Tak Terdefinisi

Mudah dan Hemat Budget, Inilah Cara Sederhana Membuat Rumah Kucing Sendiri

Kandang atau rumah kucing adalah sebuah hal wajib yang harus disiapkan oleh sang pemeliharanya. Karena kandang sangat dibutuhkan untuk tempat kucing agar ia tidak bepergian kemana-mana. Walaupun ada juga sebagian pecinta kucing yang tidak memberikan kandang.

Biasanya mereka nggak memberikan kandang karena alasan ingin memberikan kebebasan dengan bermain di dalam rumah dan diluar rumah. Namun, tetap saja kandang kucing wajib dimiliki. Sebab dengan hadirnya rumah kucing akan memudahkan kamu jika ingin bepergian meninggalkan kucing sehingga ia pun tidak akan sembarangan berkeliaran di tempat tanpa sepengetahuan kamu. Dengan begitu kucing kesayangan kamu akan lebih aman dan terjaga selama bepergian.

Selain berguna sebagai tempat istirahat dan persinggahan, kandang kucing juga berguna untuk tempat melahirkannya. Memberikan rumah kucing dan menyediakan makanan sehat juga sudah menjadi keharusan pemilik untuk memberikan kenyamanan pada hewan kesayangannya. Kasian kalau kucingnya jadi stres, apalagi kalau pemiliknya ikutan stres. Nah, biar kamu nggak stres, coba baca tips menghindari stres di sini.

Jika kamu berencana membeli kandang kucing lebih baik pikirkan matang-matang, terutama buat kamu yang memiliki budget terbatas. Karena harga kandang kucing umumnya terbilang cukup mahal. Tapi kalau kamu ingin memberikan kandang yang layak untuk kucing dengan harga yang terjangkau, ada baiknya kamu buat saja sendiri dirumah. Caranya pun tidak terlalu sulit, berikut cara sederhana membuat rumah kucing yang bisa kamu contohkan dirumah.

1. Tentukan Terlebih Dahulu Lokasi Kandangnya

Sebelum membuat rumah kucing, alangkah baiknya kamu menentukan terlebih dahulu lokasi untuk meletakkannya dimana. Kalau kamu mempunyai pekarangan yang cukup luas, kamu bisa nih meletakkan rumah kucing tersebut di sana. Menyimpan kandang di luar rumah juga adalah pilihan yang bijak. Karena rumah jadi relatif bersih dan juga bebas bau. Tapi kalau kamu ingin meletakkannya di dalam rumah juga boleh, asal ditaruh di tempat yang pas dan enak untuk dilihat. Pembersihan kandangnya juga harus dilakukan secara rutin, lho! Agar nantinya rumah kamu tidak bau kotoran kucing.

2. Siapkan Bahan Material yang Ingin Digunakan

Ada beberapa jenis bahan materai kandang kucing yang bisa kamu gunakan. Tiap jenis nya juga mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Contohnya, bahan alumunium yang memang bahan tersebut menjadi pilihan terbaik karena bagus, ringan dan juga anti karat. Tapi sayang harganya mahal. Namun kalau ingin yang lebih murah, mungkin kamu bisa menggunakan bahan material dari kayu yang harganya relatif terjangkau. Tapi mudah lapuk dan berjamur. Apalagi kalau kamu tidak membersihkannya dengan benar, sisa-sisa kotoran dan makanan yang masih menempel di kandang bisa menyebabkan kucing terkena infeksi.

Namun lain halnya jika kamu membersihkannya secara rutin dan bersih. Tentunya akan sangat nyaman untuk ditempatkan kucing kesayanganmu.  Untuk membuat kandang kucing juga membutuhkan beberapa alat pendukung agar nantinya dapat mempermudah pekerjaan kamu jadi lebih cepat dan efisien. Seperti gergaji, bor paku, palu dan kebutuhan lainnya. Jika ingin menggunakan cat untuk kandang, kamu harus memilih cat yang berkualitas dan baik untuk dihirup kucing maupun manusia. Kamu tinggal tentukan deh pilihan yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang kamu punya.

3.Bikin Kandang dengan Pintu Keluar-Masuk dan Jendela

Ini tentunya sangat berguna untuk memudahkan kucing saat ingin keluar dan masuk ke dalam kandang. Selain itu, ini juga dapat memudahkan kamu ketika ingin memberinya makan. Jendela juga sangat penting untuk dibuat, karena ini akan membantu memberikan akses cahaya masuk dan udara di dalam kandang. Sehingga akan nyaman ditinggalkan kucing kesayanganmu. Ukuran kucing yang ideal adalah sekitar 15 x 15.

4. Buat Kandang yang Cukup Tinggi

Terutama untuk kandang yang di luar rumah nih. Kamu bisa membuat kandang dengan ukuran yang cukup tinggi. Ini bermaksud untuk menghindari terjadinya risiko kandang tergenang air saat turun hujan. Namun tetap pastikan kandang tersebut dapat dijangkau dengan mudah oleh kucing, ya! Mungkin kamu juga bisa menambahkan pijakan di bagian depan pintu sehingga akan memudahkan kucing saat ingin masuk kandang.

5. Buatlah Atap yang Dapat Dibuka

Agar kandang bisa dibersihkan dengan mudah. Buatlah bagian atap pada kandang yang dapat dibongkar pasang. Dengan begitu, kamu pun akan lebih mudah ketika ingin memeriksa kondisi kucing di dalamnya serta memudahkan kamu saat akan membersihkan kandang.

Memberikan tempat yang nyaman untuk kucing kesayangan adalah hal yang perlu dilakukan oleh setiap orang yang memeliharanya. Karena selain nyaman untuk kucing, ini juga akan memberikanmu kemudahan dalam merawatnya. Gimana, sangat mudah dan hemat budget, kan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s