Celoteh

Daftar Rumah Sakit Penyedia Rapid Test dan PCR Test di Semarang

Di masa new normal, kini pemerintah sudah memberikan izin sarana transportasi publik antarkota untuk kembali beroperasi. Mulai dari transportasi darat, hingga udara. Tentunya, ini sangat berbeda dibandingkan saat sebelum lebaran, dimana pergerakan masyarakat sangat dibatasi.

rapid test

Meski layanan transportasi publik seperti kereta dan pesawat sudah dibuka kembali, namun untuk menggunakannya nggak bisa sebebas sebelum pandemic. Pasalnya, calon penumpang wajib menunjukkan keterangan bebas Covid -19. Baik itu berupa rapid test atau swab/PCR test.

Selain untuk keperluan bepergian, keterangan bebas Covid-19 biasanya juga dibutuhkan untuk mengikuti acara tertentu. Contohnya seperti yang terjadi dengan suami saya. Berapa waktu lalu dia harus melakukan rapid test sebagai syarat untuk mengikuti sebuah acara. Alhamdulillah, hasilnya non reaktif dan kondisi suami juga lagi sehat, jadi kami rasa nggak perlu untuk melakukan swab/PCR test. Karena jika hasilnya reaktif, tentunya harus test PCR untuk memastikan apakah benar-benar positif Covid 19 atau nggak.

Berbeda lagi jika merasakan gejala Covid 19 tapi hasil rapid test negatif. Jika hal tersebut terjadi, sebaiknya tetap dilanjutkan dengan test PCR/ swab untuk memastikan. Kenapa? Karena rapid test hanya upaya skrining awal saja, yang keakuratannya berbeda jauh dengan test PCR. Sehingga jika untuk memastikan apakah seseorang terinfeksi Virus Covid 19 atau nggak, lakukanlah swab tes/PCR.

Baik rapid test maupun PCR test tentunya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Keduanya bisa dipakai dalam rangka diagnosis Covid-19. Namun rapid test direkomendasikan bagi masyarakat untuk tes skrining yang hendak secara mandiri mengetahui kondisinya terkait dengan Covid-19. Terlebih saat ini banyak fasilitas kesehatan yang sudah mampu memberikan pelayanan rapid test secara komprehensif dan praktis. Sedangkan bagi yang ingin mengetahui secara lebih akurat apakah terinfeksi virus Corona atau nggak, harus melakukan swab/PCR test.

Rumah Sakit Penyedia Tes Covid-19 di Semarang

Nah, untuk kamu yang ingin melakukan swab/PCR test secara mandiri, untuk saat ini kamu bisa melakukannya di beberapa rumah sakit besar. Bagi kamu yang berada di Semarang dan sekitarnya, berikut ini beberapa daftar Rumah Sakit yang menyediakan layanan rapid tets dan PCR test mandiri . Dimana saja itu?

1. RSN Diponegoro

Salah satu rumah sakit di Semarang yang menyediakan pemeriksaan Covid-19 adalah RS Nasional Diponegoro. Bahkan menjadi salah satu RS yang melayani swab/PCR test mandiri sejak awal pandemi. Berbeda dengan rumah sakit lainnya, RS Nasional Diponegoro hanya menawarkan satu jenis paket pemeriksaan Covid 19 yang sudah lengkap sudah termasuk PCR test. Asyiknya lagi, kamu bisa mendapatkan paket tes Covid 19 yang cukup komplit dengan harga yang cukup terjangkau. Kamu cukup merogoh kocek senilai Rp 980.000. Harga yang terbilang cenderung lebih murah dibandingkan dengan rumah sakit lainnya.

Sayangnya, semenjak Agustus kemarin RSN Diponegoro sementara waktu sudah nggak melayani pendaftaran tes PCR mandiri. Hal ini karena RSN Diponegoro sedang memprioritaskan untuk melayani pemeriksaan sampel PCR-Covid-19 rujukan dari RS lain dan tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan. Sehingga untuk layanan paket screening mandiri PCR test ditunda hingga pemberitahuan lebih lanjut.

2. RSUD Wongsonegoro Jawa Tengah

Kamu juga bisa melakukan tes Covid 19 di RSUD yang berada di jalan Fatmawati No.1, Mangunharjo, Kec. Tembalang tersebut. Di sana, kamu bisa melakukan dua macam pemeriksaan mandiri tes Covid 19, yaitu rapid test atau PCR Test. Dari info yang didapatkan, kamu akan dikenai biaya sekitar Rp 500 ribu untuk melakukan rapid test.

3. RS Telogorejo

Rumah sakit Telogorejo Semarang kini juga sudah menjadi salah satu rumah sakit yang melayani pemeriksaan rapid test dan PCR test mandiri. Tepatnya semenjak 2 Juni lalu. Adapun  tarifnya, untuk rapid test berkisar mulai dari Rp 399.000 untuk hingga Rp 850.000, tergantung paket yang kamu pilih. Sedangkan untuk PCR Test, kamu harus mengeluarkan uang sebesar Rp 2,3 juta untuk satu kali PCR test atau Rp 3,2 juta untuk 2 kali PCR test. Eits, tapi untuk yang 2 kali test ini ada catatannya. Yaitu dilakukan oleh orang yang sama dalam waktu dua hari berurutan. Hasil tesnya dapat diketahui setelah 2 hari kerja.

Nah, kalau kamu ingin melakukan PCR test di RS Telogorejo, kamu wajib daftar terlebih dahulu minimal H-1 sebelumnya. Caranya gampang, tinggal ketik DAFTAR PCR kirim ke 08112791949. Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, bisa hubungi pihak RS melalui Call Center (024) 86466000 atau Humas 08112791949.

4. Siloam Hospital

Kamu juga bisa melakukan tes Covid 19 di RS Siloam Group. Salah satunya yaitu RS Siloam cabang Semarang yang beralamat di Jalan Kompol Maksum No 296, Peterongan, Semarang. Di RS Siloam Semarang, kamu bisa melakukan rapid test hingga PCR test.

Soal biaya, RS Siloam memberikan beberapa paket penawaran dengan biaya yang bervariasi. Beberapa paket tes Covid-19 di Siloam Hospital yaitu:

1. Rapid test Rp 149.000

2. Rapid test, Konsultasi Dokter dan Vitamin Rp 249.000

3. Serology test dan Konsultasi Dokter Rp 200.000

4. Serology test, konsultasi dokter dan Vitamin Rp 300.000

5. Swab/PCR test (Sunday or public holiday) Rp 1.800.000

6. PCR/Swab Test Rp 2.500.000

  • Hasil tes H+1 (Jabodetabek) dan 3 hari (luar Jabodetabek).

7. PCR/Swab Test Rp 3.500.000

  • Hasil tes di hari yang sama (same day result)
  • Berlaku di Siloam Hospital tertentu dan melalui perjanjian

Untuk informasi lebih lengkapnya, kamu bisa mencoba menghubungi pihak rumah sakit Siloam Semarang, di 0823 1230 1500  (WA chat) atau (024) 8600 1900 setiap hari selama 24 jam.

5. RS Colombia Asia

Bagi kamu yang berada di daerah Semarang barat, kamu bisa melakukan pemeriksaan tes Covid 19 di RS Columbia Asia. Di RS yang berada di Jalan Siliwangi no. 143 itu, kamu bisa melakukan tes Covid 19 setiap Senin-Jumat, mulai pukul 09.00-16.00 WIB.

Untuk rapid test, RS Columbia Asia melayani rapid test mandiri yang dilakukan secara drive thru dengan biaya sebesar Rp 595.000. Sedangkan untuk biaya swab test atau PCR test kamu akan dikenakan biaya Rp 3,2 juta. Biaya tersebut berlaku untuk dua kali pemeriksaan dalam interval waktu pengambilan swab pertama dan kedua adalah 24 jam.

Adapun untuk hasil pemeriksaannya, kamu bisa mendapatkan hasil rapid test sekitar tiga jam kemudian. Lalu untuk swab/PCR test, kamu bisa mendapatkan hasilnya setelah tiga hari. Hasil pemeriksaan rapid test akan dikirimkan melalui email atau jika butuh hard copy, kamu bisa melakukan pengambilan ke rumah sakit.

Bagi kamu yang mau melakukan tes Covid-19 di RS Columbia Asia Semarang, sebaiknya hubungi pihak rumah sakit terlebih dahulu. Paling nggak H-1 sebelum pemeriksaan untuk membuat janji dan transfer pembayaran.

6. RS Hermina (Pandanaran dan Banyumanik)

Di rumah sakit yang terkenal akan fasilitas kesehatan untuk ibu dan anak  ini, kamu juga  bisa melakukan swab/ PCR test mandiri. Di RS Hermina, ada beberapa pilihan harga untuk satu kali PCR test, tergantung kecepatan keluarnya hasil test. Kamu  bisa memilih biaya PCR test mulai dari Rp 999.000 (7 hari kerja), Rp 1.500.000 (5 hari kerja), hingga Rp 1.900.000 (3 hari kerja). 

7. RS St. Elisabeth

Selain itu, ada Rumah Sakit St Elisabeth Semarang yang juga melayani pemeriksaan screening Covid-19. Kamu bisa memilih diantara dua paket tes Covid 19 yang ditawarkan pihak RS untuk pembayaran pribadi. Paket 1 melayani rapid test dan konsultasi dokter dengan harga Rp 400.000. Lalu paket 2 melayani rapid test seharga Rp 800.000 dengan fasilitas pemeriksaan laborat rutin, foto rontgen dan konsultasi dokter. Sayangnya, untuk sementara ini RS St. Elisabeth belum menerima pemeriksaan PCR test. Pasien dapat melakukan pendaftaran minimal satu hari sebelum pemeriksaan dan dapat menghubungi Bagian Medical Check Up (MCU).

8. RS Roemani

Rumah sakit lainnya yang melayani rapid test adalah RS Roemani yang beralamat di Jalan Wonodri Baru Raya no.22, Wonodri. Beberapa waktu lalu, suami melakukan rapid test di RS Roemani. Untuk tarifnya terbilang murah, karena cuma merogoh isi dompet Rp 185.000 saja. Sayangnya, untuk di RS Roemani ini saya belum tahu apakah menerima swab/ PCR test mandiri atau nggak.

Nah, itu tadi beberapa RS di Semarang yang swab melayani rapid test atau PCR test mandiri. Bagi kamu yang ingin melakukan rapid test atau PCR test mandiri, sebaiknya hubungi pihak RS terlebih dahulu untuk informasi lebih lanjut ya!

Rapid Test dan PCR melalui Aplikasi Halodoc

Oh, kamu juga bisa melakukan rapid test dan PCR Test melalui aplikasi Halodoc loh. Caranya? Kamu harus mengunduh aplikasi Halodoc di Google Play atau App Store. Setelah melakukan registrasi, kamu bisa memilih lokasi untuk melakukan rapid test atau Swab/PCR Test. Kamu tinggal buat janji dengan memilih tempat, tanggal dan waktu untuk melakukan rapid test atau PCR test sesuai dengan lokasi pilihanmu. 

Kalau kamu masih memiliki pertanyaan terkait virus Corona dan pemeriksaannya, jangan ragu juga untuk menanyakan langsung kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Di aplikasi ini, kamu bisa chat langsung dengan dokter. Jika butuh bertemu untuk pemeriksaan langsung, kamu juga bisa membuat janji konsultasi dengan dokter di rumah sakit pilihanmu.

 

29 thoughts on “Daftar Rumah Sakit Penyedia Rapid Test dan PCR Test di Semarang

  1. Sekarang kalau mau bepergian menggunakan transportasi umum seperti kereta dan pesawat harus siap untuk rapid test/PCR ya. Aku juga harus mulai mengumpulkan informasi RS di kotaku yg menyediakan rapid/pcr test nih buat jaga-jaga kalau anak-anakku diminta balik untuk kuliah offline kembali. Tapi sepertinya sampai bln Des masih tetap kuliah online di rumah.

    Like

  2. Iya mbak, hasil rapid test non reaktif, elbih baik dilakukan swab test ya mbak, agar lebih yakin kita sehat. Alhamdulillah sekarang sudah banyak RS yang menyediakan rapid test dan pcr ya di semarang, semoga semua sehat sehat yaa

    Like

  3. Nah..dengan aplikasi Halodoc,gak perlu repot lagi yaa cari informasi kesehatan (termasuk info daftar rumah sakit penyedia rapid rest) di berbagai situs.. satu aplikasi, dengan banyak informasi 🙂

    Like

  4. Informasi yang dibutuhkan banyak orang saat ini.
    Karena untuk keluar kota pun diperlukan tes rapid dulu yaa…
    Saudara ku kemarin berhasil, dari Jakarta pulkam ke Lombok membawa 4 anaknya, mashaAllah~

    Like

  5. Hampir semua rumah sakit udah sedia Rapid Test dan PCR test ya. Kemarin sempat nanya juga di RS Roemani, tapi trus gak jadi karena batal ke Batam. Yang aku masih belum tahu juga tuh apa bisa daftar dulu di aplikasi Halodoc baru datang ke rumah sakit, jadi nggak perlu antri gitu

    Like

  6. Untuk PCR test rentang harganya kok beda banget ya Alley. Ada yang sekitar 999ribu, ada juga yang nyampe 3 jutaan. Itu bedanya opo yaaaa…
    Duh semoga kita semua diberi kesehatan ya, ora ketemplekan virus segala.

    Like

    1. Rapid test ini bisa jadi tes awal kita reaktif atau tidak. Apalagi yang bergejala atau yang baru perjalanan luar kota setelah bertemu orang lain. Sebelum kembali ke keluarga perlu melaksanakan rapid test dan jika reaktif wajib swab. Harganya memang lumayan ya mba. Siappp noted daftar RS penyedia rapid dan swab.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s