Event & Review

ASUS Vivobook Ultra A412: Laptop Ideal Partner Kerja Mobile

judul asus oke

Pucuk di cinta ulam tiba, mungkin begitulah istilah yang pas untuk menggambarkan kondisi saya. Karena disaat saya sedang galau untuk memilih laptop yang ingin saya beli, saya mendapat pencerahan. Ya, saya beruntung bisa menjadi salah satu peserta gathering ASUS yang diadakan Sabtu (28/9) kemarin di Hotel Aston, Semarang. Because finally, saya menemukan laptop yang saya inginkan. Sama seperti sebelumya, saya jatuh cinta dengan laptop ASUS yang diperkenalkan saat gathering kemarin.

Tapi perlu kamu tahu dulu nih, ASUS memiliki banyak seri laptop. Mulai dari yang diperuntukkan untuk gaming seperti ROG dan TUF, ZenBook untuk para content creator. Lalu, ada ASUSPro untuk pebisnis, hingga laptop multimedia VivoBook di segmen mainstream. Wah, varian laptop ASUS komplit banget ya!

IMG_20190928_105555-01.jpeg

Nah, saat gathering ASUS tersebut, saya kesengsem dengan laptop ASUS di segmen mainstream yaitu seri Vivobook Ultra A412. Setelah mencobanya secara langsung, ada beberapa hal yang bikin saya jatuh cinta dengan ASUS Vivobook A412. Apa saja itu? Simak penjelasan saya di bawah ini.

Layar NanoEdge Display

Pertama kali melihat Vivobook Ultra A412, yang langsung terlintas dibenak saya adalah ramping dan mungil. Bayangin saja, mengusung layar 14 inch, bodi Vivobook Ultra A412 ini dimensinya hanya berukuran panjang 32 cm dan lebar 21 cm. Sekilas terlihat seperti laptop berlayar 13 inch. Sementara, untuk ketebalannya berada di 1,9 cm dengan bobotnya 1,5 kg. Dengan desain dan bobot yang dimilikinya, Vivobook ultra A412 bisa dengan mudah dibawa bepergian. Apalagi bagi emak-emak seperti saya yang sering pergi membawa anak batita, tentunya sangat memudahkan. Menggendong anak sambil memegang laptop? Bukan hal memberatkan lagi. 

IMG_20190928_125013_642.jpg

Ini lantaran ASUS VivoBook Ultra A412 sudah mengusung teknologi NanoEdge Display dengan screen-to-body ratio 87 persen. Di mana bezel samping layarnya cukup tipis hanya 5,7 mm sehingga dimensi body-nya dapat diperkecil. Adanya NanoEdge Display ini membuat tampilan layarnya menjadi lebih lega. Karena biasanya laptop dengan ukuran mungil terasa kurang nyaman. Tapi itu nggak ditemukan pada laptop Vivobook Ultra A412. Meskipun bezel tipis, laptop ini masih memiliki webcam di bagian atasnya, lho. Wow!

IMG_20190928_122156-01.jpeg

Layar Full HD

Di sisi lain, layar laptop Vivobook Ultra A412 ini menggunakan layar LCD dengan LED (Light Emiting Diode) backlight. Memiliki resolusi full HD 1920 x 1080 pixel, menjadikan layar Vivobook Ultra A412 bisa menampilkan warna yang cemerlang dan tajam. Selain itu, layarnya juga memiliki ASUS Eyecare protection, supaya mata nggak cepat lelah saat menatap layar dalam waktu lama. Serta sudah memiliki anti-glare.

IMG_20190928_135545-02.jpeg

ErgoLift Desain

Keunggulan lainnya dari ASUS Vivobook Ultra A412 ini yaitu adanya fitur ErgoLift Design. Ini adalah mekanisme khusus yang membuat bagian bodi utama yakni yang terdapat keyboard akan terangkat dan membentuk sudut dua derajat. Ketika dalam posisi ini, membuat saya lebih nyaman saat mengetik.

IMG_20190928_140749-01.jpeg

Adanya ErgoLift Design ini juga membuat sistem pendingin di VivoBook Ultra A412 dapat bekerja lebih optimal. Pasalnya, saat digunakan maka bodinya akan sedikit terangkat sehingga membentuk rongga yang dapat memperlancar sirkulasi udara pada sistem pendinginan. Dengan sistem pendingin yang lebih baik, tentu hardware di dalam laptop dapat bekerja lebih optimal.

Keyboard dengan LED Backlit

Memiliki desain yang terbilang inovatif, saat menggunakan keyboard ASUS Vivobook Ultra A412 juga terasa nyaman. Tombol keyboard-nya terasa empuk saat digunakan. Memiliki key travel sejauh 1,3 mm, posisi tombol keyboard terasa pas. Jarak antar tombol di keyboard-nya nggak terlalu rapat dan nggak terlalu jauh.

Yang cukup menarik, keyboard Vivobook Ultra A412 ini menggunakan dilengkapi dengan LED backlit. Sehingga memungkinkan untuk tetap bisa mengetik dengan nyaman meski dalam kondisi gelap. Jadi kalau lagi deadline tengah malam lalu tiba-tiba mati lampu, nggak perlu khawatir susah nulis karena gelap. Asyik bukan?

IMG_20190928_140712-01.jpeg

Fingerprint Sensor

Bagian touchpad-nya juga nyaman saat mengendalikan kursor. Di rancang dengan area  yang terbilang luas, touchpad VivoBook Ultra A412 memiliki kinerja yang responsif.  Asyiknya, touchpad ASUS Vivobook Ultra A412 ini memiliki fitur fingerprint sensor yang berada di bagian atas touchpad.

IMG_20190928_140642-01.jpeg

Lebih canggihnya lagi, fingerprint sensor Vivobook Ultra A412 sudah terintegrasi dengan Windows Hello. Jadi, kamu nggak perlu lagi mengetikkan password saat mau login ke dalam akun Windows 10 di VivoBook Ultra A412. Menjadikan membuka kunci laptop semudah kamu membuka kunci layar smartphone. Selain lebih praktis, fitur fingerprint sensor juga membuat Vivobook Ultra A412 menjadi lebih aman.

hello

Konektivitas

Untuk konektivitasnya, Vivobook Ultra A412 memiliki port yang terbilang cukup lengkap. Ada beragam port yang bisa kamu koneksikan dengan berbagai macam perangkat dan aksesoris tambahan. Mulai dari USB 3.1 (Gen1) Type-C, 1x USB 3.1 (Gen1) Type-A, USB 2.0 Type-A, HDMI, audio jack, dan MicroSD card reader.

konektivitas vivobook Ultra A412

Sedangkan untuk pilihan konektivitas nirkabel, Vivobook Ultra A412 ini juga dilengkapi dengan koneksi WiFi dual-band 802.11ac (2×2) dan juga koneksi bluetooth 4.2 yang membuatmu lebih leluasa menghubungkan berbagai aksesoris nirkabel. Cukup lengkap bukan?

Performa Powerfull

Memiliki desain yang stylish dan inovatif, dapur pacu Vivibook Ultra A412 nggak kalah oke dengan tampilannya. Meski berbodi ramping dan mungil, Vivobook Ultra A412 tetap mengedepankan performa. Mumpuni banget buat bekerja dan bermain.

Ditenagai prosesor intel Core generasi ke-8, ASUS menyediakan beberapa pilihan konfigurasi. Sama-sama memiliki SSD 512 GB, untuk varian terendah, Vivobook Ultra A412 ini menggunakan Intel Core i3-8145U. Sedangkan untuk varian tertingginya menggunakan Intel Core i7-8565U yang mampu menghadirkan kecepatan pemrosesan hingga 4,6GHz pada konfigurasi 4 core dan 8 thread. Tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget saja.

IMG_20190928_105922-01.jpeg

Lalu dari segi grafis, beberapa varian Vivobook Ultra A412 ini menggunakan chip grafis NVIDIA GeForce MX250, dengan VRAM sebesar 2 GB. Dengan chipset grafis tersebut, Vivobook Ultra A412 mampu menjalankan aplikasi yang cukup berat seperti mengedit foto hingga mengedit video dengan lancar. Cocok nih buat kamu para vlogger dan pekerja kreatif lainnya.

Warna

Di desain dengan tampilan yang elegan dan stylish, terdapat beberapa pilihan warna yang dihadirkan Vivobook Ultra A412. Warna yang tersedia yaitu tranparent silver, slate grey, peacock blue dan coral crush (merah). Menurut saya, kombinasi warna tersebut menjadi daya tarik tersendiri. Menjadikan ASUS Vivobook Ultra A412 tampil  berbeda dibandingkan laptop lainnya yang biasanya memiliki warna monoton. Dengan ASUS Vivobook Ultra A412, membuat kamu yang berjiwa aktif dan dinamis makin terlihat kece dengan laptop kesayangan.

vivobook ultra A412

Nah, itu tadi beberapa kelebihan dari ASUS Vivobook Ultra A412 yang bikin saya langsung jatuh hati. Sekarang kamu bisa bayangin dong, gimana asyiknya bawa Vivobook Ultra A412. Ideal banget nih buat dijadikan sebagai partner untuk bekerja secara mobile atau bahkan traveling. Sangat pas sekali digunakan bagi generasi muda yang kreatif dan dinamis.

Soal harga, ASUS Vivobook Ultra A412 dibanderol mulai harga Rp 6.599.000 saja. Dengan harga dan kualitas yang ditawarkan, terbilang worth it. So, kamu pilih yang warna apa?

Spek ASUS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s