Celoteh

Tanpa Batas Ruang dan Waktu

Siapa yang nggak kenal sama yang namanya radio? Dijamin, hampir semua orang di dunia ini nggak ada yang nggak kenal sama alat komunikasi yang banyak diklaim oleh sejumlah penemu ini, termasuk diri kita sendiri.

Meskipun zaman berubah, teknologi yang semakin canggih, membuat radio selalu bisa eksis. Mulai dari zaman dulu ketika radio masih berukuran besar hingga sekarang berukuran mini. Bahkan, kini radio nggak hanya bisa didengarkan lewat pesawat radio saja, tapi juga di internet melalui siaran online streaming lho. Jadi nggak usah heran, kalau mendengarkan radio streaming, para pendengar yang me-request lagu nggak hanya dari satu wilayah kota aja, tapi bisa dari berbagai penjuru dunia. Kita pun juga bisa mendengarkan siaran radio luar negeri. Wow, keren!
Yup, rahasianya memang terletak pada teknologi radio streaming (dikenal juga sebagai web radio, radio internet dan e-radio), yang memungkinkan orang mendengarkan siaran radio melalui internet. Artinya, dimanapun berada asal bisa mengakses internet, siaran radio bisa didengarkan di lokasi tersebut. Kini, hampir semua radio di kota-kota besar sudah bisa didengar secara live di internet. Melalui radio streaming, sobat punya lebih banyak pilihan stasiun radio. Nggak hanya radio di Indonesia, tapi juga radio seperti BBC London, VOA di Amerika hingga radio Garuda di Suriname. Wah, kemajuan teknologi informasi memang mengagumkan.

Hmm, so pasti penasaran dong, cara kerja  radio streaming itu kayak gimana sih? Jika radio konvensional bekerja dengan menggunakan transmisi sinyal analog, radio internet bekerja dengan cara mentransmisikan gelombang suara lewat internet. Prinsip kerjanya hampir sama dengan radio konvensional yang gelombang pendek (short wave), yaitu dengan menggunakan medium streaming berupa gelombang yang kontinyu.

Nah, sistem kerja inilah yang kemudian memungkinkan siaran radio terdengar ke seluruh dunia, asalkan pendengar memiliki perangkat internet. So, wajar saja kalau banyak kaum ekspatriat yang menggunakan radio internet untuk mengobanti rasa kangen pada negara asalnya. Cara mendengarkannya pun beragam, ada yang langsung bisa didengarkan melalui website ataupun harus dengan bantuan software seperti windows media player, real player, winamp player, screamer dan lain lain. Perbedaan tersebut dikarenakan format streaming yang berbeda.

Eits, nggak cuma itu aja lho. Hebatnya lagi, radio streaming sebenarnya bisa juga dibuat oleh ‘semuaorang’. Sehingga, permasalahan frekuensi radio yang sudah tidak tersedia lagi di beberapa kota besar, bisa diatasi dengan teknologi ini. Kemajuan teknologi informasi alhasil membuat masyarakat dunia bisa berinteraksi dalam waktu bersamaan, alias tanpa dibatasi ruang, waktu dan wilayah.

Wah, dengan adanya radio streaming, antara Spanyol dan Solo pun seperti sudah tetanggaan aja dong. Bukan mustahil sama-sama bisa mendengarkan dan berdendang…”nang stasiun Balapan…..” hehehe….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s