Kesehatan

Mengenal PRUSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Syariah

“Orang miskin dilarang sakit! “

Pernah mendengar istilah tersebut? Mungkin bagi sebagian besar dari kalian pernah mendengarnya. Bahkan bagi sebagian besar orang, hal tersebut memang benar adanya. Ya! di zaman sekarang, apa-apa serba mahal, termasuk soal kesehatan. Dimana biaya untuk berobat nggak sedikit. Bahkan setiap tahun biaya kesehatan bisa mengalami kenaikan sekitar 10 – 15 persen. Sehingga seringkali hanya orang-orang tertentu saja yang mampu berobat dan mendapatkan layanan kesehatan yang bagus.

Mengenal PruSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Syariah

Selain mahalnya biaya kesehatan, di sisi lainnya juga semakin banyak dan kompleksnya sejumlah risiko sakit. Tentunya ini menjadikan tantangan yang dihadapi oleh masyarakat kian berat. Jika sudah demikian, tentu perlu perencanaan keuangan yang tepat menjadi hal yang penting. Kalau nggak disiasati dengan baik, bukan hal yang mustahil jika kondisi finansial keluarga bisa hancur hanya untuk biaya kesehatan.

Pentingnya Asuransi Kesehatan

Mahalnya biaya kesehatan kini menyadarkan sebagian masyarakat akan pentingnya asuransi kesehatan. Memiliki asuransi kesehatan saat ini adalah sesuatu yang nggak bisa diabaikan. Bahkan, bisa dikatakan, asuransi kesehatan mutlak dimiliki untuk menjamin kesehatan diri kita dan keluarga. Apalagi di tengah situasi pandemi seperti sekarang, dimana penuh dengan ketidakpastian.

Dengan memiliki asuransi kesehatan, kamu nggak perlu lagi takut akan mahalnya biaya berobat ke rumah sakit. Terutama jika harus melakukan rawat inap yang sering membuat merogoh kocek cukup dalam. Ini lantaran serangan penyakit tanpa bisa ditebak bisa datang kapan saja tanpa pandang bulu. Nggak peduli kamu orang kaya atau miskin, nggak peduli usia muda atau tua. Bahkan nggak sedikit pula penyakit berat yang menyerang usia muda.

asuransi kesehatan terjangkau

Tentu nggak mau kan, kalau uang tabungan yang sudah kamu kumpulkan sekian lama dengan susah payah, tiba-tiba harus ludes dalam sekejap untuk membayar tagihan rumah sakit. Nah, agar hal tersebut nggak terjadi, kamu bisa mencegahnya dengan memiliki asuransi kesehatan.

Produk Baru Prudential

“Penghasilan pas-pasan nih, gimana bisa nabung untuk bayar premi asuransi yang mahal, apalagi asuransi komersil.

Mungkin itulah yang terlintas di benak kalian. Eits, jangan sedih dulu, karena belum tentu yang kamu pikirkan itu benar. Ya memang sih, semakin bagus layanan kesehatan yang didapatkan, maka semakin tinggi pula biaya premi yang harus dibayarkan. Tapi bukan berarti nggak ada produk asuransi yang terjangkau tapi tetap oke.

Nah, beberapa hari lalu saya mengikuti press conference dari Prudential. Salah satu penyedia asuransi kesehatan yang sudah nggak asing lagi namanya. Dalam acara yang berlangsung via daring tersebut, Prudential memperkenal produk terbaru mereka. Yaitu PruSolusi Sehat dan PruSolusi Sehat Syariah.

Pada kesempatan tersebut menghadirkan tiga pembicara. Mereka adalah Jens Reisch ( President Director Prudential Indonesia), Prof. Budi Hidayat, SKM, MPPM, PhD (pakar ekonomi dan asuransi kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia) dan Himawan Purnama, Head of Product Development Prudential Indonesia).

PruSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Syariah

Menurut Jens, PRUSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Syariah merupakan salah satu inovasi Prudential Indonesia di tengah siatuasi pandemi Covid 19 yang menantang. Produk terbaru Pudential ini diharapkan bisa menjadi salah satu solusi asuransi kesehatan murni yang terjangkau dan terfokus pada perlindungan kesehatan.

Hadirnya produk tersebut ternyata salah satunya berasal dari keinginan PT Prudential Life Assurance untuk semakin menegaskan komitmennya. Ya, selama 25 tahun hadir di Indonesia, Prudential selalu berusaha mendengarkan, memahami dan mewujudkan berbagai kebutuhan perlindungan kesehatan dan kesejahteraan jangka panjang bagi seluruh keluarga Indonesia.

Apalagi di tengah situasi pandemi seperti sekarang, dimana penuh dengan ketidakpastian. Dengan segala dampak yang terasa jelas selama COVID-19, masyarakat harus bijak merencanakan keuangan, terutama untuk mempersiapkan perlindungan kesehatan. Hal tersebut semkin ditegaskan oleh pernyataan Prof. Budi Hidayat.

Menurut dia, peluang pengeluaran katastropik makin tinggi jika ada anggota keluarga yang mejalani rawat inap. Apa itu pengeluaran katastropik? yaitu ketika rumah tangga membelanjakan lebih dari 10% total pendapatan mereka (diukur dari tingkat konsumsi) untuk perawatan kesehatan. Terlebih, pada 2019, kenaikan biaya rumah sakit Indonesia diperkirakan meningkat 10,8% dari 2018, lebih tinggi dibandingkan beberapa negara Asia lainnya.

Untuk itulah, PRUSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Syariah hadir di Indonesia untuk merespon kondisi tersebut. Produk terbaru Prudential ini memberikan proteksi kesehatan murni tanpa komponen investasi. Dijelaskan pula oleh Himawan, dengan beragam keunggulannya, kedua produk ini menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan masyarakat di tengah berbagai ketidakpastian ekonomi yang masih mungkin terus terjadi.

Rincian PRUSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Syariah

Perlu kamu tahu, produk terbaru dari Prudential yang diluncurkan pada Selasa (30/6) lalu tersebut merupakan produk asuransi kesehatan tradisonal. Karena asuransi kesehatan murni atau tanpa komponen investasi (bukan unit link) menjadikannya PRUSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Syariah lebih terjangkau. Cocok nih buat kamu yang menginginkan perlindungan kesehatan saja.

Termasuk asuransi kesehatan komplit dengan banyak manfaat, premi yang ditawarkan terbilang ramah di kantong. Kamu cukup membayar premi mulai Rp 270 ribu/bulan untuk polis konvensional dan Rp 280 ribu/bulan untuk polis syariah, yang nantinya premi akan meningkat seiring pertambahan usia.

Keunggulan PRUSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Syariah

Memiliki fleksibilitas tinggi pada pilihan perlindungan kesehatan, berikut ini adalah keunggulan PRUSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Syariah :

  1. Fleksibel. Nasabah bisa memilih satu dari delapan plan wilayah pertanggungan, tipe kamar, dan batas harga kamar.
  2. Perlindungan PRUSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Syariah mencakup hingga ke seluruh dunia berdasarkan plan yang dipilih
  3. Batas Manfaat hingga Rp65 miliar dengan fasilitas PRUSolusi Sehat Limit Booster berdasarkan plan yang dipilih
  4. Manfaat perawatan selama 30 hari sebelum dan 90 hari setelah tindakan bedah rawat jalan (one day surgery)
  5. Masa Pertanggungan 1 (satu) tahun dan dapat diperpanjang hingga Tertanggung berusia 99 tahun
  6. Manfaat rawat jalan kanker dan cuci darah sesuai tagihan, tanpa atau dengan rawat inap sebelumnya
  7. Kunjungan dokter umum dan dokter spesialis (serta sub spesialis) per jenis spesialisasi masing-masing hingga dua kali per hari
  8. Pembayaran manfaat untuk perawatan di luar wilayah pertanggungan dengan persentase tertentu, mengacu ketentuan pada Polis. 

Selain itu, keunggulan lainnya yaitu kamu juga akan mendapatkan kemudahan dalam registrasi dan administrasi rawat inap di seluruh rumah sakit yang tergabung dalam jaringan PRUMedical Network. Menarik bukan? Bahkan di masa mendatang, nasabah juga dapat meng-upgrade polis mereka guna mendapatkan tambahan manfaat yang makin menyeluruh, termasuk investasi lho!

Oh ya, lebih asyiknya lagi jika kamu membayar premi tahunan, maka kamu cukup membayar premi 11 bulan saja. Jadi kamu hemat premi satu buan deh. Selain itu, jika kamu membayar premi autodebet, kamu bisa membayar premi lebih hemat 5 % saat perpajangan. Wah, untungnya dobel nih!

Perbedaan PRUSolusi Sehat Syariah

Berbeda dengan PRUSolusi Sehat, PRUsolusi Sehat Syariah memiliki perbedaan dalam pengelolaannya. Hal ini karena PRUSolusi Sehat Syariah menggunakan akad yang berbeda dengan asuransi konvensional. Apa saja perbedaan PRUSolusi Sehat Syariah?

Perlu kamu tahu, PRUSolusi Sehat Syariah didasari oleh akad tabarru’ yaitu tolong-menolong. Maka dari itu, premi setiap bulan yang dibayarkan dianggap sebagai hibah secara sukarela yang diberikan para nasabah. Sehingga, apabila seorang nasabah mendapatkan musibah, dana tabarru’ yang telah dikumpulkan sebelumnya akan disalurkan kepadanya.

Perbedaan asuransi Syariah

Sehingga, antarnasabah prinsipnya saling menanggung dan nggak ada transfer risiko dari peserta ke perusahaan seperti pada asuransi konvensional. Oleh karena itu, peranan perusahaan hanya sebagai pemegang amanah (mudharib) dalam mengelola dan menginvestasikan dana dari peserta.

Selain itu ada pula akad wakalah bil ujrah (upah) untuk diberikan kepada perusahaan asuransi sebagai pengelola (mudharib). Akad ini juga bekerja sebagai bentuk perjanjian dalam pemberian wewenang dan kuasa kepada mudharib untuk menjalankan tugas tersebut.

Nah, dalam PRUSolusi Sehat Syariah, dana ujrah yang dikenakan adalah sebesar 52 % sedangkan sisanya yaitu 48 % masuk ke dana tabarru. Apabila para pemegang polis dalam satu tahun tersebut sehat semua atau yang mengklaim dibawah dana yang masuk, maka surplus tersebut akan dibagikan. Untuk pembagiannya adalah 65 % untuk pemegang polis, 20 % tabarru dan 15 % untuk pengelola.

Fasilitas dan Fitur

Menggunakan PRUSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Syariah, ada banyak layanan fasilitas yang memudahkan para nasabah. Apalagi PRUDENTIAL, selalu mengikuti perkembangan teknologi agar bisa memberikan pelayanan terbaik bagi setiap nasabahnya.

Misalnya saja, kamu bisa mendapatkan kemudahan pelayanan di semua 1.557 rumah sakit dan klinik yang tergabung dalam PRU Medical Network. Mulai dari kemudahan proses administrasi, jaminan ketersediaan kamar, kenyamanan bagi pendamping hingga program khusus dari RS terkait.

Selain itu, sebagai nasabah kamu juga akan mendapatan e-card PRUSolusi Sehat dan PRU Solusi Sehat Syariah. Agar bisa lebih maksimal dalam memanfaatkan polis, ecard ini dapat diakses secara digital dari aplikasi mobile Pulse by Prudential. E-card tersebut bisa digunakan untuk mendapatkan layanan nasabah PRUServices, seperti detail polis hingga klaim e-reimbursement, sekaligus gambaran umum kondisi kesehatan dan tips meningkatkan gaya hidup sehat. Wah, komplit banget nggak sih?

aplikasi Pulse by prudential

Nah, itu tadi beberapa informasi terkait produk asuransi terbaru dari Prudential yaitu PRU Solusi Sehat dan PRU Solusi Sehat Syariah. Bagaimana, apakah kamu tertarik?

Well, kita nggak pernah tahu apa yang akan terjadi pada kesehatan. Mungkin saja hari ini sehat sehat saja, tapi keesokan harinya bisa saja jatuh sakit. Maka dari itu, agar nggak kesulitan dalam melakukan pembayaran untuk pengobatan atau perawatan maka dibutuhkan antisipasi berupa asuransi kesehatan. Tentunya, tak lupa untuk juga untuk menjalani pola hdup sehat. Karena biar bagaimanapun, mencegah lebih baik daripada mengobati. Setuju?

Komitmen Prudential Selama Pandemi Covid 19

Bukan hanya mengeluarkan produk asuransi yang terjangkau, komplit dan fleksibel saja. Di masa sulit karena pandemi Covid 19 ini, Prudential juga menunjukkan komitmennya dalam dunia kesehatan bagi masyarakat Indonesia dalam bentuk lain.

Beberapa di antaranya, Prudential mencover semua klaim Covid-19 di semua produknya, memberikan 100 ribu free rapid test selama bulan Mei-Juni 2020 dan juga memberikan asuransi kepada lebih dari 500 sukarelawan medis di Wisma Atlet Kemayoran. Untuk mendukung tenaga medis yang berjuang merawat pasien Covid-19, Prudential juga menggalang dana yang terkumpul untuk membeli 1.950 baju APD. Tak lupa juga 95 % karyawan Prudential menjalani work from home untuk memutus rantai penularan Covid 19.

Prudential Virtual Ride 2020

Adapun yang terbaru, Prudential meluncurkan Indonesia 2020 Virtual Ride. Ini adalah ajang bersepeda virtual yang akan digelar serentak di seluruh wilayah Indonesia pada pada 20-23 Agustus 2020. Event ini diadakan untuk memacu semangat masyarakat agar terus menjalani gaya hidup sehat, sekaligus menantang mereka untuk membuktikan kemampuan dirinya meski di tengah berbagai keterbatasan pada masa pandemi Covid-19. Rencananya event virtual ride tersebut akan diikuti oleh sekitar 3000 peserta. Wow!

20 thoughts on “Mengenal PRUSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Syariah

  1. Asuransi kesehatan emang penting banget. Orangtuaku udah punya sejak dulu, sampe sekarang anak2nya pun begitu. Soalnya membantu banget di saat kita lagi sakit Mba

    Like

  2. Banyak juga ya jaringan pru medical network. Inilah yang akan membuat kita harus merasa nyaman jadi kalau ada apa apa dan sakit mendadak maka bisa fitangani dengan cepat

    Like

  3. Aku lagi mau coba apply lagi nih mba produk PRU yang ini, manfaatnya ituloh yang bikin aku tertarik, bagus banget buat protek ak sama anakku.

    Like

  4. Alhamdulillah gak rugi ya kalau punya asuransi ini soalnya simple banget apalagi juga menanggung utk penyakit COVID 19. Yaaa walaupun gak berharap kena penyakit ini jangan sampai Ya Allah. Thanks infonya mbak, bisa jd pertimbangan memilih asuransi kesehatan nih.

    Like

  5. Alhamdulillah..
    Saat ini Pridential hadir dengan produknya yang sesuai dengan syariah. Membuat hati menjadi nyaman saat menjalani akad untuk berkomitmen memiliki asuransi.

    Like

  6. Setuju mbak, mungkin hari ini kita sedang sehat dan tidak tahu ke depannya seperti apa. Pentingnya asuransi kesehatan untuk mampu mengcover berbagai biaya. Saya juga bergabung di prudential mbak.

    Like

  7. Asuransi kesehatan emang penting banget, apalagi kalau semua tempat udah bisa cashless. Karena kalau gak cashless, biar juga punya asuransi tetap harus punya cadangan/tabungan juga sih buat bayar dulu tuk reimburse kemudian. Seperti di kotaku baruvada 1 RS yg bisa swipe card, huhuhuh, nasib yg di daerah nih.

    Like

  8. Dukungan Prudential selama masa pandemi ngebantu banget nih, terutama bagi yang tidak sanggup untuk melakukan rapid test sendiri tapi harus sering berada di luar ruangan dan bertemu dengan banyak orang gitu yaa…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s