Tak Terdefinisi

7 Tips Menghindari Stres

196hMendengar kata “stress” pasti kalian akan langsung berpikiran negatif. Padahal nggak semuanya loh stres itu sifatnya negatif. Terkadang stres  juga kita butuhkan untuk merangsang kreativitas, tapi tentu saja jika kita bisa menyiasatinya. Gimana caranya? Nah, dibawah ini ada beberapa tips agar terhindar dari serangan stres:

  1. Fokus. Terlalu banyak mengerjakan banyak hal dalam satu waktu, akibatnya hasil pekerjaan kita tak akan maksimal.Lebih parahnya lagi tidak ada satupun yang berhasil dan itu justru akan membuat kita jadi lebih stres. Jadi, lebih baik fokus terhadap satu pekerjaan terlebih dahulu, setelah selesai baru mengerjakan yang lainnya.
  1. Tidur cukup. Jangan sering begadang karena ternyata kurang tidur merupakan salah satu penyebab terbesar seseorang terjangkit stres. Sekali-kali boleh begadang, asal untuk hal yang postif dan tidak keseringan. Keseringan melanggar jatah waktu  istirahat pasti tubuh kita akan “berontak”. Akibatnya waktu pagi hari wajah kita terlihat kurang fresh, kantung mata menggantung, stamina pun kurang bugar. Tidur yang cukup, akan  ikut membantu mengurangi tingkat ketegangan atau  stres tubuh.
  1. Olahraga cukup. Berolahraga membuat kita lebih sehat, pikiran lebih fresh dan tidur lebih pulas selain tentunya lemak di tubuh menyingkir. Biar lebih seru dan bersemangat ajak teman buat olahraga bareng. Mulai dulu dengan olahraga kecil seperti jalan-jalan, lari pagi, atau naik sepeda keliling sekitar lingkungan rumah.
  1. Makan teratur Selain maag kita kambuh, telat makan juga bisa meningkatkan potensi stress. Nah, biasanya ini terjadi kalau  kita lagi dikejar deadline tugas atau keasyikan ngerjain sesuatu sampai lupa makan. Jadi kalau  ada yang pas stress melampiaskan dengan makanan, sebenarnya itu wajar, asal jangan keterusan kalau tidak mau body tumbuh kesamping.
  1. Musik. Mendengarkan musik bisa mengurangi ketegangan tubuh dan membuat tubuh kita merasa lebih enteng. Pilih lagu-lagu kesukaan. Cobalah dan biarkan tubuh kita bergoyang mengikuti irama musik, dendangkan juga syair lagunya biar makin menghayati hehehe…
  1. Liburan Jenuh dengan aktivitas sehari-hari yang monoton? Berliburlah bersama dengan orang-orang yang kita sayangi. Sejenak terbebas dari rutinitas yang membelenggu, mungkin perlu kita lakukan untuk me-refresh otak kita.
  1. HobiTak ada salahnya mengerjakan hobi untuk meredakan ketegangan. Jika ada yang hobi membaca, segera ambil novel terbaru , baca sambil diiringi lagu kesukaan tentunya akan lebih asyik.

Nah itu tadi ada beberapa  cara mengantisipasi stress yang bisa kalian praktekkan. Namun, sebenarnya cara paling ampuh yaitu dengan mendekatkan diri pada-Nya dan bersyukur atas segala limpahan nikmat-Nya. Karena pada intinya, kunci mengatasi stres  itu adalah terciptanya keseimbangan. Jadi, jangan terlalu fokus berlebihan pada sesuatu sampai akhirnya kita lupa hal lainnya.  Kalau ada yang punya tips lainnya boleh dong berbagi cerita 🙂

Advertisements

3 thoughts on “7 Tips Menghindari Stres

  1. Wah, poin yang terakhir sering kupraktekin nih, saat pusing dan banyak pikiran aku biasanya berbaring, pasang headset terus dengerin lagu favorit atau Instrumental, terbukti ampuh buat meredakan over thinking ku 😀

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s