Jalan-jalan

6 Alasan Kamu Wajib Berkunjung Ke Candi Borobudur

BorobudurMagelang, siapa yang nggak kenal? Jalan-jalan ke Magelang, mungkin mayoritas yang terlintas di benak banyak orang adalah Candi Borobudur. Meski sebenarnya masih banyak destinasi wisata lainnya yang nggak kalah menarik untuk kamu kunjungi. Hal tersebut wajar saja, karena Candi Borobudur memang menjadi salah satu ikon warisan budaya yang sudah tersohor hingga ke penjuru dunia, bahkan pernah menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia.

Saya sendiri baru berkunjung ke candi umat Budha tersebut sekitar dua kali saja. Yaitu saat saya SD dan SMP kalau nggak salah ingat. Terakhir kali saya ke Magelang pun kalau nggak salah saat kuliah. Saat itu ada acara kampus, sayangnya nggak sempat untuk menyambangi Candi Borobudur meski jaraknya dari penginapan cukup dekat. Selebihnya? Numpang lewat kotanya saja. Lantaran itu pula saya ingin balik lagi ke Candi Borobudur. Semoga saja rencana tersebut bisa terlaksana saat libur Hari Raya Waisak Mei mendatang. Soalnya pengin juga lihat indahnya ribuan lampion yang diterbangkan di akhir ritual Waisak. 

Memangnya masih tertarik buat ke sana lagi? Buat saya pribadi, bisa berkunjung ke Candi Borobudur tetap menjadi hal yang menarik dan akan menjadi perjalanan baru yang seru. Kenapa? Pasalnya Candi Borobudur memiliki daya tariknya sendiri. Apalagi saya terakhir ke sana belasan tahun lalu. Tentunya pasti ada perbedaan. Mungkin bukan pada candinya, tapi lingkungan di sekitarnya. Pastinya akan ada hal baru yang bisa saya temukan yang akan membuat saya merasakan pengalaman yang berbeda.

Kalau kamu bagaimana? Apakah kamu pernah ke Candi Borobudur? Jika belum, maka kamu wajib mengunjung candi fenomenal tersebut. Ada banyak alasan yang bisa kamu temukan untuk membuatmu berkunjung ke Candi Borobudur. Berikut ini 6 alasan kenapa kamu harus berkunjung ke Candi Borobudur di Magelang.

1. Candi Borobudur merupakan Candi Budha terbesar di Dunia.
Merupakan peninggalan peradaban kerajaan Budha pada masa lampau di Nusantara, hingga kini Candi Borobudur ramai dikunjungi. Menjadi wisata rohani bagi penganut agama Budha, para pengunjungnya bukan hanya umat Budha di Indonesia saja, tapi juga dari negera lain seperti Thailand, China hingga Vietnam dan Laos. Memiliki pesona pemandangan dan kemegahan bangunan dengan ciri khasnya yang unik, komplek Candi Borobudur memang sangat luas dan besar. Hal yang wajar jika nama Candi Borobudur bisa mendunia dan menjadi destinasi wisata favorit para traveler.

Baca juga: Destinasi Wisata Impian di Indonesia

2. Candi Borobudur merupakan situs warisan budaya dunia yang dilindungi keberadaannya oleh UNESCO.
Pernah dinobatkan dalam daftar salah satu 7 keajaiban Dunia, Candi Borobudur juga telah ditetapkan sebagai World Heritage Sites oleh UNESCO. Ini tentunya menjadi kebanggaan tersendiri dong bagi bangsa Indonesia. Dengan adanya pengakuan dan penghargaan dari UNESCO tersebut, Candi Borobudur pun otomatis secara nggak langsung bukan hanya menjadi milik bangsa Indonesia saja, tapi juga milik masyarakat dunia. Sehingga otomatis semua orang wajib melindungi dan melestarikan keberadaannya.

Candi Budha terbesar di dunia

3. Candi Borobudur memiliki nilai sejarah dan nilai seni yang tinggi.
Dibangun oleh Raja Samaratungga yang merupakan Raja Mataram Kuno dari Wangsa Syailendra, Candi Borobudur penuh nilai sejarah yang tinggi. Saat awal Candi Borobudur dibangun, dikisahkan nggak hanya umat Budha yang ikut berpartisipasi dalam proses pembangunannya. Melainkan juga adanya toleransi dari umat Hindu yang turut mendukung berjalannya pembangunan candi terbesar di dunia ini. Wah, patut ditiru nih!

Kompleks Candi Borobudur juga mencerminkan sebuah karya seni yang luar biasa.  Dibangun di atas ketinggian, pembangunan Candi Borobudur konon menghabiskan sejumlah 2 juta balok bata untuk menyusun candi hingga berdiri tegak seperti sekarang.
Memiliki bentuk dasar seperti punden berundak, Candi Borobudur disepanjang dindingnya memilki 1460 relief yang menceritakan kehidupan masa itu. Pahatan–pahatan yang ada di relief juga mampu menceritakan betapa karya seni pada saat itu sudah begitu maju. Sedangkan di bagian atasnya terdapat 506 stupa berdiri kokoh yang siap menyambutmu.

4. Candi Borobudur memiliki pemandangan yang indah.
Wajar saja jika banyak wisatawan yang berkunjung ke Candi Borobudur. Pasalnya, selain disuguhi dengan kemegahan candi yang unik, kamu juga bisa menikmati pemandangan alamnya yang indah. Tentunya berfoto di Candi Borobudur dengan latar yang indah sangatlah instagramable. Apalagi kamu juga bisa lho menikmati sunrise dan sunset dari puncak candi.Bisa kamu bayangkan kemegahan candi disinari cahaya pagi matahari? So pasti cantik banget! Eits, tapi untuk itu kamu harus bersaing dengan wisatawan lainnya. Nggak hanya dengan wisatawan nusantara, tapi juga mancanegara. Nggak heran jika lokasi Candi Borobudur dan sekitarnya kerap digemari para pemburu foto.

5. Banyak acara bertaraf nasional hingga internasional.
Selain kaya akan nilai seni dan sejarahnya, Candi Borobudur juga menjadi magnet tersendiri bagi para pelancong dan wisatawan yang haus akan hiburan. Asal kamu tahu, banyak acara bertaraf nasional hingga internasional sering digelar di Candi Borobudur lho. Misalnya ada Borobudur Marathon, Konser Mariah Carry, hingga Borobudur Writer and Culture Festival yang sukses menarik wisatawan.

Tapi kalau menurut saya sih, acara yang paling menarik adalah perayaan Hari Raya Waisak yang diadakan setiap tahun di Candi Borobudur. Dirayakan setiap bulan purnama di bulan Mei atau Purnama Sidhi, perayaan Hari Raya Waisak di Candi Borobudur selalu menarik ribuan umat Buddha dari berbagai negara dan juga wisatawan yang khusus datang untuk melihat ritual sakral dan mengesankan itu. Yang paling menarik perhatian wisatawan yaitu pelepasan ribuan lampion ke langit sebagai perlambang pencerahan bagi seluruh alam semesta sekaligus menandai akhir sesi ritual Hari Raya Waisak. Dijamin deh, saat ribuan lampion-lampion yang kontras dengan pekat langit malam tersebut mengangkasa, kamu akan terpesona. Lantaran itu pula, saya pengin banget bisa datang ke Candi Borobudur saat perayaan Hari Raya Waisak.

Hari Raya Waisak di Candi Borobudur

6. Lokasi  Candi Borobudur yang cukup strategis.
Kamu bisa menuju Candi Borobudur lewat Yogyakarta menggunakan bus. Bisa menggunakan pesawat dan turun di bandara Adi Sucipto atau menggunakan kereta api, dan turun dari stasiun Yogyakarta. Jarak tempuhnya hanya sekitar 1-1,5 jam saja. Tapi kalau datang dari arah Semarang, kamu cukup naik bus ke arah Yogyakarta dan mengakhiri perjalanan di Magelang. Kemudian, dari Magelang kamu bisa berganti bus untuk menuju Borobudur. Gampang, bukan?

Baca juga : Keuntungan Memesan Tiket Kereta Api Online

Nah, itu tadi beberapa alasan kenapa kamu harus berkunjung ke candi Borobudur.  Obama saja sudah pernah berkunjung ke Borobudur, lho. Masa kamu belum? So, nggak ada alasan lagi dong buat nggak berkunjung Candi Borobudur. Kamu kalau sudah pernah ke Candi Borobudur, jangan lupa share pengalaman kamu di kolom komentar ya!

Advertisements

27 thoughts on “6 Alasan Kamu Wajib Berkunjung Ke Candi Borobudur

  1. Alhamdulillah sudah pernah berkunjung ke Borobudur. Sempat kecewa sih soal bayangan sebelum ke sana candi ini sangat besar. Maklum, bayangan anak kecil yang hanya tau dari candi ini dari buku.. tapi pemandangannya itu loh, asik cakep banget.

    salam kenal mbak.

    Like

  2. Pernah beberapa kali ke Borobudur dan menyenangkan bisa tahu lebih dekat meski fskta faktanya ada beberapa patung hilang kepala, tangan, dst. Mungkin dicuri dan dijual mahal. Pengen kesana lagi liat sunrisenya. Kyknya keren.

    Like

  3. 2 bulan lalu ke jogja acara kantor dan tiba-tiba dibatalkan di ganti candi prambanan, hanya persoalan ke borobudur butuh waktu yang lama, hiksssss.. tetiba sedih tapi kepikiran bahwa nanti pasti akan rejeki ke jogja lagi dan ke borobudur, Aminnn

    Like

  4. sampai umur 30-an gini belum pernah ke Borobudur, masak! 😀 Kalau ke Magelang sana kan tujuan utamanya memang ke Borobudur kan ya? Sementara aku ga punya saudara di sana, anak2 juga masih kecil belum ngerti sejarah dan budaya Indonesia. Jadi mungkin nanti kalau anak2 udah gede mungkin ya bakalan ngajak ke Borobudur.

    Like

  5. Aku sih udah beberapa kali ke Borobudur. Kalau menurutku, paling asyik mengelilingi Borobudur kalau ditemani guide yang memberikan cerita seputar sejarah candi. Jadi ada banyak yang bakalan kita pelajari dari bangunan bersejarah dan super megah ini. Sayang kan kalau ke sana cuma lihat2 aja dan enggak belajar apapun.

    Like

  6. Sudah lama banget ngga berkunjung ke borobudur.. sering ke jogya for business trip, tapi hanya di kota jogya dan klaten aja.. jarang main ke magelang.. memang ke borobudur ini enaknya santai ngga terburu2 jadwal kerjaan hehe.. semoga next ke jogja bisa mengunjungi borobudur

    Like

  7. Konon katanya, candu ini adalah masa peninggalan islam jaman dulu, di masa nabi Sulaiman, di mana candi ini diduduki oleh Ratu Bilqis, entah sprti apa kebenarannya yg psti keberadaan candi Boroburdur dan lainnya menjadi bukti telak bahwa di masa lalu peradaban sdh begitu canggih

    Like

  8. Candi Borobudur ini memang kebanggan Indonesia ya mbak. Sayangnya saya belum pernah ke sana #tutupmuka
    Saya tu penasaran kenapa nenek moyang yang bangun Borobudur enggak meninggalkan catatan ttg bgmn itu dibangun, tapi ya mungkin kita aja kali ya yang blm nemu hehe
    Moga tahun ini bisa ke sana sekeluarga.

    Like

  9. saya merasakan bulan madu yg luar biasa indahnya di candi borobudur .. menikmati adzan magrib, matahari tenggelam, di antara candi-candi .

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s