Event & Review

Ganti Cara Belajar Menjadi Lebih Menyenangkan dengan Zenius Education

Libur telah tiba, libur telah tiba…Hore! Hore! Begitulah kalau mendengar nyanyian Tasya. Eits….tapi tunggu dulu. Buat anak-anak sekolah mungkin sorak sorai bergembira. Namun sepertinya, itu nggak berlaku buat orang tuanya. Well, setidaknya bagi saya sih hehehe….Meski anaknya libur sekolah, namun emaknya masih pusing mikirin sekolah anak ke depannya.

Ya, melihat memori 2 tahun sekolah daring, saya sebagai orang tua merasa harus mulai mengatur strategi belajar anak. Pasalnya gara-gara pandemi, saya juga musti turun tangan ngajarin anak di rumah. Namun karena saya sadar diri, saya nggak pinter-pinter amat, apalagi dalam matematika, sepertinya saya butuh bantuan pihak lain. Biar proses belajar anak nggak terhambat saya pun berpikiran untuk ganti cara belajar dia dengan memasukkannya ke bimbel.

Zenius Education

Eits, buat yang berpikiran bimbel itu cuma buat yang ambisius atau pintar saja, it’s a big NO. Karena kecerdasan seseorang itu bukan ditentukan oleh bakat, tapi belajar atau latihan yang dilakukan secara terus menerus. Setuju? Bahkan menurut laporan Programme for International Student Assessment (PISA) di tahun 2018, hanya 29% siswa di Indonesia yang memiliki growth mindset. Makanya, saya berpikiran untuk memasukkan anak ke bimbel supaya dia lebih terarah belajarnya. Harapannya dengan ikut bimbel, motivasi belajarnya juga makin tinggi. dan memiliki growth mindset.

Jadi ikut bimbel bukan hanya sekadar untuk mendapatkan nilai akademik yang oke semata. Namun juga menemukan metode belajar yang pas dan juga growth mindset. Apalagi biasanya di bimbel akan mengajarkan tips belajar supaya siswa bisa cepat belajar. Jika dia bisa menemukan metode belajar yang menyenangkan, otomatis dia akan selalu termotivasi untuk belajar. Karena itulah, saya pun berusaha mencari bimbel yang memiliki metode pembelajaran menyenangkan.

Belajar dengan Zenius Education

Saya kemudian menemukan Zenius Education. Berdiri sejak tahun 2004, Zenius Education ini merupakan salah satu bimbel online yang diperuntukkan bagi siswa sekolah SD hingga SMA. Pembelajarannya yaitu dengan menggunakan aplikasi, di mana anak bisa mengakses materi pembelajaran di mana saja dan kapan saja.

Nah, setelah mencari tahu tentang Zenius Education sepertinya nggak ada salahnya tahun ajaran baru kali ini Back To School bareng Zenius. Kenapa harus bareng Zenius? Pasalnya, Zenius sebagai platform pendorong pendidikan berkeinginan mendorong motivasi belajar penggunanya melalui tools-toolsnya seperti Zenius Live Class, ZenCore, Content Library, Zenbot, dsb.

Seperti yang saya katakan di awal, bahwa mungkin ada yang beranggapan bahwa bimbel itu hanya untuk yang ambius, meskipun di sisi lain mereka juga mengakui bahwa boost belajar itu perlu. Alhasil, mereka pun memilih menghindari ikut bimbel akibat stigma negatif tersebut dan memilih belajar sendiri.

Ya, dulu zaman saya muda juga menghindari bimbel dan memilih belajar sendiri. Saya ingin membuktikan bahwa saya bisa berusaha sendiri. Namun kini mindset tersebut sudah berubah, apalagi setelah bertemu Zenius. Ini karena Zenius memiliki sistem pembelajaran yang adaptif dan ekosistem pembelajaran online-offline yang membantu pelajar fokus kepada hal-hal penting dan esensial secara efektif dan efisien. Karena itu, tahun ajaran baru ini saya ingin #GantiCaraBelajar anak bareng Zenius.

Oh ya, saat pertama kali menggunakan aplikasi Zenius, saya cukup excited, karena ternyata pengguna bisa mengubah profil sesuai kebutuhan. Mau sebagai siswa, guru, orang tua atau umum. Tinggal pilih learning goals atau tujuan pembelajaran yang kita mau dan aplikasinya nanti akan menampilan sesuai kebutuhan. Bagi saya, ini memudahkan saya dalam mengeksplore dan memaksimalkan penggunaan aplikasi Zenius. Sst… Nggak cuma memberi tips belajar saja, ada juga tips supaya menjadi ortu yang suportif lho.

Ganti Cara Belajar

Sebagai tahap awal, saya mengenalkan anak tentang aplikasi Zenius ini, dia pun terlihat cukup antusias. Terutama saat saya menunjukkan animasi Tiga Sekawan. Nonton Tiga Sekawan, anak pun belajar dengan cara yang menyenangkan, seakan ikut berpetualang dalam petualangan dalam mengejar ilmu pengetahuan. Selain animasi Tiga Sekawan, masih ada juga berbagai animasi lainnya yang nggak kalah menarik. Well, jadi makin yakin nih sama Zenius.

Selain pembelajaran dengan animasi, hal lain yang saya suka dari Zenius Education adalah sistem pembelajarannya yang adaptif. Contohnya yaitu melalui fitur ZenCore, merupakan fitur baru berbasis kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Diklaim mampu meningkatkan pengetahuan umum pengguna terkait tiga materi fundamental, yaitu matematika, logika verbal, dan bahasa inggris, kamu bisa mulai belajar dari mana saja.

Menggunakan ZenCore kamu bisa mencoba menyelesaikan hingga 100 level dengan lebih dari ratusan ribu pertanyaan. Dijamin bisa untuk melatih skill dan kemampuan dasarmu sehingga fundamental skill yang kamu miliki jadi makin cakep deh. Asyiknya lagi, ada video penjelasan jawaban soal-soalnya. Berguna banget nih buat membantu mengasah ketajaman akurasi bahasa dan logika serta cara berpikir matematis.

Menggunakan ZenCore, saya pun mulai melatih kemampuan si sulung. Jika dia berhasil menjawab soal dengan nilai tertentu saya memberinya reward. Video penjelasan tentang jawabannya pun termasuk mudah dimengerti. Nggak hanya si sulung, saya sebagai emaknya saja senang menguji diri dengan ZenCore hihihi….

Metode Belajar Zenius Education

Perlu kamu tahu, untuk ekosistem pembelajaran di Zenius Education terbagi menjadi dua macam. Ada yang online dan ada yang offline juga lho. Kamu tinggal pilih mana yang paling sesuai dengan gaya belajar kamu. Penasaran seperti apa pembelajaran di Zenius? Lanjut bacanya ya!

Belajar Online Jadi Lebih Seru!

Menggunakan aplikasi Zenius, kamu bisa belajar dari mana saja dan kapan saja. Proses pembelajaran pun jadi makin mudah dengan beragam fitur yang ada. Namun sebelum kamu menikmati beragam fitur Zenius yang disediakan, saya sarankan kamu untuk terlebih dahulu membuka dan mendengarkan materi di Zenius Learning.

Zenius Learning ini merupakan kompilasi video berisi tips belajar efektif, manajemen waktu, membangun motivasi belajar, serta mengupas masalah-masalah umum dalam belajar. Setelah kamu mempelajarinya, harapannya kamu bisa jadi lebih terarah dan lebih maksimal dalam belajar. Kamu pun bisa mencapai tujuanmu dalam belajar dengan lebih efektif dan efisien. Cukup belajar yang penting-penting saja biar nggak mengorbankan waktumu untuk kegiatan lain.

Setelah kamu tahu mana metode yang cocok dengan cara belajarmu, tinggal maksimalkan fitur online di aplikasi Zenius. Beberapa fitur online Zenius yang bisa menunjang cara belajarmu antara lain:

1. ZenCore. Berbasis AI, ZenCore mempunyai CorePractice yaitu tempat latihan soal yang bisa disesuaikan dengan tingkatan pemahaman masing-masing individu. Lalu untuk mempelajari lebih lanjut topik-topik yang ada, pengguna bisa memanfaatkan CoreInsight yang berisi penjelasan dari pertanyaan-pertanyaan latihan dalam bentuk video konsep yang mudah untuk dipahami.

2. ZenBot – Sama seperti Zencore, fitur ZenBot ini juga berbasis AI. Menggunakan ZenBot, kamu cukup mengunggah foto soal pada pelajaran Matematika, Fisika dan Kimia. Nantinya ZenBot dapat memberikan jawaban yang dilengkapi dengan video materi pelajaran yang sesuai. Dengan bantuan AI, pembahasan soal pun jadi lebih mudah dan mendalam, sehingga dapat membantu siswa meningkatkan kemampuannya. Asyik bukan?

ZenBot

3. Zenius Live Class – Kamu bisa memilih kelas yang kamu inginkan atau kamu minati. Metode pembelajarannya berupa kelas online, di mana materi disampaikan secara langsung oleh tutor sesuai jadwal yang ditentukan secara on time. Memiliki tutor yang asyik, ketika mengikuti Zenius Live Class siswa bisa berdiskusi dengan tutor tentang materi pelajaran dengan mudah dan menyenangkan.

4. Content Library – Zenius memiliki lebih dari 100 ribu konten ilmu matematika, sains, dan sosial. Mulai dari SD hingga persiapan masuk PTN. Konten yang variatif dan banyak juga menjadi hal yang penting nih agar materi belajar nggak membosankan untuk dipahami. Setuju?

Belajar Offline Bersama New Primagama Powered by Zenius

Lebih suka belajar tatap muka? Tenang saja, kini kamu juga bisa belajar secara tatap muka langsung dengan tutor lho. Setelah mengakuisisi Primagama pada awal 2022, Zenius menghadirkan metode hybrid learning dengan model pendekatan 2 guru/ two teachers. Jadi dengan metode ini, para siswa bisa mendapatkan materi-materi pelajaran dari tutor Zenius secara online dan memperdalam pemahaman materi melalui bantuan tentor offline dari New Primagama. Siswa pun jadi bisa leboh maksimal belajar deh!

Kelebihan Pembelajaran di Zenius

Dibandingkan bimbel lainnya, bagi saya Zenius Education memiliki cara pembelajaran yang asyik melalui berbagai fiturnya. Dalam pembelajarannya, pengemasan materi pelajaran yang dibuat runut, lengkap, dan relevan dengan anak muda.

Beberapa hal yang saya suka dari pembelajaran Zenius Education:

  1. Belajar mulai dari konsep dasar. Zenius mengajarkan untuk mempelajari konsep dasar pelajaran terlebih dahulu. Jadi nggak sekadar dikasih tahu begini dan begitu saja, tapi juga dikasih tahu sesuai konsep yang ada. Bagaimana awal mulanya, darimana asalnya, alasan kenapa itu bisa terjadi. Sehingga kita bisa paham secara menyeluruh tentang pelajaran yang sedang dipelajari. Pantes saja zaman saya dulu belajar nggak mudeng-mudeng karena saya lebih banyak menghafal dan nggak belajar konsep dasarnya.
  2. Bisa menelusuri berbagai materi pelajaran mulai dari SD – Persiapan masuk PTN. Koleksi kontennya juga lengkap dan beragam.
  3. Tutornya berpengalaman yang asik. Para tutornya menggunakan bahasa informal. Bagi saya sendiri, merasa lebih nyaman dan terasa seperti diajari sama teman akrab. Dari caranya menjelaskan juga terlihat bahwa tutor di Zenius bukan orang sembarangan, wawasannya luas dan memiliki kemampuan ‘menyampaikan’ yang mumpuni. Gaya pembelajarannya pun nggak boring dan malah bikin nagih deh.
  4. Harganya terjangkau. Ini penting sih bagi emak-emak yang suka hemat kayak saya hehehe…. Sekadar info, untuk tahun ajaran baru 2022/2023 ini , kamu bisa mengakses paket belajar Zenius mulai dri Rp 199 ribu /tahun. Seluruh paket yang ditawarkan juga dilengkapi dengan fitur Zenius live class, di mana siswa bisa mendapatkan materi secara langsung oleh tutor-tutor berpengalaman.
Tips Belajar

Meski belum lama mengenal Zenius Education, saya sudah jatuh hati. Andai saja saat zaman saya sudah ada Zenius Education, pasti saya bakalan ganti cara belajar saya dahulu yang lebih banyak menghafal dibanding belajar konsep dasar. Tapi karena sudah berlalu, kali ini saya mau ganti cara belajar anak saya biar efektif dan efisien. Jangan sampai kesalahan saya belajar di masa lalu terulang lagi deh.

Kalau cara belajar kamu sendiri bagaimana? Yuk segera download Aplikasi Zenius untuk iOS maupun Aplikasi Zenius untuk Android dan ganti cara belajar kamu jadi lebih menyenangkan bareng Zenius Education.

58 tanggapan untuk “Ganti Cara Belajar Menjadi Lebih Menyenangkan dengan Zenius Education

  1. kalau ada soal lalu ada video pembahasannya itu menarik yaa.. jadi anak bisa mengerti akan penjelasan jawabannya. zenius juga sudah terkenal memberikan soal2 yang berkualitas dan sekarang semakin berinovasi

    Suka

  2. Wah sama nih mbak, Zenius bantu banget belajar anak-anak terutama selama pandemi dan belajar dilakukan dari rumah, soalnya banyak materi pelajaran yang susah dipahami meskipun sudah dijelaskan oleh gurunya, pekerjaan saya mendampingi anak-anak belajar di rumah jadi lebih ringan.

    Suka

  3. Gaya belajar anak-anak perlu penyesuain lagi setelah pendemi ya.
    Agar aman, sebagai orangtua memang sebaiknya utk belajar materi pelajaran diserahkan pada yg profesional seperti Zenius Education ini agar waktu belajar anak lebih efektif.

    Suka

    1. Baca ulasan Mbak Alley kok aku jadi pengen beliin paket les untuk anakku yang tahun ini masuk SD, ya. Sebagai emak yang dulu eks guru bimbel Primaga, jadi tertarik saja sama bimbel online yang satu ini.

      Suka

      1. Kualitas bimbel online Zenius sangat dapat dipercaya ya mba.
        Apalagi cara belajar bisa disesuaikan dengan kondisi masing-masing anak.

        Suka

  4. Betul nih Mbak, aplikasi zenius sangat menyenangkan dan membantu semangat belajar anak. Dengan fitur-fitur nya yang asik, saya pun sering memainkan zencore nya sembari mengingat kembali pelajaran waktu di bangku sekolah. Hhe

    Suka

  5. Belajar jadi lebih seru dengan aplikasi zenius ini ya. Apalagi dengan ajakan nya Ganti cara belajar ke yang penting-penting aja. Anak jadi gak gampang stess.

    Suka

  6. Belajar jadi lebih seru dengan aplikasi zenius ini ya. Apalagi dengan ajakan nya Ganti cara belajar ke yang penting-penting aja. Anak jadi gak gampang stess.

    Suka

  7. Saya merasa kaget mbak dengan materi pembelajaran di zenius ini, soalnya enggak anak-anak saja yang jadi lebih suka belajar, saya sebagai orang tua juga bisa merefresh ilmu-ilmu yang agak terlupakan

    Suka

  8. Pas lihat capture soal matematika yang terpindai jadi inget materi itu daku suka keder huhu..
    Maka seneng kehadiran Zenius jadi solusi belajar yang asik ya buat jaman now

    Suka

  9. Bimbel online Zenius cocok buat anakku yang siangnya lebih banyak digunakan untuk main di lapangan bola. Bisa ikutan bimbel pas malam hari tanpa harus keluar rumah

    Suka

  10. Tahun ajaran baru, harus dengan semangat baru juga.
    Salah satu cara belajar menyenangkan karena memahami konsep terlebih dahulu dan bukan hapalan adalah menggunakan apps Zenius Education. Akses mudah dan banyak keuntungannya.

    Suka

  11. Zenius education ini keren ya, Kak. ZenBot nya bisa banget dipakai adikku buat cari tahu jawaban atas soal-soal matematikanya yang rumit banget. Mana ada video penyelesaian dari soal-soal itu pula. Keren sih.

    Suka

    1. Aku pernah berpikir kalau bimbel cuma buat anak-anak yang ambisius doang juga sih. Kalau yang sukanya main mah kupikir nggak bakal cocok ikutan bimbel. Eh kok ya ternyata nggak begitu.
      Zenius Education menunjukkan kalau anak yang suka main juga bisa ikutan bimbingan belajar. Karena aplikasi ini bisa ngajarin yang penting-penting dulu gitu.

      Suka

  12. Info yang sangat bermanfaat. Karena di era pandemi ini para siswa selama 2 tahun sekolah online, tentunya banyak kendala dalam menghadapi materi pelajaran, sulit memahami dan memecahkan masalah. Zenius solusinya.

    Suka

  13. Alhamdulillah sekarang banyak metode belajar online yang asyik, salah satunya Zenius ini ya.. Tentunya sangat membantu bagi keluarga dg anak2 usia sekolah.. Terimakasih sharingnya mba..

    Suka

  14. Enak banget ya sekarang mo belajar tinggal buka aplikasi aja apalagi ada video pembelajaran cocok banget buat anak2 jaman now yg lebih visual. Jd pemgen coba instal buat si kakak

    Suka

  15. Belajar pake Zenius ini selain bisa untuk banyak jenjang, sebagai ortu yg dampingi anak juga bisa banget sebelum ngajarin anak belajar dulu pake zenius jadi refresh lagi ya sama konsep dan teori yg akan diajarkan ke anak

    Suka

  16. Beneran ya paket lengkap di Zenius Education, orang tua yang tidak paham materi bisa ikutan belajar dulu. Jadi ketika anak-anak bertanya, kita udah bisa siap menjawabnya. Jenjang pendidikan juga bisa diikuti dari anak SD sampai mereka yang mau masuk seleksi PTN

    Suka

  17. Baru tau zenius punya primagama…makasih mbak artikelnya,sangat informatif buatku,persiapan anak sulung pas di SMP nanti.soalnya q udh ga nyampe buat ngajarin…yg ada bljr bareng juga ma anak&zenius.hehehe.

    Suka

  18. Menarik banget nih pas lihat yang bagian bisa menyelesaikan soal itu, Alley. Waahhh jaman dulu belum ada ya, mantap nih untuk membantu kita belajar. Bahkan bisa juga ya switch pengguna sebagai ortu dalam mengawasi pembelajaran anak.

    Suka

  19. Adanya zenius sangat membantu banget ya mba buat anak anak sekaligus orangtua. Y
    Jadi bisa belajar sama sama nih. Kan kadnag udah lupa pelajaran yang lama. Tergantikan adanya zenius

    Suka

  20. Karena terbagi menjadi dua macam. Ada yang online dan ada yang offline, jadi sangat memudhakan anak maupun oragtua dalam memilih jadwal kelas ya kak

    Suka

    1. Zencore kayak bank soal gitu nggak sih, banyak soal latihan, tapi nanti ada kunci jawabannya yak? Zenbot juga praktis ya, kalau ada yg gak bisa dikerjakan, cukup fotoin soal

      Suka

  21. wah seru banget ya bisa belanjar mandiri buat upgrade ilmu. sekarang banyak platform yang memudahkan kita untuk belajar mandiiri, seperti zenius ini kita tinggal pilih aja materi menarik yang udah disediakan.

    Suka

  22. Keren banget ya programnya zenius. Bisa pilih online atau offline. Idah gitu bisa disesuiakan dengan gaya belajar masing-masing peserta didik. Mantab

    Suka

  23. Anak-anak sekolah sekarang meski sudah mulai tatap muka, tapi masih diselingi belajar dari rumah kalau kasus kopit lagi naik. Mesti diimbangi belajar dengan app semacam Zenius ini ya.

    Suka

  24. betul banget nih Mbak, anak libur tapi emaknya tetap bingung harus cari cara biar anak tetap bisa belajar nantinya, takutnya pas masuk sekolah jadi malas kan, duuh berabe deh.
    syukurnya sekarang udah ada Zenius ya yang bisa mengakomodir semua gaya belajar anak.
    cara belajar di Zenius juga asyik banget bikin semua ketagihan, termasuk saya juga lho meski emak-emak tapi suka belajar di Zenius memanfaatkan fitu ZenCore nya itu untuk adu otak 😀

    Suka

  25. kebetulan banget saudara di rumah anak-anaknya sudah mulai mau masuk sekolah, dna dia sibuk dengan kecilnya, minta saya untuk mencari aplikasi belajar, bisa saya rekomendasikan ini

    Suka

  26. Seperrinya kita di generasi yg sama ya mba.. Karena saya jg suka dengan lagi Tasya, apalagi “libur telah tiba” ini.. Wkwkk..
    .
    Liburan makin produktif ya kalau pakai Zenius ini, karna main pun bisa tetap ingat dengan pelajaran sekolahnya.. Hihii,,

    Suka

  27. Zenius Education memberikan terobosan cara belajar yang efektif dan efisien. Selain itu, bisa digunakan oleh siapa saja. Termasuk saya juga nyobain Zencore jadi ketagihan. Hahaha

    Suka

  28. Cara belajar anak sekarang beda banget ama kita dulu ya kak. Sekarang lebih interaktif. Ga bosen ama suasana kelas yg itu2 aja.

    Berkat Zenius, gaya belajar anak disesuaikan dgn karakter. Mudah2an anak2 kita makin pintar dgn metode ini ya kak.

    Suka

  29. Setuju banget dengan kalimat kecerdasan seseorang itu bukan ditentukan oleh bakat, tapi belajar atau latihan yang dilakukan secara terus menerus. Apalagi di zaman sekarang ada banyak kemudahan belajar salah satunya dengan zenius. Bikin belajar jd lebih menyenangkan dan kekinian

    Suka

  30. Enaknya belajar pakek aplikasi Zenius tuh semua bisa login sesuai kebutuhan yang tertera dalam profile-nya. Sebagai contohnya saya bisa mengakses sebagai ortu, anak saya sebagai pelajar. Cara belajar dengan Zenius juga terbilang efektif karena anak tidak merasa seperti sedang belajar.

    Suka

  31. Mantap betul, pelajaran matriks, yang aku uda lupa banget cara ngerjainnya, hahhaa..
    Dengan instal apps Zenius Education, bisa kembali di refresh bagaimana step by stepnya belajar dengan mudah dan menyenangkan.

    Suka

  32. Keren banget yaa AI yang ada pada ZenBot, dia bisa kasih jawaban berdasarkan foto dari soal yang diupload user. Gak hanya itu, dia juga kasih pembahasannya jadi yang ngupload soal gak cuma dapat jawaban mentah dan dia bisa pahamin lagi soal tersebut. ZenCore juga bagus buat pemanasan otak terlebih dahulu sebelum bergempur sama soal-soal lainnya!

    Suka

  33. Seneng banget ya ada Zenius Education, di sekolah anak saya pagi ini ada promo Zenius juga untungnya saya udah duluan dong punya akun ZenOrtu jadi bs menyimak tips mendampingi anak belajar juga

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s