Fashion & Beauty

Panduan Memilih Anting Untuk Telinga Yang Sensitif

Pernahkah kamu memakai anting, anting emas misalnya, dan telingamu jadi merah atau iritasi? Jika iya, kamu mungkin punya alergi terhadap logam tertentu.

Bagi orang dengan alergi kulit, memang bisa sulit menemukan anting terbaik untuk telinganya yang sensitif. Berikut beberapa tips dan trik cara menemukan anting terbaik untuk telinga sensitif.

memilih anting untuk telinga sensitif

Mengapa Telingamu Sangat Sensitif?

Jika telingamu menjadi merah dan gatal saat memakai anting, kemungkinan besar kamu alergi logam yang terkandung pada anting. Alergi logam yang paling umum dialami orang adalah nikel. Kabarnya, paparan berulang dapat meningkatkan risiko munculnya alergi pada usia berapa pun.

Maka beberapa orang dengan telinga sensitif masih bisa memakai anting apa pun dalam waktu singkat. Namun, bagi yang lain, memakai anting sebentar saja sudah gatal-gatal.

Anting Terbaik Untuk Telinga Yang Sensitif

Karena penyebab paling umum dari telinga sensitif kemungkinan besar adalah alergi nikel, hal pertama yang harus dilakukan adalah menghindari anting yang mengandung nikel. Ada orang yang sensitif terhadap nikel meski nikelnya sedikit sekali, namun ada yang alerginya baru timbul jika kandungan nikelnya cukup tinggi. Untuk amannya, anting terbaik untuk telinga sensitif adalah yang berlabel bebas nikel.

Anting yang cocok untuk telinga sensitif umumnya dibuat dari emas, platinum, atau perak. Pastikan kamu membeli anting emas 14 karat atau lebih atau perak sterling 925 untuk menghindari kemungkinan tercampurnya nikel yang terlalu tinggi. Emas di bawah 24 karat kemungkinan mengandung nikel namun jika 14 karat ke atas umumnya kandungan nikelnya semakin rendah.

Buat kamu yang alergi nikel meski jumlahnya kecil mungkin bisa beli anting emas 22 atau 24 karat. Cuma risikonya, semakin murni emas maka semakin lunak dan mudah bengkok. Bahan lain yang bagus untuk telinga sensitif antara lain baja tahan karat, titanium, plastik, dan niobium.

Bagaimana Jika Sudah Terlanjur Beli Anting Yang Menyebabkan Alergi?

Kalau sudah terlanjur membelinya, kamu bisa menjualnya, menghadiahkannya, lalu membeli anting baru yang bebas alergi. Kecuali kamu sangat suka pada anting itu dan nggak mau menggantinya, maka berikut ada beberapa tips yang bisa kamu coba.

Coba cat bagian anting yang bersinggungan dengan kulit dengan beberapa lapis cat kuku bening. Cat kuku itu akan menjadi penghalang antara nikel di anting dengan telingamu. Kamu bakal perlu mengecat ulang antingmu jika antingnya sering kamu pakai.

Atau kamu bisa membersihkan anting dengan hidrogen peroksida lalu oleskan beberapa lapis vaseline. Namun biasanya ini hanya akan bertahan selama beberapa jam, jadi kamu harus mengoleskan lagi vaseline-nya. Cara ini cocok untuk kamu yang sedang terburu-buru. Atau kamu punya cara yang lain?

2 thoughts on “Panduan Memilih Anting Untuk Telinga Yang Sensitif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s