Kesehatan

Penderita Vertigo Wajib Baca! Inilah Beberapa Hal yang Harus Kamu Lakukan

Vertigo merupakan penyakit yang luar biasa dan bisa menyerang siapa saja. Orang yang menderita vertigo akan merasakan betapa menyiksanya penyakit yang satu ini. Bagaimana nggak, penyakit ini datang tiba-tiba dan bisa langsung mengganggu aktivitas yang tengah kita jalani.

Bagi penderita Vertigo dia akan merasa seolah-olah lingkungan di sekitarnya berputar atau melayang. Karena hal tersebut, penderita akan kehilangan keseimbangan sehingga merasa kesulitan untuk berjalan, bahkan untuk sekadar berdiri.

Jika kamu pernah memutarkan tubuh beberapa kali, saat berhenti biasanya kamu akan merasa pusing dan kedaan di sekitarmu seperti berputar bukan? Nah! seperti itulah kondisi orang yang mengalami vertigo.

Meskipun vertigo merupakan penyakit yang cukup menyiksa penderitanya, apalagi bisa menyerang siapa saja dan terjadi kapan saja, bukan berarti nggak bisa disembuhkan. Kini, sudah banyak obat vertigo yang beredar di pasaran dan bisa kamu dapatkan dengan mudah.

Selain sudah ada obat untuk mengatasinya, kamu juga bisa melakukan beberapa hal untuk meredakan rasa pusing tujuh keliling alias vertigo. Mau tahu apa sajakah hal-hal tersebut? Sebelum lanjut, jangan lupa untuk mengunjungi website kesehatan berikut ini yang juga membahas seputar Penyebab muntah pada anak terlebih dahulu.

Minum Air Mineral Lebih Banyak

Tubuh manusia mengandung banyak cairan di dalamnya. Paling nggak, ada sekitar 60% kandungan cairan yang mengisi tubuh manusia. Kekurangan cairan jelas bukanlah hal yang baik karena bisa mengganggu sistem kerja organ tubuh terutama jika kamu menderita vertigo.

Bagi kamu yang menderita vertigo, konsumsi air mineral setiap harinya perlu mendapatkan perhatian secara khusus. Sebab, tubuh nggak boleh kekurangan cairan agar bisa tetap sehat dan terhindar dari serangan pusing yang sangat menyakitkan ini.

Saat kekurangan cairan, maka tubuh akan kehilangan fokus dan bisa meningkatkan potensi vertigo. Usahakan untuk minum sekitar 8-10 gelas setiap harinya untuk mencegah terjadinya dehidrasi dan vertigo. Konsumsi air mineral yang cukup bisa menurunkan potensi dehidrasi sekaligus mencegah terjadinya vertigo.

Hirup aromaterapi

Nggak semua rumah mungkin telah dilengkapi dengan wewangian dari aromaterapi. Namun, kita semua tentu sepakat kalau wangi dari aromaterapi sangat nikmat dan disukai oleh setiap orang. Bahkan, penderita vertigo dianjurkan untuk menghirup aromaterapi sebagai salah satu langkah penyembuhannya.

Aromaterapi dengan wangi citrus menjadi salah satu yang dianjurkan apabila kamu menderita vertigo. Aroma ini dipercaya mampu meredakan rasa mual dan pusing ketika kamu mengalami serangan vertigo. Selain itu, wangi dari aromaterapi juga dapat memberikan efek relaksasi atau rasa tenang ketika dihirup. Efek relaksasi ini dapat menjadi cara paling ampuh apabila vertigo ingin mereda atau untuk mengurangi rasa nyeri pada saat serangan vertigo.

Menghindari Kondisi Anemia

Supaya tubuh nggak mudah terkena vertigo, maka jagalah kondisi tubuh agar terhindar dari anemia (kekurangan sel darah merah). Hal ini supaya pembentukan sel darah merah lebih maksimal. Ini lantaran vertigo dipengaruhi terhadap sel darah merah yang kurang dan membuat penderita lebih mudah pusing dan merasa berputar-putar.

Mengelola Stres dengan Baik

Perlu kamu tahu, stres merupakan salah satu pemicu timbulnya vertigo. Alasannya adalah beban stres akan menekan beberapa syaraf kepala dan pada akhirnya akan memicu rasa sakit berputar. Oleh karena, cara mencegah vertigo yang sering dilakukan salah satunya yaitu dengan mengelola stres.

Menjaga Kesehatan Telinga

Penyebab vertigo juga erat kaitannya dengan kesehatan telinga. Kenapa? Ini lantaran telinga memiliki saluran bagian dalam yang disebut labirin yang berpengaruh terhadap keseimbangan tubuh. Maka dari itu, kondisi telinga yang nggak sehat dapat berbahaya karena akan menyebabkan keseimbangan tubuh jadi terganggu.

Selain itu, hendaknya hindari pula menggunakan obat-obat kimia yang berlebihan karena dapat menjadi penyebab kerusakan telinga. Jika telinga rusak maka keseimbangan tubuh akan terganggu sehingga menimbulkan vertigo.

Mengonsumsi obat tertentu

Untuk mengurangi gejala, dokter dapat memberikan obat vertigo agar kamu merasa lebih nyaman. Dokter juga mungkin akan mempertimbangkan untuk memberikan antibiotik atau steroid yang berfungsi untuk mengurangi pembengkakan dan penyembuhan infeksi.

Tentunya obat yang diberikan tergantung dari jenis serta keparahan vertigo yang diderita. Misalnya, untuk terapi vertigo perifer, pusing yang berhubungan dengan gangguan keseimbangan yang terjadi pada gangguan sirkulasi darah atau sindrom meniere akan diberikan obat yang mengandung betahistine mesylate, contohnya mertigo. Kamu bisa membelinya di situs https://www.goapotik.com/produk/mertigo-sr-12-mg-tablet-strip

Untuk informasi mengenai dosis dan jenis obat untuk vertigo lainnya, selalu konsultasikan pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan ya!

Nah, itu tadi beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah vertigo. Apabila vertigo terjadi, segera duduk dengan posisi tegak dan jangan lakukan gerakan tiba-tiba. Sebaiknya, lakukan pula kontrol kesehatan secara berkala.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s