Parenting

Belajar Sambil Bermain Game Online Edukatif di Plays.org

Perkembangan teknologi dan kehadiran gadget dengan berbagai kecanggihannya seringkali memang menjadi ancaman bagi orangtua karena takut anak-anak kecanduan. Pasalnya, anak-anak yang sudah kecanduan gadget bisa memicu beberapa efek buruk, sehingga sulit untuk melepaskannya. Sebagai orang tua, saya pun sadar betul akan hal tersebut. Namun untuk no screen time sama sekali merupakan hal yang mustahil bagi saya. Untuk itulah, saya pun sebisa mungkin mengontrol screen time anak-anak agar nggak berlebihan.

Dengan membatasi screen time anak-anak, saya berusaha supaya mereka nggak kecanduan main gadget yang berlebihan. Baik itu menggunakan laptop atau hape untuk nonton ataupun main games. Apalagi anak-anak saya baru berusia 6 tahun dan 3 tahun, di mana masih dalam masa pertumbuhan. Alhasil, nggak jarang juga nih kalau mereka sudah terlalu lama main gadget dan nggak mau berhenti, saya mulai bertanduk deh.

game online gratis

Meski memiliki sisi negatif, bukan berarti gadget nggak memiliki sisi positif. Jika bisa mengarahkan dengan baik, saya sih percaya kalau gadget pun bisa memberikan dampak positif. Karena itulah saya pun mencoba supaya di saat anak sedang screen time, dia nggak hanya sekadar nonton atau main game yang unfaedah.

Jadi ketika anak-anak menonton video di youtube, saya pun berusaha mencoba mengarahkan anak untuk menonton video di Youtube yang memiliki nilai pembelajaran. Misalnya, kayak video kartun yang mengenalkan warna, huruf dan semacamnya. Selain itu, jika dia ingin main game, saya juga berusaha memilihkan game yang bermanfaat. Jadi anak-anak pun bisa belajar sambil bermain game online.

Saya pun berusaha mencarikan anak-anak game yang bisa dijadikan sebagai ajang belajar buat mereka. Saat browsing, beruntung akhirnya saya menemukan situs plays.org. Perlu kamu tahu nih, plays.org merupakan situs game online gratis berbasis web. Di plays.org tersedia banyak kategori maupun jenis game online yang bisa dimainkan oleh anak-anak hingga dewasa.

Rekomendasi Game Online Edukatif untuk Anak

Setelah mencoba berbagai games di plays.org, saya pun kemudian memilihkan game online yang bisa dijadikan pembelajaran atau mengasah otak mereka. Berikut ini ada beberapa rekomendasi game online edukatif di plays.org yang cocok bagi anak-anak usia prasekolah hingga TK.

Fuzz Bugs
Game yang satu ini merupakan salah satu game online gratis dengan desain visual yang menarik. Apalagi karakter gamenya yaitu si fuzz bugs sangatlah lucu dan menggemaskan. Memainkan game ini, anak belajar untuk mensortir, berhitung, dan membandingkan benda berdasarkan ukuran, jumlah dan posisi. Memainkan game ini juga terasa lebih menyenangkan karena pemain juga bisa membuat fuzz bug sesuai kreasinya sendiri. Anak saya yang berusia 3 tahunan seneng banget nih kalau memainkannya. Paling semangat kalau disuruh custom sendiri karakter fuzz bugs.

game online edukatif

Find The Number
Game online yang ini cocok dimainkan untuk mengenalkan angka pada anak. Memiliki total 20 level, pemain harus menemukan angka yang diminta pada setiap levelnya. Di sini pemain harus bisa fokus mencari angka yang diminta, karena angka-angkanya tersebar secara acak dengan berbagai warna. Hasil yang benar akan muncul di akhir setiap level. Selain itu, di akhir permainan nanti akan muncul pula total nilai yang di dapat. Oh ya, untuk memainkanya bisa menggunakan mode timer atau tanpa timer. Tinggal pilih mana yang lebih disukai. Tapi kalau mau lebih menantang, gunakan mode timer untuk melatih kemampuan mengidentifikasi angka supaya lebih baik.

game online edukatif

Food Count
Masih berhubungan dengan hitung-hitungan, game online edukatif yang satu ini cukup sederhana dan menyenangkan. Apalagi visual game-nya juga memiliki gambar yang cute. Tujuan dari game ini, yaitu pemain bisa menghitung dengan benar gambar makanan tertentu yang muncul pada layar. Ada gambar burger, kentang goreng, pizza, telur, corisant, keju, steak dll.

game online edukatif

Tantangannya, semakin naik level, gambar makanannya semkin banyak dan ada yang saling bertumpukan. Nah, untuk melihat dan menghitung dengan jelas pemain bisa memindahkan atau menggeser gambar makanan yang bertumpukan. Setelah menghitung, tinggal pilih jawabannya dari tiga pilihan angka yang tersedia di bawah layar. Kalau jawabannya benar, pemain akan mendapat point dan jika salah maka game over. Bermain game ini, bisa melatih anak untuk berhitung, mengidentifikasi angka dan juga melatih kejelian anak.

Labyrinth Maze Game
Cara memainkannya sederhana. Pemain disuruh untuk memindahkan balok hitam keluar dari labirin dalam kurun waktu tertentu. Totalnya ada 15 level labirin yang harus diselesaikan secepatnya. Pemain bisa membandingkan score time dengan pemain lainnya, atau score time miliknya sebelumnya.

game online edukatif

Ben 10 Spot the Difference
Kalau game online yang satu ini cocok banget buat penggemar Ben 10. Seperti judulnya, pada game ini pemain disuruh untuk menemukan perbedaan dari dua gambar yang berbeda dalam batas waktu tertentu. Kalau salah klik, maka akan mengurangi waktu. Jika jawabannya benar akan muncul lingkaran merah. Selain itu, pada setiap gambar pemain memiliki satu hint atau petunjuk yang bisa dipakai. Memainkan game online ini, anak belajar untuk teliti dan fokus pada detail.

game online

ABC Slider Puzzle
Kalau game yang satu ini nggak cuma asyik buat dimainkan anak-anak tapi juga orang dewasa juga. Gamenya simple, pemain hanya perlu mengurutkan huruf alphabeth yang sudah diacak dengan cara menggesernya. Ya, memainkan game online yang satu ini tak hanya melatih anak untuk mengenal dan menghafalkan huruf, tapi juga melatih kemampuan logika dan problem solving. Semakin sedikit memindahkan hurufnya, maka poinnya lebih besar. Oh ya, pemain pun bisa memilih hurufnya mau huruf kapital atau huruf kecil. Selain itu juga tersedia berbagai pilihan tema visual saat memainkan gamenya.

game online edukatif

Nah, itu tadi beberapa rekomendasi game online edukatif untuk anak-anak yang bisa kamu temukan di plays.org. Selain game di atas, tentunya masih banyak lagi game seru lainnya yang bisa dicoba. Tapi kalau saya sebutin semuanya satu-satu kebanyakan euy, jadi lebih baik langsung cuss aja sendiri ke situsnya dan pilih game online gratis yang kamu mau.

game online gratis

Eits, meskipun anak-anak bermain game online edukatif, tapi tetap saja orang tua harus hati-hati. Sebisa mungkin temani anak saat bermain game online dan juga tetap batasi anak dalam bermain game online ya. Mengingat game online meski bisa memberi manfaat, namun juga bisa jadi boomerang jika salah kaprah dalam menggunakan.

Kini, mencari game yang ramah anak atau game edukatif untuk anak nggak perlu pusing lagi deh. Tinggal meluncur ke plays.org dan pilih game-nya berdasarkan petunjuk kategori game yang berada di bagian bawah situs. Sangat memudahkan sekali.

Apa cuma itu saja kelebihannya? Tentu saja nggak dong. Masih ada beberapa kelebihan lain dengan bermain game di plays.org.

Kelebihan Bermain Game Online di Plays.org

Berikut ini beberapa kelebihan bermain game online di Plays.org:

  1. Free alias gratis.
    Ya, bermain game online di Plays.org bisa kamu lakukan secara gratis tanpa syarat apapun. Nggak butuh biaya apapun alias gratis. Kamu bisa memainkan semua game online di dalamnya tanpa harus subscribe, download apalagi bayar. Ya, semua game online gratis dari level awal hingga akhir. Jadi, nggak ada tuh cerita main game di awal gratis, tapi nanti di level tertentu harus bayar buat unlock levelnya.
  2. Bisa dimainkan di berbagai gadget.
    Mau main di laptop, PC. tablet atau hape? Semuanya bisa. Tenang saja, kamu memainkan semua game di plays.org di semua perangkat gadget, baik yang berbasis iOs atau Android dan juga semua jenis browser. Dah gitu, situsnya juga mobile friendly pula. Bagai menemukan harta karun nggak sih?
  3. Nggak perlu download.
    Ini juga salah satu kelebihannya yang saya suka. Kita nggak perlu download atau instal apapun untuk memainkan game online di plays.org. Cukup dengan buka situsnya saja dan bisa langsung main game pilihan kita. Hemat memori bukan? Apalagi kalau mainnya di hape, bagi saya yang punya hape kentang dengan memori yang pas-pasan tentunya bisa main game tanpa donwload itu kayak dapat durian runtuh.
  4. Tersedia banyak sekali games.
    Hingga saya menuliskan ini sudah ada ribuan games di websitenya. Bahkan setiap harinya selalu ada games baru yang ditambahkan. Kamu bisa mengeceknya di bagian “NEW” pada website. Dijamin bakal nagih deh buat main games di plays.org. Soalnya ada banyak jenis dan kategori games yang cocok untuk berbagai kalangan. Kamu juga bisa menyimpan game favoritmu lho. Tapi untuk yang satu ini kamu harus registrasi dulu ya! Tenang saja, untuk registrasi juga free kok.
  5. Tanpa iklan.
    Lagi main game tiba-tiba muncul iklan. Hmm…rasanya menyebalkan nggak sih? Apalagi kalau terlalu sering. Tenang saja, kalau bermain game online gratis di plays.org, hal itu nggak akan terjadi karena di plays.org bebas iklan sama sekali.

Selain kelebihan yang saya sebutkan di atas, asyiknya lagi di plays.org setiap gamesnya memiliki penjelasan dan instruksi cara bermain yang terbilang detail. Meski memakai bahasa Inggris, namun masih bisa dipahami kok. Desain visual setiap gamenya juga terbilang colorfull dan menarik.

Meski bisa dimainkan kapan saja, di mana saja, cuma satu saja sih kurangnya dari bermain game online di plays.org yaitu harus terkoneksi dengan internet. Kalau nggak ada internet ya bubar deh main game-nya. Wajar aja sih, namanya saja game online hehehe….

game online

Ssstt….Nggak hanya anak-anak saya aja yang nagih main game online gratis di plays.org lho, emaknya pun juga ketagihan. Sekarang selain nonton drakor atau baca buku, saya bisa menghilangkan jenuh dan stress dengan main game online. Biasanya saya mainnya kalau aman dari gangguan anak-anak. Kalau ada anak-anak, ya pastinya mereka bakal minta ikut main deh.

Beberapa game online favorit saya di plays.org antara lain pac-rat, neon invaders, sama tetris. Ketiga-nya termasuk game yang terinspirasi dari game jadul. Kalau saya sih bilangnya, game lama dengan wajah baru. Memainkan game-game tersebut, jadi bikin nostalgia deh. Pasalnya, zaman masih jadi bocah imut-imut saya paling demen main ketiga game tersebut. Kalau kamu bagaimana, apa nih game favorit kamu?

6 thoughts on “Belajar Sambil Bermain Game Online Edukatif di Plays.org

  1. Kemarin aku baru aja main game di plays.org ini bareng anakku. Kita kayak main cerdas cermat adu cepat menjawab pertanyaan dari game hehe seru banget emang

    Like

  2. makasih rekomendasinya kak. Anak-anak saya juga suka main game. Memang seharusnya kita sebgai ortu bisa emngontrol apa yg dimainkan anak, nah ada rekemndasi game ini bisa buat edukasi anak juga ya

    Like

  3. permainannya kayaknya asik buat anak2 ya mba.. kalau aku buka plays.org kayaknya bakalan ikut main juga deh haha karena kadang anakku tuh minta dikasih contoh dulu gituu..

    Like

  4. Aku juga lagi ngajarin anakku utk bermain game edukatif nih di Plays.org. Kita ngga perlu install aplikasi lagi utk bermain game. Tinggal mengajak anak utk memilih permainannya dan langsung dimainkan sesuai yg anak suka. Biasanya aku kasih contoh dulu. Biar anak nanti yang ngetes sendiri. Kalo ngga suka, ya tinggal pilih game lainnya. Keren nih game-nya.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s