Event & Review

Aplikasi Audiobook Storytel : Membantu Membaca Buku Lebih Banyak dengan Lebih Menyenangkan

Hobi membaca tapi nggak punya waktu untuk pegang buku? Well, saya sarankan kamu untuk mencoba Aplikasi Audiobook Storytel. Sebuah aplikasi layanan streaming untuk mendengarkan buku atau audiobook.

Storytel

Buku adalah jendela dunia dan bagi saya, membaca buku merupakan aktivitas yang menyenangkan. Apalagi jika menemukan buku bacaan yang diminati, bisa membuat saya lupa waktu. Dulu, saya bahkan bisa menghabiskan waktu berjam-jam di perpustakaan. Ini lantaran membaca nggak hanya sekadar untuk mengisi waktu luang, namun juga bisa menambah wawasan dan pengetahuan baru.

Sayangnya semenjak saya memiliki anak, saya mulai jarang bisa melakukan hobi membaca saya. Apalagi semenjak anak saja kini bertambah menjadi 3. Boro-boro deh pegang buku, bisa mandi dan makan dengan santai saja sudah alhamdulillah. Maklum, saya mengurus semua pekerjaan rumah dan anak sendiri saja tanpa rewang. Jadi waktu untuk bisa memegang buku benar-benar terbatas. Pelan-pelan hobi membaca buku jadi berkurang deh.

Tren Membaca di Era Digital

Beruntungnya saya hidup di zaman yang modern seperti sekarang. Pasalnya, seiring dengan perkembangan teknologi, tren membaca buku pun juga ikut berkembang. Jika dulu kamu hanya bisa membaca buku secara fisik, kini kamu bisa menikmati baca buku online dalam bentuk digital atau e-book. Nggak hanya itu saja, kini tren terbaru yang makin populer yaitu kamu bisa menikmati sebuah buku tanpa perlu membaca yaitu dengan audiobook

Bagi yang belum tahu, audiobook adalah jenis buku digital yang berupa suara rekaman seseorang atau beberapa orang yang membaca sebuah buku. Jadi kamu nggak perlu repot membacanya. Kamu cukup mendengarkan buku yang seolah-olah dibacakan untukmu. Tinggal duduk manis, lalu dengarkan buku pilihanmu deh.

Jadi, jika belum pernah mendengarkan audiobook, nggak ada salahnya mencoba tren audiobook sebagai sumber referensi untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Biar smartphone kamu nggak cuma sering digunakan untuk bermain game online atau sosmed doang, tapi juga bisa untuk menambah literasi. Apalagi kini untuk mendengarkan audiobook semakin mudah. Salah satunya yaitu dengan aplikasi audiobook Indonesia Storytel.

Aplikasi Audiobook Storytel

Perlu kamu tahu, Storytel merupakan layanan aplikasi audiobook yang berasal dari Swedia. Hingga saat ini, audiobook Storytel telah menjangkau penghobi buku di 25 negara di seluruh dunia. Diperkirakan, ada sekitar hampir 340 juta pengguna di kawasan Asia Pasifik. Wow!

Secara global, Storytel konon sudah memiliki lebih dari 700 ribu judul buku dan 30 bahasa, termasuk dalam Bahasa Indonesia. Sedangkan di Indonesia, Storytel menghadirkan lebih dari 150 ribu audiobook. Tersedia dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, ada banyak rekomendasi buku yang bisa kamu dengarkan dan baca di Storytel. Mulai dari novel fiksi hingga buku best seller dunia.

aplikasi audiobook

Contohnya saja nih, untuk koleksi dalam bahasa Inggris, ada banyak novel fiksi karangan para penulis terkenal dunia yang kamu bisa dengarkan. Salah satunya adalah kumpulan Harry Potter Audiobook. Buat para penggemar Harry Potter, pasti bakalan senang banget. Karena ada banyak audiobook Harry Potter. Nggak cuma novel series Harry Potter, tapi juga buku lain yang membahas Harry Potter.

Selain itu, ada juga audiobook buku best seller lainnya seperti Game of Thrones karya George RR. Martin. Bagi penggemar serial TV Game of Thrones, sudah baca novelnya belum nih? Kalau belum bisa baca audiobook Game of Thrones di Storytel. Nggak ketinggalan pula novel fiksi Hunger Games karya Suzanne Collins hingga buku Sapiens kaya Yuval Noah Harari tentang sejarah singkat manusia.

Adapun untuk koleksi buku dari para penulis Indonesia juga nggak kalah lengkap. Ada banyak rekomendasi buku dari para penulis Indonesia yang bisa kamu temukan di Storytel. Misalnya saja untuk kategori novel ada audiobook Dilan karya Pidi Baiq dan Mariposa karya Luluk HF yang sudah diadaptasi menjadi film. Kamu Penggemar Tere Liye? Jangan lupa dengarkan bukunya yang berjudul Selamat Tinggal. Sedangkan bagi penggemar Ika Natasha ada audiobook novel fiksi Divortiare, serta masih banyak buku lainnya.

Nggak hanya menghadirkan beragam jenis buku dengan format audiobook dan ebook saja. Storytel juga menghadirkan podcast didalam layanannya lho. Ada banyak serial podcast yang bisa kamu ikuti, tentunya podcastnya seputar buku juga.

Pengalaman Mendengarkan Audiobook Storytel

Kehadiran Storytel bagi saya benar-benar bikin happy. Soalnya, berkat Storytel kini saya bisa kembali melakukan hobi saya dengan cara yang berbeda dan lebih menyenangkan. Storytel membantu saya multasking. Ini memudahkan saya untuk memahami isi buku sambil mengerjakan aktivitas lain. Saya bisa memasak, menyetrika hingga menemani anak sambil mendengarkan audiobook untuk menambah wawasan dan pengetahuan.

Saya pun bisa mendengarkan Storytel kapan saja di mana saja. Saat bepergian ke rumah mertua yang seringkali hanya di isi kebengongan melihat jalanan, kini bisa saya manfaatkan mendengarkan audiobook. Perjalanan pun jadi nggak membosankan dan tahu-tahu sudah sampai tempat tujuan.

Jujur saja, saat mendengarkan audiobook untuk pertama kali, awalnya terasa aneh. Wajar saja sih,karena memang belum terbiasa. Namun itu hanya sementara kok. Setelah sekitar satu hingga dua jam mendengarkan audiobook, telinga saya sudah bisa menikmatinya. Malah jadi ketagihan karena seperti sedang didongengin. Apalagi kalau dapat narator dengan suara yang enak didengar, tambah betah deh.

Storytel

Untuk buku pertama yang saya baca di Storytel adalah sebuah novel fiksi berjudul Resign! karya Almira Bastari. Saat mendengarkan audiobook Resign!, saya merasa seperti sedang didongengin. Suara naratornya yaitu Ernita Arum terdengar jelas dan jernih. Suaranya juga enak didengarkan. Saat membacakan isi novel, kecepatan suaranya terbilang stabil, nggak terlalu pelan dan juga nggak terlalu cepat. Suaranya juga cukup ekspresif, meskipun sebenarnya saya mengharapkan lebih. Sebagai narator, Ernita bisa dibilang berhasil membuat saya terhanyut menikmati isi novel.

Berdurasi sekitar 8 jam, saya pun berhasil menyelesaikan audiobook Resign! hanya dalam dua hari saja. Bagi saya, itu terbilang cepat. Jarang sekali saya bisa menyelesaikan membaca buku secepat itu di tengah kesibukan mengurus 3 anak.

Oh ya, berhubung novel Resign! ini mengandung kata-kata yang nggak ramah anak, saya lebih suka mendengarkan menggunakan headset. Paling enak sih pakai yang wireless, sehingga lebih bebas bergerak. Nggak harus bawa-bawa hape dan nggak ribet sama kabel headset.

Selesai mendengarkan Resign! saya yang ketagihan Storytel pun langsung mencari audiobook lainnya. Dari Storytel berlanjut ke kisah Negeri Lima Menara karya Anwar Fuadi. Mendengarkan Negeri Lima Menara, saya merasa bernostalgia seperti mendengarkan sandiwara radio. Soalnya, naratornya Anes Wibowo punya suara yang merdu dan enak didengar. Cocok banget buat dijadikan cerita pengantar tidur, karena seperti lagi didongengin.

Menggunakan Storytel, saya juga bisa sekaligus melatih kemampuan bahasa Inggris terutama listening skills. Salah satu novel fiksi berbahasa Inggris yang saya baca adalah novel Pachinko. Kebetulan novel yang dijadikan Drama Korea tersebut tersedia dalam audiobook dan ebook juga. Sehingga jika saya mendengarkan audiobooknya dan menemukan kata-kata yang kurang jelas atau nggak tahu penulisannya, saya bisa langsung mengecek di ebooknya. Perbendaharaan vocabulary saya pun jadi bertambah deh.

novel fiksi

Kelebihan Storytel

Berdasarkan pengalaman saya menggunakan Storytel, ada banyak kelebihan Storytel yang membuat saya betah menggunakannya. Beberapa kelebihan Storytel tersebut antara lain:

  1. Kaya koleksi buku dari berbagai genre. Tersedia lebih dari 150 ribu koleksi audiobook dan ebook yang berasal dari penulis lokal maupun internasional. Tentunya untuk penulis interasional menggunakan bahasa Inggris. Terdiri dari 19 genre, kamu tinggal memilih buku yang tepat yang kamu mau baca atau dengarkan. Mulai dari genre novel fiksi, cerita pendek, puisi, biografi hingga personal development. Banyak sekali bukan?
  2. Ekonomis. Bisa didownload gratis, untuk menikmati layanan Storytel kamu bisa mendengarkan gratis selama 7 hari dan lanjut berlangganan. Tenang saja, kamu hanya perlu mengeluarkan Rp39.000 per bulan dan kamu bisa mengakses seluruh kategori buku tanpa biaya tambahan. Bagi yang suka membaca lebih dari 1 buku perbulan, tentunya sangat worth it sekali. Selain itu, proses pembayarannya juga mudah. Untuk berlangganan, kamu bisa menggunakan berbagai metode pembayaran. Mulai dari PayPal, kartu kredit, hingga e-wallet seperti Gopay atau Shopeepay.
  3. Suara audiobook memiliki kualitas tinggi. Suara naratornya jelas dan jernih. Asyiknya lagi, kamu juga bisa mendengarkan aktor, aktris, public figur bahkan hingga si penulis buku menjadi narator dari buku yang dibaca. Ada banyak narator mulai dari seleb nasional hingga internasional yang bisa kamu temukan di Stortyel. Beberapa di antaranya ada Dian Sastrowardoyo, Dee Lestari hingga Tom Hanks, bahkan Michelle Obama lho.

Nah, itu tadi beberapa kelebihan menggunakan aplikasi audiobook Storytel. Selain itu, aplikasinya juga terbilang user friendly. Jadi meskipun kamu baru pertama kali mencobanya nggak akan pusing untuk menggunakan berbagai fitur Storytel.

Berbagai Fitur Storytel

Menggunakan Storytel, kamu akan dimanjakan dengan berbagai fiturnya. Fitur-fitur tersedia di dalamnya sangat memudahkan pengguna ketika mengeksplore aplikasi. Storytel menjadikan mendengarkan dan membaca buku digital jadi lebih menyenangkan. Menggunakan berbagai fiturnya, Storytel membantu pengguna untuk bisa membaca dan mendengarkan buku lebih banyak.

Berikut ini adalah fitur-fitur Storytel yang akan membantumu membaca lebih banyak buku :

  • Kids Mode. Menggunakan fitur ini, orang tua bisa membiarkan anak-anak untuk menggunakan aplikasi tanpa takut mereka akan melihat konten yang nggak ramah anak. Untuk mengaktifkan fitur ini, butuh password. Jadi anak nggak bisa menggantinya, kecuali tahu passwordnya.
  • Search. Menemukan buku pilihanmu jadi lebih mudah. Tinggal ketik saja buku yang mau kamu baca berdasarkan judul, penulis, narator, series atau tags.
  • Listening offline. Untuk melakukannya, kamu harus terlebih dahulu mendownload bukunya. Jadi kamu bisa mendengarkan atau membaca buku meski nggak ada koneksi internet.
  • Listening speed. Kamu bisa mengatur kecepatan mendengarkan audiobook sesuai dengan yang kamu butuhkan untuk mendengarkan cerita.
  • Sleep timer. Kamu bisa mengatur kapan audiobook tersebut berhenti. Jadi kalau kamu tertidur, saat durasi waktunya habis maka otomatis akan berhenti.
  • Bookmark. Menggunakan fitur ini, kamu bisa menandai bagian tertentu di audiobook. Asyiknya lagi kamu juga bisa menulis catatan pribadi kamu di bagian tersebut. Jika menemukan kata-kata dalam buku yang menginspirasi hidup, tinggal buat catatan di bookmark.
  • Bookshelf. Kamu bisa menyimpan buku yang ingin kamu baca di sini. Jadi lebih mudah menemukan buku favoritmu.Selain itu kamu juga bisa mensortir dan memfilter buku-bukunya juga lho.
  • Listening goal. Kamu juga bisa menentukan target bacaan kamu. Tersedia pilihan goal timeline mulai dari 30 hari, 90 hari, 180 hari, 365 hari atau hingga akhir tahun.
  • Reading statistic. Pada fitur ini kamu bisa melihat statistis bacaan kamu di Storytel. Berapa banyak buku yang sudah kamu baca dalam 7 hari terakhir dan 30 hari terakhir, tak lupa disertai dengan durasi bukunya. Kamu juga bisa mengecek jenis buku yang paling banyak kamu baca hingga waktu dan hari yang paling sering kamu gunakan untuk membaca.
  • Following. Ini merupakan fitur yang menunjukkan buku yang kamu ikuti seriesnya.

Oh ya, untuk ebooks dan audiobooks di Storytel secara otomatis tersinkronasi dengan progress membaca pengguna. Sehingga kamu jadi bisa lebih mudah untuk mengalihkan di antara keduanya. Itu artinya, jika kamu mendengarkan audiobook di chapter 4, lalu kamu membuka buku yang sama dalam format ebook, maka akan otomatis membuka di chapter 4.

baca buku online

Bagaimana, menarik sekali bukan fitur-fitur yang tersedia dalam Storytel? Yuk download Storytel dan nikmati serunya membaca buku lebih banyak dengan lebih menyenangkan. Kamu bisa mendownload Storytel secara gratis di Aplikasi Storytel untuk iOS atau Aplikasi Storytel untuk Android.

62 thoughts on “Aplikasi Audiobook Storytel : Membantu Membaca Buku Lebih Banyak dengan Lebih Menyenangkan

  1. Saya nih, merasa suka buku tapi belum punya banyak waktu lagi untuk baca buku. Dengan Storytel, jadinya bisa baca buku dengan cara didengarkan.

    Like

  2. samaan nih kita Mbak, sejak nikah dan punya anak udah jarang banget bisa baca buku. Beneran tuh, bisa mandi dan makan dengan tenang aja itu udah nikmat banget deh, apalagi kalau bisa menikmati buku, sesuatu banget.
    Syukurnya sekarang ada Storytel, dan yang pertama saya dengarkan kemarin itu Resign! sama banget ya dengan Mbak.
    sekarang menikmati buku bukan hal yang gak mungkin lagi doong 🙂

    Like

  3. Membayangkan aplikasi yang bisa bantu kita selain membaca juga bisa mendengarkan berbagai macam genre dari buku favorit kita tuh pasti senang banget. Dulu seolah mimpi bisa mendengarkan cerita begitu. Sekarang dengan storytel semua bisa jadi kenyataan ya

    Like

  4. Kalau dulu baca buku harus dipegang, dilihat dan dibaca pastinya. Sekarang bisa sambil mengerjakan hal lain ya. Soalnya kita bisa sambil mendengarkan saja. Wow banget…

    Like

  5. Keren mbak, bisa dengerin sambil masak. Kalo aku kemarin sambil baca bukunya. Jadi dengerin storytel plus ngebacain bukunya. Tapi iya sih, storytel bikin mempermudah bagi kita yang mau tetap ngedengarin dan tetap melanjutkan kegiatan

    Like

  6. Saya banget nih, hobi membaca tapi susah buat buka buku karena sibuk dengan pekerjaan lain. Alhasil dengan adanya Storytel ini bisa jadi pilihan buat kita yaa

    Like

  7. Enaknya lagi pake Storytelini, meskipun koleksiny abanyak, kita ga bingung, dengan menu search bisa mencari judul favorit atau penulis favorit kita dan mengikutinya

    Like

  8. Storytel ini banyak banget pilihan kategori dan buku yang bisa kita dengarkan.. Apalagi kita bisa mendengarkan sambil menyelesaikan pekerjaan yg lain juga ya..

    Like

  9. Udah lama aku mau nyobain aplikasi ini, kalo baca buku langsung biasanya 1 buku tuh lama banget bisa berminggu-minggu karena agak susa sambil urus kiddos dan rumah. Storytelini solusi bgt sih biar baca buku bisa makin mudah dan menyenangkan

    Like

  10. Ini solusi banget sih buat yang sulit cari waktu buat baca buku kayak aku, biasanya ngabisin satu buku tuh bisa berminggu-minggu karena sambil urus kiddos dan rumah.

    Like

  11. Wah asyik ini, harus segera download. Aku tipe audio, paling suka dengerin orang baca .. cocok banget dah ini kalau pas lagi males baca buku

    Like

  12. Anak saya yang biasanya doyan nonton video anak-anak di Youtube, sekarang udah punya hobi baru yaitu dengerin audiobook di storytel. Baru-baru ini mereka dengerin kumpulan dongeng Indonesia, dengerin sebagai pengantar tidur. Aih, asyiknya

    Like

  13. huwaaa ada pachinko juga ya di Storytel, banyak liat seliweran scene dramanya nih di TikTok, bikin geregetan deh kalau lihat, penasaran penarasiannya di Storytel nih

    Like

  14. saya juga pakai Storytel untuk mendengarkan buku. tapi belum nih kalau untuk yg bahasa inggris, padahal bisa sambil belajar listening ya

    Like

  15. Solusi banget ya mba adanya storytell begini jadi bisa nikmati buku lebih praktis banget cukup dimengerti aja deh

    Like

  16. Bagus nih buat nunggu adzan magrib sekalian pas di kereta. Kan sambil dengerin cerita dengan cara baru yang nggak ngebosenin

    Like

  17. sepakat nih, membaca buku di storytel membuat kita jadi punya target membaca buku lebih dari satu nih heheh epraltis sih bacanya gak pelru baca dan bukunya gk berat2 dibawa2 kan

    Like

  18. Dengerin audiobook ini emang alternatif buat baca buku ya, apalagi bisa sambil ngerjain hal lain. Saya juga sering dengerin buku Bahasa Inggris buat ngelatih vocab juga.

    Like

  19. saya juga suka nih mendengarkan audiobook di storytel, pilihan bukunya banyak dan bervariatif. Seringnya saya mendengarkan kumpulan dongeng soalnya ikut nemenin anak-anak

    Like

  20. Nice info banget, jadi praktis banget ya audiobook ini, g perlu repot2 stuck baca tp bisa sambil melakukan aktivitas lainnya denger audiobook

    Like

  21. dari review teman-teman bikin aku semakin penasaran dengan aplikasi audiobook storytel apalagi pengisi suaranya ada beberapa artis favoritku. mau coba instal aplikasinya juga aah

    Like

  22. Bisa tetep ngikuti update cerita sambil ngerjain hal lain kak jadi makin efektif banget. Sekali dayung tiga pulau terlampaui

    Like

  23. Wah. Jujur saya baru pertama kali mendengar tentang Storytell ini, tepatnya akhir-akhir ini. Menarik dan keren ya inovasinya. Membaca buku dengan audio.

    Like

  24. Untuk harga 39 ribu perbulan, Storytel ini worth it karena kita bisa baca buku sebanyak yg kita sanggupi tanpa harus membeli ya mbak, duh kepengen donlot nih jadinya

    Like

  25. Aku honestly suka banget baca buku tapi belakangan makin berasa gak punya banyak waktu. Kerja teroos.. hee.. audiobook kayak gini pasti ngebantu banget yah namatin buku2 yang masih setengah kubaca. hee

    Like

  26. buat perjalanan ini enak deh jadi gak perlu berat berat bawa buku fisik lagi gitu biar bisa ngisi waktu

    Like

  27. baca buku masih zaman tapi klo dengein buku, upto date bgt ya mba, cocok bgt nih sama mamah2 millenial yg sibuknya ekstra banget. kerjaan domestik lancar, tp ttp bisa upgrade diri

    Like

  28. Udah nggak ada alasan lagi nih buat males baca bukh kalo gini ceritanya yaaa, ini udah praktis banget sih tinggal duduk manis dan dengerin hihi, auto mah download juga aku ah

    Like

  29. Lumayan banget nih buat nyobain, 7 hari dengerin audiobook. Kadang tuh pas lagi baca seru banget, nggak rela udahan, padahal kerjaan masih numpuk. Kalau ada udiobook gini kan bisa didengerin sambil masak, sambil nyapu, dll. Hehe

    Like

  30. Aku banget nih, suka baca buku tapi udah rempong banget dengan segala urusan rumah, jadi seringnya ga bisa sekadar duduk diam untuk menikmati buku gitu. Pas banget ya ada Storytel yang bisa membantu hobi lama bersemi kembali.

    Like

  31. Gak nyangk banget, zaman sekarang ada Aplikasi Audiobook Storytel yang sangat mudah.
    Tapi sayangnya ada beberapa buku yang gak ada versi ebooknya. Karena terkadang, selain mendengarkan buku, aku juga pengen baca buku aslinya.

    Like

  32. Buat ibu-ibu yang susah pegang buku lama-lama karena punya bocils dan takut kesobek, adanya fitur Storytel ini ngebantu banget supaya ibu-ibu rajin baca buku.
    Seneng kalau suara narratornya juga keren, kataya ada mba Dian Sastro yang jadi narratornya

    Like

  33. Pas banget nih buat hiburan saat perjalanan mudik kita gk perlu repot bwa buku hanya handphone dan kuota yang full tinggal dngerin storytell aja

    Like

  34. enaknya storytel itu ya bisa didengerin yaa.. jadi dia enggak memakan waktu kita. bisa sambil leyeh2 jelang tidur atau menunggu waktu sahur dan berbuka

    Like

  35. Sekarang emang orang-orang lebih suka baca buku digital tapi lebih enak lagi kalo dibacain ya. Aku dah coba juga Storytel, wah asik deh dibacain.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s