Event & Review

Semarak Perayaan HUT RI ke-74 Bersama BUMN di Gorontalo

upacara-bumn

Kamu sudah pernah ke Gorontalo? Menjadi propinsi ke 22 pada tahun 2000 lalu, ada yang berbeda di Gorontalo pada perayaan Kemerdekaan RI ke-74 tahun ini. Ini lantaran dalam menyambut HUT RI ke-74, BUMN hadir di Gorontalo. Banyak rangkaian acara yang diselenggarakan BUMN di propinsi yang sebelumnya menjadi bagian dari Sulawesi Utara tersebut. Kamu penasaran apa saja acaranya?

Mendapat sambutan meriah dari warga Gorontalo, rangkaian acara BUMN di Gorontalo diadakan sejak 7-20 Agustus 2019. Banyak acara menarik dan meriah lho. Kemeriahan acara BUMN di Gorontalo tersebut bahkan sempat menjadi salah satu trending topic di time line sosmed dengan tagar #BUMNdiGorontalo.

Rangkaian acara BUMN di Gorontalo tersebut terlebih dahulu diawali dengan kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) pada 7-8 Agustus 2019 dan dilanjutkan pada tgl 12-20 Agustus 2019. Kegiatan SMN ini merupakan kegiatan pertukaran siswa dari Gorontalo dan dari Jawa Timur. Jadi nantinya siswa yang menjadi peserta SMN akan  melakukan pertukaran untuk mengenal budaya masing-masing daerah. Ada sebanyak 34 siswa Gorontalo dari 6 kabupaten yang mengikuti pembekalan SMN di Surabaya pada sesi pertama. Sedangkan dari Surabaya ada sebanyak 54 siswa yang melakukan pembekalan SMN di Gorontalo pada sesi kedua.

Para peserta SMN asal Gorontalo akan mendapatkan pembekalan materi tentang BUMN dan sosial media. Siswa juga akan mendapatkan pelatihan kesenian daerah Gorontalo yaitu tari saronde dan pelatihan Gambusi (paduan suara). Sedangkan untuk peserta SMN dari Surabaya mendapatkan pembekalan tentang Sosial Media siswa dan bela negara dari Kodim Batalyon 713. Wih, makin menambah jiwa nasionalisme para siswa. Pasti seru!

Tapi yang nggak kalah serunya, para peserta SMN rangkaian acara BUMN di Gorontalo juga dikenalkan tradisi masyarakat desa konservasi budaya Talumelito. Mereka juga mengunjungi wisata pantai Olele, benteng Otanaha dan Pulau Saronde. Aih, pasti asyik sekali tuh!

Smn

Selain SMN, ada juga rangkaian acara lainnya yang nggak kalah serunya. Yaitu acara Pasar Murah yang diadakan pada 16 Agustus 2019. Dijamin deh bakal disukai emak-emak seperti saya hihihi….Gimana nggak suka, di Pasar Murah tersebut dibagikan paket sembako murah untuk warga Gorontalo.

Merupakan sinergi Bank Mandiri, IndonesiaRe, PPI, dan Djakarta Lloyd, Pasar Murah yang diadakan di lapangan Ippot Tapa, Bone Bolango, Gorontalo. Dalam gelaran pasar murah tersebut, ada sekitar 2.250 paket sembako senilai Rp 42.500 per paket yang dapat dibeli masyarakat seharga Rp 10 ribu. Wih, bikin sumringah wajah emak bukan? Wajar saja jika warga Gorontalo sangat antusias menyambut kehadiran pasar murah tersebut. Antriannya untuk menukarkan kupon sembako murah sampai mengular lho.

Nggak hanya menyelenggarakan pasar murah saja, sinergi BUMN lainnya yaitu membangun fasilitas umum di Gorontalo. Ya, adanya sinergi BUMN di Gorontalo kemarin juga melakukan program bedah rumah, beasiswa pelajar, revitalisasi Benteng Otanaha, penyediaan sarana air bersih, serta elektrifikasi. Selain itu, BUMN juga membangun fasilitas umum berupa tiga unit mandi cuci kakus (MCK) Komunal di kampung nelayan di Kota Gorontalo. Wah, komitmen BUMN sebagai agen pembangunan di Tanah Air makin kuat. Benar-benar BUMN hadir untuk negeri bukan?

Adapun untuk acara pada 17 Agustus 2019 juga nggak kalah meriah loh. Sama seperti di wilayah Indonesia lainnya, dalam rangkaian acara BUMN di Gorontalo juga melakukan upacara pengibaran bendara. Namun, ada yang unik dalam upacara bendera yang diadakan BUMN di Gorontalo. Pasalnya, upacara tersebut bertempat di benteng Otanaha, salah satu tempat bersejarah yang menjadi saksi bisu jejak Portugis di Gorontalo. Selain upacara, dalam upacara tersebut juga dilakukan penyerahan program beasiswa BUMN Hadir Untuk Negeri 2019 yang dipimpin oleh Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN Hambra Samal.

Eits, perayaan HUT RI di Gorontalo nggak hanya sampai upacara saja. Setelah upacara, ada perlombaan untuk warga. Mulai dari lomba panjat pinang, makan kerupuk, hingga balap karung. Lalu dilanjutkan dengan pemutaran film nasional pada siang harinya.  Wah, pasti perlombaannya seru sekali. Kalau kamu ikut lomba apa saja nih pas perayaan 17-an kemarin?

Keseruan semarak kemerdekaan RI ke-74 di Gorontalo ternyata nggak berakhir cukup di hari itu saja, lho.  Keesokan harinya yaitu  Minggu, 18 Agustus 2019, warga  juga mengikuti acara jalan sehat.  Totalnya ada sekitar 2400 peserta. Terdiri dari BUMN (500), mahasiswa/pelajar (100), TNI/POLRI (100), Pemda Gorontalo (200) dan masyarakat umum (1500). Ramai!

Asyiknya lagi, setelah jalan sehat warga juga bisa melakukan pemeriksaan kesehatan gratis. Disediakan juga spot Photo Booth buat menyalurkan jiwa narsis para peserta hehehe… Ada juga booth game untuk masyarakat. Selain itu, para peserta juga semakin terhibur dengan kehadiran DJ&band. Tak lupa juga, disediakan juga makan bagi peserta. Perut kenyang hati juga senang.

jalan sehat

Bagaimana, acara perayaan HUT RI ke 74 bersama BUMN di Gorontalo benar-benar meriah bukan? Warga  Gorontalo pasti senang. Saya jadi makin salut sama BUMN yang hadir untuk negeri. Saya juga makin nggak sabar ingin berkunjung ke Gorontalo. Melihat keindahan budaya dan wisatanya yang keren.

Destinasi Wisata Gorontalo yang Keren

Nah, ngomongin soal wisata Gorontalo, apakah kamu tahu kalau Gorontalo ternyata punya destinasi wisata yang nggak kalah keren seperti destinasi lainnya yang lebih terkenal seperti Jogja atau Bali. Misalnya saja destinasi wisata yang dikunjungi peserta SMN yaitu pantai Olele, benteng Otanaha dan Pulau Saronde.

Di pantai Olele, selain pantainya yang indah kamu bisa menyelam di Taman Olele atau disebut juga Marine Park Olele. Menjadi destinasi para penyelam, taman Olele mempunyai pemandangan bawah laut yang nggak kalah dari Bunaken. Dijamin akan membuatmu  terpesona. Selain keindahan bawah lautnya yang menakjubkan, di Taman Olele juga terdapat bunga karang yang memiliki julukan Salvador Dali Sponge. Hal ini dikarenakan pola ukirannya mirip dengan karya seniman Spanyol bernama Salvador Dali.

Masih bernuansa wisata air, Pulau Saronde juga menjadi destinasi wisata yang memiliki pemandangan nggak kalah indahnya. Pantainya berpasir putih, air lautnya jernih sampai-sampai kamu bisa ngaca di air loh. Cocok banget nih buat bulan madu. Kalau nggak bisa ke Bora-bora atau Maldives, ke Saronde pun nggak kalah indahnya kok. 

Sedangkan bagi kamu yang menyukai wisata sejarah, maka benteng Otanaha menjadi salah satu destinasi yang bisa kamu datangi. Menjadi saksi bisu jejak Portugis di Gorontalo, kamu bisa berswafoto di benteng Otanaha dengan berlatarkan danau Limboto. Pemandangannya nggak kalah ciamik. Wajar saja jika benteng Otanaha menjadi tempat yang dipilih untuk upacara pengibaran bendera HUT RI ke-74 dalam rangkaian acara BUMN di Gorontalo. 

Di antara destinasi wisata Gorontalo tersebut, saya sih paling pengin sekali menyambangi Pulau Saronde yang kece badai. Pemandangannya benar-benar memukau. Hmm, saya jadi pengin ke Pulau Saronde buat bulan madu ke-2 nih. Siapa tahu bisa bonus anak ke-3 hehehe…. Nah, lalau kamu berkunjung ke Gorontalo, kamu mau kemana saja?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s