Celoteh

7 Alasan Kamu Perlu Menulis

manfaat menulis

Apakah kamu suka menulis? Entah itu jurnal, puisi, cerpen, riwayat hidup atau yang lainnya. Nggak peduli apa yang kamu tulis, yang penting kamu menulis sesuatu. Jika belum, maka sebaiknya kamu mulai melakukannya dari sekarang. Kenapa? Di bawah ini beberapa alasan kenapa kamu perlu menulis.

Manfaat Menulis

Berikut ini ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menulis. Apa saja itu? Langsung cek aja di bawah ya!

  1. Menulis membantu menemukan siapa dirimu sebenarnya. Saat menulis dan menyalurkan pikiran, kamu mulai menemukan apa yang kamu ketahui tentang dirimu dan juga dunia sekelilingmu. Kamu bisa mengetahui apa yang kamu suka atau benci, apa yang membuatmu terluka, apa yang kamu butuhkan, apa yang kamu bisa kamu berikan. Ini akan membantumu lebih mengenal diri sendiri serta keberadaanmu di dunia ini.
  2. Menulis mengembangkan kreativitas. Menciptakan sesuatu berarti bertanya-tanya, berada dalam ketidak pastian serta kebingungan sebelum pada akhirnya kamu menemukan terobosan besar. Sama ketika menulis, maka kamu membenamkan diri dalam proses kreatif. Semakin sering kamu melatih apa yang kamu dapat, makin mudah bagimu untuk memindahkan keterampilan yang kamu peroleh lewat menulis ke dalam bidang-bidang lain dalam hidupmu yang memerlukan kreativitas ( sekolah, pekerjaan dll).
  3. Kamu bisa berbagi dengan orang lain lewat tulisan. Banyak orang percaya bahwa dunia tulis-menulis memberi kita lebih banyak kebebasan berekspresi ketimbang dunia lisan. Ya, dengan menulis memungkinkan kamu membuka aspek-aspek dalam diri yang nggak selalu muncul dalam komunikasi saat bertatap muka, lewat telepon atau diskusi dalam kelas. Kamu sebagai penulis, dibandingkan dengan kamu sebagai pembicara, punya lebih banyak waktu untuk memikirkan apa yang kamu yakini, apa yang kamu mau katakan, dan kenapa kamu punya pikiran atau perasaan tertentu.
  4. Menulis memberimu wadah untuk menyalurkan perasaan dan emosi. Mulai dari rasa marah, takut, sedih, serta perasaan-perasaan lain yang membuatmu terluka. Karena perasaan-perasaan kita sifatnya sangat kuat maka rasa sakit yang ditimbulkan bisa luar biasa dalamnya. Ketika sedang marah, takut, sedih, atau depresi, menuangkan perasaan lewat tulisan bisa lebih membantu daripada menyimpannya dalam hati. Menulis adalah cara aman untuk menyalurkan perasaan, memeriksanya, dan mulai mengatasinya satu per satu.
  5. Kamu bisa menyembuhkan diri sendiri lewat menulis. Bukan rahasia lagi bahwa banyak penulis mendapat banyak manfaat dari menulis. Baik itu sebagai karir, minat, hobi, atau gabungan ketiganya. Menulis bisa menjadi cara untuk mengobati luka, dan kalau mau, kamu bisa membagi luka itu dengan seluruh dunia. Kamu pun bisa mengubah hal yang menyakitimu menjadi sesuatu yang bisa menolongmu. Dan dalam prosesya tersebut, bisa menjadi jalan menuju kesembuhan bagimu.
  6. Menulis bisa membuatmu merasa lebih hidup. Kata-kata, kegembiraan atau kesedihan yang muncul, penemuan jawaban-jawaban yang muncul saat kamu menulis, semua ini membantumu merasa lebih hidup. Menulis, sama seperti bentuk-bentuk kesenian lainnya adalah sebuah cara untuk berhubungan dengan diri sendiri, orang lain dan dunia. Dengan menulis, kamu mungkin akan merasa lebih tertarik pada kehidupan. Kamu bahkan mungkin terdorong untuk menjalani hidup dengan sepenuh hati.
  7. Kamu bisa menemukan impianmu lewat menulis. Lewat kegiatan menulis yang tenang dan dalam kesendirian, kamu bisa menemukan impian terbesarmu. Bukan apa yang diimpikan orang lain untukmu tapi apa yang benar-benar kamu mau. Kamu bisa berpikir tentang impian ini dan apa yang bisa kamu lakukan untuk membuatnya menjadi kenyataan. Kemudian, kamu bisa menemukan jalanmu menuju kesana lewat dunia tulis-menulis.

Bagi saya sendiri, menulis menjadi salah satu self healing. Jadi, kalau mau healing nggak harus lihat yang hijau-hijau atau estetik, tapi bisa juga dengan menulis. Kalau kamu biasanya suka nulis apa nih?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s