Celoteh

Keuntungan Memesan Tiket Kereta Api Online

Semenjak lebaran kemarin, saya belum sempat pulang mudik ke Purwokerto lagi. Sebenarnya sudah pengin mudik dari kemarin-kemarin, tapi apalah daya saya dan suami masih punya kesibukan yang nggak bisa ditinggal. Biasanya kalau mudik ke Purwokerto saya lebih memilih naik kereta api, dibandingkan naik mobil atau bis. Soalnya lebih nyaman naik kereta api, apalagi kalau bawa anak. Kereta api juga sudah menjadi favorit saya semenjak dahulu. Pas zaman sebelum ada kereta Semarang-Purwokerto, saya biasanya naik travel. Pernah sih naik bis satu kali, tapi habis itu kapok karena saya mabuk perjalanan dan efeknya hingga berhari-hari. Berbanding terbalik dengan kereta api yang menjadi alat transportasi favorit, bis menjadi alat transportasi yang paling saya hindari.

Ngomongin soal kereta api saya biasanya memesan tiket KAI melaui online travel agent (OTA). Secara gitu loh, teknologi makin canggih. Sudah bukan zamannya lagi, kalau mau bepergian direpotkan oleh hal-hal yang rumit. Kehadiran OTA tentunya sangat mempermudah kita dalam merencanakan perjalanan. Kita bisa memesan tiket secara online. Aplikasinya juga bisa kita unduh ke smartphone kita. Jadi kita bisa semakin mudah untuk melakukan pemesanan online, apalagi buat orang yang super sibuk.  Nah, berikut ini ada beberapa keuntungan kalau kita pesan tiket KAI online lewat OTA:

  1. Bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Tentunya dengan syarat utama terhubung dengan internet. Meskipun kita sedang sibuk kita tetap bisa melakukan pemesanan. Bisa melakukan pemesanan hari apa saja dan jam berapa saja. Nggak kenal hari libur atau tutup. Jam berapapun, bahkan di tengah malam atau dini hari kita bisa melakukan booking. Jadi layanannya 24 jam selama 7 hari non stop. Tentunya ini berbeda kalau kita pesan tiket langsung ke stasiun. Kita hanya bisa datang ke stasiun untuk memesan tiket hanya di hari dan jam tertentu saja.
  2. Hemat. Yup, nggak cuma hemat waktu dan tenaga saja, tapi juga biaya. Kenyamanan untuk bisa memesan lewat online membuat kita terhindar dari kerepotan dan kewajiban untuk datang langsung memesan. Jadi lebih praktis bukan? Bayangkan saya kalau kita harus datang langsung ke stasiun. Kita harus menyediakan waktu, ongkos dan tenaga untuk perjalanan PP ke stasiun. Belum lagi kalau masih harus mengantri dan bertemu calo. Percaya deh, mengantri tiket KAI apalagi pas musim liburan atau mudik, itu bukanlah sesuatu yang menyenangkan. Namun dengan memesan tiket KAI online, kita bisa menghindari semua itu.  Yang perlu kita lakukan, cukup memesan online lewat komputer atau aplikasinya di smartphone.
  3. Memilih tiket lebih mudah. Kalau kita memesan tiket KAI melalui OTA, kita bisa lebih leluasa memilih tiket. Mau naik kereta api yang mana, yang harga berapa hingga jam berapa. Mau beli berapa banyak, kita tinggal klik saja dan nanti di atur sistem. Kita juga bisa mengecek ketersediaan kursi dan bebas memilih tempat duduk yang kita inginkan. Tentunya kalau kita memesan langsung ke stasiun, kita tidak bisa sebebas itu. Lebih nggak enak lagi kalau sudah bela-belain datang ke stasiun, tapi ternyata tiket yang kita mau sudah habis.
  4. Banyak promo. Kalau kita pesan lewat OTA, biasanya suka ada promo potongan harga tuh. Lumayan loh bisa buat menghemat. Apalagi kalau kita pesannya dalam jumlah banyak. Sisa uangnya bisa kita gunakan untuk yang lain. Kalau kalian sering bepergian atau traveling naik kereta api, saya sarankan untuk berlangganan news letter dari OTA.  Karena isinya biasanya penawaran promo dari mereka. Kalaupun kalian sedang nggak butuh, kalian bisa membagikannya ke saudara atau teman. Siapa tahu ada yang lagi membutuhkan.
  5. Bisa membandingkan harga. Membeli tiket KAI secara online juga memungkinkan kita untuk membadingkan harga tiket antar OTA. Kita bisa memilih harga yang paling sesuai dengan kebutuhan. Tapi kalau harga tiket masih terasa mahal, kita bisa mengunjungi situs resmi PT. KAI dan bisa lebih leluasa membandingkan harga.
  6. Pembayaran yang mudah. Kita nggak perlu repot-repot melakukan pembayaran secara tunai. Mungkin kalau kita hanya pesan tiketnya untuk satu atau dua orang saja, apalagi untuk sekali pergi nggak repot. Tapi kalau kita pesannya untuk banyak orang, misalnya satu keluarga dan untuk beberapa kali pergi, tentunya cukup merepotkan kalau harus bayar tunai. Adanya sistem pemesanan secara online ini juga memudahkan kita saat akan melakukan pembayaran. Banyak cara pembayaran yang bisa dipilih, tergantung dari kebijakan masing-masing OTA. Tapi biasanya setidaknya kita bisa melakukan pembayaran melalui ATM, transfer bank, ataupun membayar melalui aplikasi internet banking yang lebih praktis dan mudah.

Nah, itu tadi beberapa keuntungan yang bisa kita peroleh jika memesan tiket KAI online. Makanya nggak mengherankan kalau saat ini banyak orang lebih memilih memanfaatkan jasa OTA untuk merencakan perjalan. Saya sendiri juga sudah berkali-kali memanfaatkannya. Sekarang kalau mau pesan tiket KAI lebih mudah dan menyenangkan. Apalagi kalau kita bisa mendapatkannya dengan harga terjangkau dan lebih murah. Selain itu kita juga bisa melakukannya sendiri dan nggak perlu merepotkan orang lain. Kalau menurut kalian bagaimana?

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s