Keuangan

Syarat Memperoleh Bantuan Dari Venture Capital

uang investasiDunia bisnis kini sudah maju dan berkembang seiring dengan berkembangnya teknologi. Hal ini dapat kita lihat dari semakin banyak pula bermunculan pebisnis-pebisnis baru yang mempunyai konsep usaha yang menjanjikan dan patut diperhitungkan. Sebagai orang baru yang menggeluti dunia bisnis atau lebih dikenal sebagai start up, seringkali modal menjadi permasalahan utama untuk mengembangkan usaha. Sehingga nggak adanya dana menjadi masalah untuk memulai bisnis tersebut. Nah, untuk memecahkan solusi tersebut, para startup kini bisa meminta bantuan modal dari venture capital sebagai langkah pengembangan usaha.

Apa itu venture capital? Nah, buat yang belum tahu, Venture Capital (VC) adalah modal dalam bentuk uang yang diberikan kepada start up yang potensial dan sedang berkembang. Mereka yang menjalankan aktivitas manajemen dan administrasi pendanaan, penyaluran, serta pengawasan VC ini biasa disebut Venture Capital fund atau Venture Capitalist. Jadi venture capital adalah uangnya, dan Venture Capitalist adalah mereka yang menjalankan bisnisnya.

Memang sih, venture capital ini bisa dibilang tergolong baru dan mungkin belum banyak yang mengetahuinya. Saya sendiri baru tahu tentang venture capital sekitar 1-2 tahun lalu, saat suami mencoba mengajukan bantuan dana ke salah satu venture capital. Meskipun, sayangnya pada saat itu pengajuan dana suami di tolak hehehe….

Eits, tapi buat kamu pebisnis yang ingin mengajukan bantuan dana ke venture capital, nggak perlu takut untuk mengajukan bantuan ke venture capital. Asal memenuhi kriteria dari venture capitalist, kamu pasti bisa mendapatkan bantuan dana. So, kira-kira apa saja nih syarat untuk mengajukan bantuan dana pada Venture Capital? Yuk, langsung saja simak penjelasan di bawah ini.

Syarat Pengajuan Bantuan Kepada Venture Capital

Jika usaha mendapatkan bantuan dari venture capital berhasil, maka pebisnis baru bisa mendapat suntikan dana segar. Dana tersebut lebih disebut investasi jangka panjang dari modal ventura. Tempo pinjamannya nantinya  bisa disesuaikan dengan kemampuan yang dibuat sesuai dengan kesepakatan di awal. Hanya saja butuh proses yang cukup lama untuk memperoleh modal. Oleh karena itu, para startup harus memenuhi persyaratan dan mengikuti setiap langkah yang wajib diikuti. Nah, untuk mendapatkan pinjaman tersebut, para startup harus melakukan beberapa hal sebagai berikut.

  1. Mengajukan Rencana Bisnis

proposal bisnis

Langkah pertama untuk mendapat pinjaman modal adalah mengajukan rencana bisnis dengan cara melakukan pendekatan dengan modal ventura yang diinginkan. Kamu harus membuat proposal mengenai rencana bisnis. Proposal harus berisi deskripsi dan potensi bisnis, latar belakang tim yang bekerja, persaingan bisnis berikut solusi yang ditawarkan, dan detail keuangan. Jika rancangan usaha diterima pihak modal ventura maka akan dilakukan diskusi intern untuk menentukan langkah berikutnya. Proses ini membutuhkan tempo yang cukup bisa lebih dari satu minggu. Ini lantaran pihak modal ventura harus memikirkan peluang bisnis yang ditawarkan oleh startup.

  1. Perkenalan atau Pertemuan

startup meetingJika startup mempunyai potensi bisnis yang menjanjikan dan sesuai dengan venture capital maka nantinya pihak ventura akan meminta untuk melakukan diskusi. Pihak modal ventura ingin lebih mengetahui lebih detail mengenai usaha yang dilakukan. Pertama diskusi dilakukan via telepon. Jika sesuai maka diskusi lanjutan dengan pertemuan secara langsung untuk lebih dalam lagi. Pada tahap ini, kamu harus bisa meyakinkan pihak pemodal supaya mau memberikan bantuan. Kalau diberikan pertanyaan, jawablah pertanyaan tersebut dengan jawaban yang meyakinkan jangan menggantung. Disitulah kunci awal mendapatkan modal awal.

  1. Due Diligence

evaluasi bisnisDue diligence merupakan langkah awal dari proses pengujian proposal. Startup pasti sibuk sekali untuk melakukan wawancara, evaluasi bisnis, penyempurnaan produk, dan pertukaran informasi selama proses. Due diligence biasanya dilakukan selama 2 hingga 3 bulan. Tergantung proposal awal yang diajukan. Selama proses ini, kamu pasti banyak sekali menerima e-mail dan telepon untuk menyelesaikan proses. Maka dari itu, selama proses tersebut, para startup diharuskan mempunyai mental baja karena proses ini bakal menguras tenaga, waktu, dan pikiran untuk meyakinkan investor.

  1. Penandatanganan Perjanjian Dan Investasi

Kerjasama bisnis

Apabila proposal yang diajukan lolos pada tahapan due diligence maka berarti kamu dinyatakan layak untuk menerima investasi venture capital. Pada tahapan ini, pihak startup dan investor akan melakukan perjanjian sekaligus menyelesaikan administrasi yang dibutuhkan dan legalitas. Jika surat perjanjian sudah ditandatangani oleh kedua belah pihak, maka investor langsung memberikan dana dengan mentransfer ke rekening perusahaan milik kamu. Kemudian, kamu pun sudah bisa memulai berbisnis karena dana yang dibutuhkan untuk memulai dan mengembangkan usaha sudah ada di tangan.

So, buat kamu calon pengusaha, jangan pernah ragu lagi untuk memulai sebuah usaha karena kini kamu bisa mengajukan proposal kepada venture capitalist. Salah satu modal ventura yang bisa membantu permasalahan investasi tersebut adalah convergencevc.com. Kamu bisa langsung membuka website resminya untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya.

 

 

 

Advertisements

52 thoughts on “Syarat Memperoleh Bantuan Dari Venture Capital

  1. Era digital begini, memang semua pihak dituntut untuk mengikuti perkembangan ya, termasuk pemberian modal buat para start up.
    Tahapannya standard ya, hanya mungkin modal diberikan pada Start Up yang benar-benar layak ketika disurvei ya

    Like

    1. Yup, bener banget. Penilaian layak atau nggaknya bisa menerima modal bisa dibilang cukup ketat. Karena VC kan sebagai penanam modal jadi tentunya nggak mau asal kasih modal ke usaha /startup baru. Kalau salah bisa-bisa rugi.

      Like

  2. Wah baru tahu aku Mbak. Ternyata bisa ya mengajukan proposal ke Venture Capital. Jadi tidak melulu mengandalkan KUR dari bank-bank tertentu. Semoga ke depan semakin banyak pengusaha ya.

    Like

  3. Halo mba. Bantuan seperti ini penting banget buat orang yang ingin berusaha seperti aku deh. Aku coba ah mengajukan proposal bisnis di venture capital 🙂

    Like

  4. Pengajuan nominal modalnya ada batasannya kah, Alley? Aku udah lama tahu tentang venture capital, tapi belum pernah mengajukan kredit modal di sana. Bisa jadi rekomendasi buat anak muda sekarang yang mulai usaha startup ya

    Like

  5. Wah, aku baru tahu ada yang namanya Venture Capital. Bagus ya programnya. Ikut support start up untuk berkembang. Dan memang bener, start up perlu banget yang namanya modal. Secara gitu ya, kalo ngajuin ke bank, pasti bakal susah. Belom kelihatan untung2. Dan syaratnya pun ribet ke bank mah.

    Like

    1. Setahu saya nggak pakai bunga, tapi bagi hasil dalam jangka waktu tertentu. Makanya nanti pihak VC lihat dari proposal bisnisnya kyk gimana. Kalau menurut mereka oke dan bisa berhasil mereka mau kasih bantuan modal. Jadi seleksinya emang cukup ketat saya bilang. Karena kalau mereka salah pilih kan mereka juga rugi.

      Like

  6. Venture Capital ini khusus membiayai start up2 gtu ya mbak atau pengusaha macam UMKM gtu jga bisa meminta bantuan modal dr mereka? Enak ya jd gak perlu pusing mikirin modal awal.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s