Kesehatan

Ingin Gigi Sehat? Lakukan Hal Ini!

Ada yang sudah pernah merasakan sakit gigi? Tentunya nggak mengenakkan sekali bukan? Saya sendiri belum lama ini merasakan sakit gigi. Sampai bikin saya nggak bisa tidur karena rasa nyeri yang melanda. Pasalnya, ternyata gigi geraham saya berlubang dan kemungkinan sudah mengenai akar gigi.

Pernah berkonsultasi ke dokter gigi secara online, saya pun disarankan untuk melakukan perawatan akar gigi. Sayangnya, hal tersebut belum saya lakukan karena situasi pandemi. Jadinya sementara ini saya hanya mengkonsumsi obat pereda nyeri saja jika sakit giginya kambuh.

Makanya, buat kamu yang giginya masih sehat dan nggak ada masalah, jagalah kesehatan gigimu. Jangan sampai mengalami gangguan gigi. Beneran deh, sakit gigi itu nggak nyaman banget.

sakit gigi

Apalagi untuk mengobati sakit gigi itu juga butuh biaya yang nggak sedikit lho. Untuk berobat ke dokter gigi, paling nggak kamu harus merogoh kocek mulai dari Rp 100 ribu hingga ada yang jutaan. Tergantung tingkat keparahan gangguan yang dialami.

Belum lagi jika jika pengobatannya membutuhkan beberapa kali treatment. Selain habis uang juga habis waktu. So, lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan?

Nah, adapun dalam rangka menganggulangi gangguan gigi, ada dua cara yang bisa dilakukan. Yaitu dengan membersihkan gigi dan menjalankan diet yang tepat. Kalau kedua hal tersebut nggak dilakukan, maka bersiap-siap sajalah menunggu gigimu hancur. Untuk itu, berikut ini ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan supaya terhindar dari sakit gigi.

Menyikat gigi

Untuk membersihkan gigi, yang perlu kamu lakukan adalah menyikat gigi. Hal ini bertujuan untuk membersihkan gigi dari sisa makanan dan mencabut sisa makanan yang terjepit di antara gigi. Selain itu, perlu diingat juga bahwa sikat gigi yang lebih keras dan kaku belum tentu lebih baik. Namun yang terpenting adalah menyikat gigi setiap hari dengan gerakan yang halus, tetapi tepat untuk mendapatkan hasil terbaik. Berikut ini cara menyikat gigi yang benar.

  1. Posisikan sikat gigi secara horisontal (posisi tidur). Menyikatlah dengan gerakan ke atas dan ke bawah sampai menyentuh gusi.
  2. Gerakkan sikat ke depan dan ke belakang dengan mantap dan pendek-pendek.
  3. Sikat bagian luar, dalam dan juga bagian yang dipakai untuk mengunyah. Sikatlah satu persatu.
  4. Saat membersihkan bagian dalam, atas dan bawah gigi, gerakan sikat dalam posisi vertikal atau berdiri. Lakukan dengan tekanan yang mantap seperti sedang mengambil sesuatu.
  5. Terakhir, gunakanlah sikat yang halus untuk menyikat lidah dan bagian dalam pipi untuk menghindari berkumpulnya bakteri .

Bagaimana, cukup mudah bukan cara menyikat gigi yang benar? Jadi, mulai sekarang nggak boleh lagi sekadar asal menyikat saja ya! Lakukanlah menyikat gigi dengan benar agar didapatkan hasil yang maksimal supaya gigi tetap sehat.

cara menyikat gigi

Tips untuk SIKAT GIGI

  • Menggunakan sikat gigi yang masih bagus untuk menyikat gigi adakah suatu keharusan. Pasalnya, jika kamu memakai sikat yang sudah nggak bagus, sama jeleknya seperti nggak menyikat gigi sama sekali. Karena itu gantilah sikat gigi minimal 3 bulan sekali atau ketika sudah terlihat nggak bagus.
  • Sering-seringlah mengubah arah sikat gerakan saat menyikat gigi. Hal ini dikarenakan sikat tersebut hanya bisa membersihkan satu sampai dua gigi dalam satu gerakan yang sama.
  • Untuk menjangkau area mulut atau gigi yang susah dicapai oleh sikat gigi biasa, sebaiknya sediakan juga sikat yang berujung kecil atau runcing.
  • Sebaiknya sikatlah gigi setiap selesai makan. Namun jika nggak memungkinkan, usahakan untuk menyikat gigi dengan benar minimal dua kali sehari. Yaitu setiap pagi saat bangun tidur dan sekali pada malam hari menjelang tidur.

cara menyikat gigi

Berkumur setelah sikat gigi, perlukah?

Bagi sebagian di antara kalian mungkin ada yang terbiasa menggunakan obat kumur setelah menyikat gigi. Tujuannya? Tentu supaya gigi lebih bersih maksimal, meskipun kalian sebenarnya sudah menyikat gigi dengan benar. Namun, apakah itu benar?

Well, meski namanya adalah obat kumur, sebetulnya dia bukanlah obat. Fungsinya juga berbeda dengan menyikat gigi. Jadi, berkumur nggak akan menghilangkan semua sisa makanan, yang tertinggal di mulut. Namun dengan berkumur, akan dapat memberi rasa bersih pada mulut dan nafas yang segar. Ini seperti halnya minyak wangi atau deodoran yang nggak bisa menggantikan fungsi mandi. Seperti itu berkumur-kumur, yang hanya bisa dianggap sebagai penyegar saja. Jadi jangan dianggap sebagai pengganti menyikat gigi ya!

Diet yang benar

Selain menyikat gigi dengan benar, cara lainya untuk menjaga kesehatan gigi adalah dengan makan yang betul. Tak hanya membuat awet gigi, namun juga baik untuk kesehatan tubuhmu secara menyeluruh. Misalnya dengan mengurangi gula dalam makanan.

penyebab sakit gigi

Sebaiknya makanlah makanan yang berfungsi sebagai pembersih gigi. Seperti makan buah apel, wortel, kedondong atau jambu. Percaya deh, gigimu pasti akan lebih terjaga. Contoh makanan lainnya adalah jagung karena mengandung sedikit gula. Selain itu jagung, mempunyai daya serap yang mantap sehingga membuat gigi menjadi bersih.

Baca juga : Jenis-jenis Olahraga untuk Diet

Nah, itu tadi cara untuk menjaga kesehatan gigi, supaya terhindar dari sakit gigi. Apakah kamu sudah melakukannya? Selain itu, sebaiknya periksakanlah kesehatan gigimu ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali. Tentunya mencegah lebih baik daripada mengobati. Apalagi ongkos berobat gigi juga nggak murah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s