Tak Terdefinisi

Tips Menghindari Kesalahan Pemberian Warna Cat Rumah Bagian Dalam

paint

Dalam merancang rumah dengan tipe apapun, tentu seorang desainer akan merancangnya dengan sebaik mungkin agar karakter si pemiliknya bisa ditonjolkan. Semakin kecil luas huniannya, maka karakter yang ditampilkan juga harus semakin ditonjolkan, karena rumah menjadi identitas pemiliknya yang dirasakan secara visual.

Apapun desainnya, baik itu rumah besar, tipe menengah, minimalis, maupun mungil, semuanya bergantung pada pemilihan warnanya. Ketika akan memberikan warna cat rumah bagian dalam, pastikan kamu nggak boleh sembarangan mengaplikasikannya agar kesan dan konsep yang ingin ditonjolkan bisa tampak sempurna.

Memberikan warna pada dinding di bagian dalam dan dipadukan dengan warna interiornya, tentu menjadi keunikan tersendiri bagi pemilik rumahnya. Nggak heran kalau dari tahun ke tahun, para desainer nggak pernah kehabisan akal untuk mengembangkan inovasi-inovasi terbarunya agar bisa diterapkan pada segala tipe rumah.

Namun, ada hal-hal yang perlu kamu hindari agar saat memberikan warna cat rumah bagian dalam tidak terjadi kesahalan yang membuatnya terasa janggal dan kurang enak dipandang. Berikut tips-tips menghindarinya.

  1. Hindari warna putih untuk cat langit-langit

Ketika sedang memilih warna cat untuk langit-langit hunian kamu di bagian dalam, ada baiknya kalau kamu menghindari warna putih. Kenapa begitu? Bukankah putih merupakan warna yang netral dan elegan? Sebenarnya itu tergantung di mana kamu mengaplikasikannya. Putih sangat tidak cocok digunakan pada langit-langit rumah karena hanya akan memberikan kesan pucat dan tampak tidak hidup nantinya.

Lebih baik kamu menggantinya dengan warna yang lain yang kesannya lebih menyegarkan dan tenang. Campuran warna abu maupun krem bisa menjadi pemilihan yang tepat untuk langit-langit bagian dalam ruangan. Dengan warna tersebut, ruangan akan tampak semakin menarik, mewah, serta indah, apalagi memadukannya dengan cat dinding yang warnanya senada.

Di sisi lain, kamu yang menggunakan warna yang sesuai, terutama terkena cahaya, maka kesan bersinar yang mewah semakin ditonjolkan.

  1. Jangan memakai warna turunan untuk tipe rumah tertentu

Sering kali warna kombinasi digunakan untuk pengecetan pada dinding bagian dalam rumah agar memberikan kesan yang unik dan menarik. Namun, nggak semua tipe bisa menggunakan warna tersebut, seperti tipe minimalis. Hunian yang nggak terlalu kecil tapi juga nggak terlalu besar tersebut, ada baiknya kamu menghindari warna turunan kombinasi. Baik itu warna tua maupun yang muda, tetap saja kamu jangan sampai mengaplikasikannya ke ruangan rumah minimalis kamu.

Kamu yang tetap menggunakannya hanya akan membuat ruangan tampak nggak menyegarkan, nggak hidup, dan terlalu monoton untuk dinikmati. Maka dari itulah, gunakan saja warna-warna yang simple tapi lebih berkarakteristik agar ruangan bagian dalam tampak senada dan menarik. Dengan begitu, kamu pun akan merasa nyaman ketika sedang berada di ruangan tersebut.

  1. Jangan mendominasikan warna cerah dan mengurangi warna netral

Kesalahan yang umum terjadi pada pemilik hunian yang kurang pengetahuan akan warna-warna dinding yaitu lebih mendominasikan warna cerah dibandingkan warna netralnya. Mereka menganggap hanya dengan 1 warna cerah itu saja, ruangan kan tampak menarik dan keren. Padahal mengurangi warna netral akan membuat ruangan terlalu ramai, apalagi kalau kamu menggunakan konsep minimalis.

Ada baiknya kalau kamu menggunakan warna cat rumah bagian dalam yang sudah memakai perpaduan cerah dan netral agar terlihat lebih hidup. Usahakan pilih warna yang senada dan sesuaikan dengan fungsi ruangannya.

Beberapa hal penting yang perlu kamu pertimbangkan di atas, tentu juga harus didukung dengan penggunaan merek cat yang berkualitas, seperti Asian Paints dengan situs resminya asianpaints.co.id. Cat tersebut memiliki kualitas yang nggak perlu lagi kamu ragukan, apalagi harganya terjangkau dan ada banyak pilihan warna yang bisa kamu gunakan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s