyak cuan yang bisa kamu dulang dari tulisan blogmu hehehe….
6. Gabung komunitas blogger. Salah satunya adalah komunitas blogger Gandjel Rel. Kenapa?  Dengan gabung komunitas blogger, maka ada teman untuk saling mengingatkan. Jadi saling memberi semangat ketika ada yang sedang malas. Semangat ngeblog jadi tetap terjaga deh.

Nah, itu tadi beberapa penyebab dan cara mengatasi malas ngeblog. Kalau kamu bagaimana? Punya tips and trick biar rajin ngeblog nggak nih?

Satu tanggapan untuk “Malas Ngeblog? Ini Dia Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s