Tak Terdefinisi

7 Cara Membedakan Cincin Kawin Emas Putih yang Asli dan Palsu

membedakan cincin emas putih asli dan palsu

Pernikahan nggak akan lengkap kalau nggak ada benda satu ini. Ya, benda itu adalah cincin kawin atau cincin pernikahan. Umumnya, cincin pernikahan terbuat dari bahan emas putih karena memiliki daya tahan yang sangat baik. Namun, nyatanya nggak sedikit juga oknum-oknum nakal yang menjual cincin dengan bahan emas palsu. Oleh karena itu, kamu perlu tahu cara untuk membedakan emas putih asli dan palsu berikut ini.

Membedakan Cincin Emas Putih Asli dan Palsu

1. Memperhatikan kilauan yang khas

Berbeda dengan jenis logam lainnya, emas putih memiliki sebuah keistimewaan yang sangat unik, yakni memiliki kilauan yang khas. Inilah cara paling baik untuk membedakan apakah bahan yang digunakan merupakan emas putih asli atau bukan. Mungkin bagi orang awam, hal ini masih cukup asing. Namun, jika seseorang sudah terbiasa dan sangat mengenali kilauan ini, maka perbedaan ini dapat terlihat dengan sangat jelas.

2. Emas putih sebenarnya juga berbahan emas kuning

Tahukah kamu, meski namanya emas putih dan warnanya juga cenderung putih, tapi sebenarnya emas putih juga berasal dari emas kuning juga, lho. Ini terjadi lantaran emas kuning mengalami beberapa perbedaan prosedur dalam pembuatannya. Ini disebabkan karena sudah berkembangnya teknologi saat ini. Sehingga orang yang kurang menyukai warna emas bisa lebih memilih emas putih ini. Artinya, untuk mengecek keaslian emas putih bisa dilihat dari kandungan aslinya.

3. Lebih kuat karena adanya campuran logam lain

Pembuatan emas putih bisa dikatakan lumayan kompleks karena adanya pencampuran dengan logam lain. Campuran logam inilah yang membuat emas putih menjadi lebih kuat dan nggak rapuh. Jadi, kalau kamu menemukan emas putih yang terkesan kurang kuat dan mudah rusak, bisa jadi itu palsu. Untuk memastikan lebih lanjut, kamu bisa mengombinasikan dengan cara yang lain.

4. Mempunyai lapisan rhodium

Ciri lain yang membedakan antara cincin emas putih yang asli dengan yang palsu adalah adanya lapisan rhodium. Apa itu? Rhodium merupakan bahan yang sering digunakan di industri perhiasan. Fungsi dari bahan ini adalah membuat bahan menjadi mengkilap dan lebih indah. Itulah sebabnya cincin emas putih yang asli diberi lapisan ini untuk memperindah tampilannya. Jika cincin memiliki lapisan rhodium di bagian luar, berarti perhiasan itu asli.

5. Menggigit emas

Pernah melihat orang menggigit emas untuk mengecek keasliannya? Nah, rupanya cara orang di masa lalu untuk mengenali keaslian emas dengan cara menggigit masih bisa diterapkan saat ini. Hal tersebut ternyata cukup masuk akal dan bisa membantu mengecek apakah itu emas asli atau bukan. Jika muncul luka saat menggigit emas, bisa dipastikan bahwa emas tersebut palsu. Pasalnya, emas yang asli nggak akan menimbulkan luka saat digigit. Namun, jika kamu kurang cocok dengan cara ini bisa melakukan cara yang lainnya kok.

6. Menggunakan magnet

Kamu memiliki magnet di rumah? Kalau iya, barang tersebut bisa membantu kamu untuk mengecek keaslian cincin emas putih. Caranya gampang, jika cincin tertarik ketika didekatkan dengan magnet, kemungkinan besar emas tersebut palsu. Begitu juga sebaliknya. Saat cincin tetap diam walaupun didekatkan dengan magnet kekuatan besar sekalipun, maka perhiasan tersebut adalah asli.

7. Memiliki sertifikat keaslian

Jika sudah melakukan cara-cara sebelumnya namun masih ragu, cara ini bisa menjadi yang paling ampuh. Emas yang asli pasti memiliki sertifikat keaslian. Sertifikat ini juga membantu untuk menjaga harga emas agar tetap stabil.

Itulah beberapa hal yang membedakan antara cincin emas putih yang asli dan yang palsu. Untuk menghindari emas putih yang palsu, pastikan kamu membelinya di tempat yang terpercaya. Kamu bisa membeli cincin emas putih di Diamond & Co. Diamond & Co yang sudah berpengalaman dan terpercaya dalam urusan perhiasan, khususnya cincin pernikahan. Informasi lebih jelas dan katalog produknya bisa kamu lihat di http://www.diamondnco.id.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s