Keuangan

Mengenal SPOTS, Mesin Kasir Multifungsi

Salah satu kemajuan teknologi dalam bidang keuangan adalah adanya metode pembayaran cashless yaitu bertransaksi tanpa menggunakan uang fisik. Saya sendiri termasuk sering bertransaksi cashless. Alasan utamanya karena lebih hemat dan praktis. Nggak perlu repot-repot bawa banyak uang tunai, apalagi kalau harus belanja dalam jumlah banyak. Dengan begitu, juga meminimalisir tindak kriminal. Betul nggak?

Berkat adanya cashless ini, saya pun beberapa kali pernah “terselamatkan”. Salah satu kejadiannya terjadi beberapa waktu lalu. Saat itu, saya baru saja pulang setelah beberapa hari mengungsi ke tempat mertua. Karena bahan makanan di rumah kosong, maka saya pun berinisiatif untuk pergi belanja sekadar membeli telur dan nugget. Ya, sekadar untuk makan malam dan sarapan biar besok nggak harus pergi pagi-pagi ke pasar.

Dengan agak terburu-buru, saya pun segera bergegas ke toko dengan anak-anak. Takutnya keburu hujan karena sudah terdengar suara gludak gluduk dari langit. Saya memilih ke Prima Fresh Mart yang letaknya nggak terlalu jauh dari rumah. Ini merupakan pengalaman belanja pertama kali di Prima Fresh Mart. Sesampainya di toko, saya pun segera berbelanja. Saat mau bayar di kasir dan membuka dompet, lha kok saya nggak bawa uang tunai. Ada sih uang tunai, tapi hanya belasan ribu saja, sedangkan belanjaan saya lebih banyak dari itu.

Beruntung, toko tersebut memiliki mesin kasir Electronic Data Capture (EDC) SPOTS dari GoJek. Sehingga saya nggak harus pulang terlebih dulu ke rumah, atau pergi ke ATM yang jaraknya lumayan jauh. Saya pun meminta ke kasir untuk melakukan pembayaran menggunakan GoPay. Ya, saya pun terselamatkan karena nggak lama sesampai di rumah, hujan turun dengan deras. Fiuh!

Mesin Kasir SPOTS

Ngomongin soal mesin EDC SPOTS dengan GoJek, saya pikir hanya toko-toko tertentu semacam coffee shop atau restoran ternama yang memilikinya. Ternyata saya salah karena mesin kasir EDC SPOTS ini justru lebih ditujukan untuk pelaku usaha UMKM. Hal ini saya ketahui saat berkunjung ke rumah seorang teman yang memiliki usaha kuliner Pizza di rumahnya.

Kebetulan saya ingin membeli Pizza buatannya. Namun karena nggak membawa cukup uang tunai, saya meminta izin untuk ke ATM sebentar. Namun dia kemudian melarang dan mengatakan bahwa saya bisa membayar menggunakan kartu debit. Dia pun lantas menunjukkan mesin kasir EDC SPOTS dari GoJek. Wah, terkejut saya dibuatnya.

Saya pun penasaran, karena setahu saya mesin kasir EDC SPOTS hanya untuk pembayaran menggunakan GoPay. Ternyata saya kurang update saudara-saudara. Pasalnya kini aplikasi kasir SPOTS GoJek terbaru bisa digunakan untuk pembayaran dengan kartu debit dan bahkan nantinya bisa untuk kartu kredit.

Selain itu, mesin kasir SPOTS terbaru juga sudah terintegrasi dengan GoBiz lho. Menurut penuturannya, berkat mesin kasir SPOTS yang sudah terintegrasi dengan GoBiz, kini dia lebih mudah untuk mengelola usaha kulinernya tersebut. Ibarat kata, SPOTS merupakan perangkat canggih pelengkap GoBiz. Kok bisa?

Aplikasi Kasir SPOTS

Hmmm, mungkin di antara kamu ada yang bertanya-tanya, memangnya apa saja kelebihan SPOTS dibandingkan mesin kasir lainnya? Lalu, kenapa SPOTS menjadi pelengkap GoBiz? Kalau penasaran, lanjut bacanya ya! hehehe…

Apa Itu SPOTS?

Perlu kamu tahu, SPOTS merupakan aplikasi kasir online (Sistem Point of Sale) untuk mengelola pesanan. Ini merupakan produk layanan dari perusahaan GoJek yang ditujukan untuk UMKM hingga pemilik franchise untuk memudahkan transaksi mereka. Jika kamu merupakan pelaku UMKM terutama usaha kuliner wajib banget nih punya aplikasi kasir SPOTS. Pasalnya, mesin kasir dari GoJek ini sangat multifungsi karena bisa menunjang operasional usaha milikmu. Kok bisa?

Kelebihan SPOTS

Alasan yang pertama, karena kamu bisa menggunakan berbagai metode pembayaran dengan perangkat kasir SPOTS. Jika sebelumnya hanya mengandalkan GoPay saja, kini mesin EDC SPOTS juga bisa digunakan untuk bertransaksi menggunakan e-wallet lainnya dengan metode scan kode QR.

EDC SPOTS

Ini lantaran SPOTS sejak 1 Januari 2020 sudah menggunakan QRIS (QR Indonesian Standard). Jadi, meskipun SPOTS Powered by GoJek, cukup dengan satu kode QR bisa untuk menerima pembayaran menggunakan metode/aplikasi manapun yang menggunakan metode scan QR. Tentunya ini dapat memperluas pangsa pasar pembayaran non-tunai.

Dengan memiliki QRIS pelanggan bisa melakukan pembayaran selain GoPay. Misalnya dari OVO, Dana, LinkAja, atau bahkan beberapa mobile banking yang sudah memiliki QR scanner (seperti BCA, Sinarmas, Maybank, CIMB, dan lain-lain). Menggunakan QRIS kini jadi lebih praktis. Apalagi QRIS menggunakan kode QR standar internasional EMV Co. yang sudah dipakai di berbagai negara seperti India, Thailand, Malaysia, Singapura, dan Korea Selatan. Jadi, usaha yang sudah menggunakan QRIS juga dapat menerima pembayaran langsung dari aplikasi pembayaran mereka.

Untuk mengetahui status pembayarannya juga mudah. Kamu bisa mengecek status pembayarannya melalui GoBiz. Namun jika belum menggunakan GoBiz, maka akan dikirimkan lewat SMS ke nomor yang terdaftar.

Selain itu, mesin kasir SPOTS ini juga sudah bisa mendukung pembayaran kartu debit. Jadi kamu bisa bisa membayar menggunakan semua kartu debit yang diterbitkan di Indonesia. Eits, tapi sebaiknya sih sebelum bertransaksi tanyakan dulu ke merchant, mereka menerima kartu debit apa saja. Ini karena proses pencairan dananya yang berbeda untuk setiap bank. Sehingga mungkin saja ada merchant yang hanya menerima kartu debit tertentu.

Perangkat Kasir SPOTS

Menjadi semakin lengkap, nantinya mesin kasir SPOTS ini juga bisa digunakan untuk kartu kredit, lho. Bisa dibilang, mesin kasir SPOTS merupakan mesin EDC pertama yang bisa melakukan 3 macam pembayaran tersebut, mulai dari QRIS, kartu debit hingga kartu kredit. Komplit bukan? Kayaknya belum ada nih mesin kasir lainnya yang kayak SPOTS.

Kelebihan lainnya dari mesin EDC SPOTS ini yaitu bisa sekaligus mencetak resi instan. Jadi kamu nggak perlu mesin tambahan lagi untuk mencetak struk transaksi. Ini lantaran dalam perangkat kasir EDC SPOTS sudah dilengkapi dengan printer. Praktis!

Mesin Kasir SPOTS

Yang nggak kalah asyik, karena aplikasi kasir SPOTS dari GoJek sudah terintegrasi GoBiz. Tentunya ini sangat membantu bagi kamu pelaku usaha kuliner mitra GoFood nih. Ya, melalui GoBiz yang ada dalam perangkat SPOTS ini, kamu juga bisa mengatur menu, menerima pesanan GoFood, mencatat berbagai tipe pembayaran, membuat promo diskon hingga mendapatkan laporan harian. Multifungsi sekali bukan?

SPOTS Melengkapi GoBiz

Oh ya, jika sebelumnya untuk memakai GoBiz harus membuka terlebih dahulu di ponsel, kini adanya mesin EDC SPOTS membuat GoBiz semakin lengkap. Ya, berkat adanya perangkat canggih SPOTS yang terintegrasi GoBiz, sekarang mitra GoJek bisa menggabungkan catatan pesanan di tempat dengan pesanan dari GoFood dengan praktis. Memudahkan untuk melihat Point Of Sale (POS) keseluruhan. Jadi kamu bisa melihat pencatatan dan transaksi yang berasal dari GoFood dan juga pembelian di tempat.

Ingin membedakan menu pesanan online GoFood dengan menu pesanan di tempat? Tentu saja bisa dengan SPOTS. Kamu bisa melakukan pengaturan menu mulai dari nama, deskripsi, kategori dan foto menu pesanan di tempat sesuai keinginanmu dengan SPOTS. Menggunakan aplikasi kasir SPOTS, kamu juga bisa menerima pesanan di tempat dan mencatat metode pembayaran yang digunakan.

Mesin Kasir SPOTS

Semua rincian pesanan di tempat pun akan langsung tercatat dengan lengkap di riwayat transaksi. Nggak perlu repot lupa mencatat transaksi atau bingung mencari nota yang tercecer, karena semua pesanan di tempat juga akan dikirimkan laporannya secara otomatis ke email pada H+1 setiap harinya. Kamu pun bisa tetap memantau penjualan usahamu dari mana saja. Bagaimana, memudahkan sekali bukan? Sehingga wajar saja jika banyak pelaku usaha kuliner yang menjadikan SPOTS sebagai andalan. Lebih dari 50.000 outlet di seluruh Indonesia kini menggunakan SPOTS. Wow!

Aplikasi GoBiz, Mengelola Usaha dalam Genggaman

Nah, ngomongin soal GoBiz pastinya sudah nggak asing bagi kamu yang merupakan mitra GoJek terutama di bidang kuliner. Perlu kamu tahu nih, GoBiz merupakan salah satu aplikasi dari GoJek yang bisa membantu mengelola usahamu dengan lebih mudah. Aplikasi GoBiz akan membantu mengembangkan usahamu supaya lebih laris manis. Melalui aplikasi GoBiz, kamu bisa menjangkau lebih banyak pelanggan melalui GoFood dan lebih leluasa berbisnis kuliner online. Ibarat kata nih ya, Gobiz adalah aplikasi super untuk mengelola usaha hanya dalam genggaman. Wih!

Melalui berbagai fitur yang dimilikinya, ini dia beberapa manfaat GoBiz bagi usaha kuliner:

  • Lebih Maksimal Mengelola Usaha Kuliner. Ini lantaran aplikasi GoBiz memiliki fitur yang akan memudahkan pemilik usaha mengatur ketersediaan menu secara real-time, mengelola status restoran(buka/tutup), mengatur jam operasional, memonitor seluruh transaksi, hingga mengubah detail harga di GoFood jika dibutuhkan. Sehingga, pemilik usaha bisa memanfaatkan fitur-fitur GoBiz secara mandiri dan menyeluruh, supaya usahanya bisa berkembang lebih pesat dalam waktu singkat.
  • Menerima pembayaran non-tunai. Menggunakan aplikasi GoBiz, pelanggan bisa melakukan pembayaran non-tunai/cashless menggunakan saldo GoPay. Caranya mudah, cukup dengan melakukan scan kode QR yang diberikan. Bahkan jika menggunakan SPOTS, pelanggan bisa membayar cashless menggunakan e-wallet lainnya seperti OVO, Dana, Link dll.
  • Kelola pesanan di tempat. Menerima pesanan di tempat dengan GoBiz pun bisa dilakukan. Sehingga seluruh transaksi penjualan baik online maupun pesanan di tempat bisa tercatat secara baik. Kamu bisa melihat rincian transaksinya dari aplikasi GoBiz atau GoBiz Dashboard.
  • Membuat Promo. Menarik pelanggan baru dan memanjakan pelanggan lama? Sangat bisa dilakukan dengan aplikasi GoBiz. Kamu bisa membuat berbagai tipe promo seperti promo harga coret, promo voucher, dan rekomendasi promo dari GoBiz.
  • Menerima laporan harian. Menggunakan GoBiz, kamu akan mendapatkan laporan harian semua transaksi. Baik itu transaksi dari GoFood maupun pesanan di tempat yang otomatis dikirimkan melalui email H+1 setiap harinya. Memudahkan kamu untuk memantau penjualan usahamu.

Untuk bisa memiliki semua manfaat fitur aplikasi GoBiz tersebut, kamu tinggal dowload GoBiz di ponsel. Untuk login, daftarkan nomor ponsel milikmu dan masukkan kode OTP yang kamu terima untuk konfirmasi. Setelah masuk ke akun GoBiz, kamu bisa memanfaatkan berbagai fiturnya untuk meningkatkan penjualan usahamu.

GoBiz

Nah, itu tadi beberapa kemudahan yang bisa kamu dapatkan menggunakan GoBiz. Jika kamu sudah download GoBiz, jangan lupa untuk selalu update aplikasinya ke versi terbaru agar dapat mengakses secara optimal fitur-fiturnya.

Harga Mesin Kasir EDC SPOTS

Nah, bagi kamu yang tertarik memiliki mesin EDC SPOTS, kamu bisa mengisi formulir pendaftaran yang ada di website SPOTS. Soal biaya bagaimana? Tenang saja, untuk mendapatkan semua kemudahan fitur dari aplikasi SPOTS cukup terjangkau.

Kamu cukup membayar Rp 490.000 saja untuk biaya pendaftarannya. Selanjutnya kamu hanya akan dikenakan biaya sewa Rp 4.900/hari saja. Tergolong murah untuk sebuah mesin kasir SPOTS yang multifungsi. Cukup dengan satu perangkat, kamu bisa mendapatkan POS+EDC+printer, ditambah sudah terintegrasi GoBiz.

Untuk informasi lengkapnya lansung saja cek di media sosial SPOTS di bawah ini :

Website : www . spots .co .id
FB : www .facebook .com/spots. id
IG : www .instagram .com/spots. id

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s