Tak Terdefinisi

Coworking Space dan Peran Pentingnya Bagi Startup

Coworking SpaceApa kamu tahu apa itu startup? Startup merupakan perusahaan rintisan dan sedang berkembang untuk menemukan pasar yang tepat. Karena baru memulai, biasanya para perintis startup belum memiliki kantor sendiri. Ini lantaran modal yang masih terbatas, sehingga mereka bekerja di tempat yang bernama Coworking. Apa lagi itu? Jadi, Coworking itu merupakan ruang kerja bersama yang bisa menjadi pilihan bagi para perintis startup. Hal ini karena konsep coworking  space sangat cocok bagi para founder yang baru memulai bisnisnya.

Hmm, memangnya apa sih keuntungannya kalau memilih coworking space untuk tempat bekerja. Bagi kamu yang perintis startup dan sedang memulai bisnisnya, ada banyak manfaat dari coworking space yang bisa didapatkan. Apa saja itu? Nah, berikut ini manfaat coworking space bagi startup. 

  1. Lebih menghemat biaya

Hemat biaya

Bagi kamu yang baru merintis bisnis mungkin merasa kesulitan untuk menekan biaya seminimal mungkin. Jika kamu memiliki karyawan kurang dari 5 orang, tentunya akan sangat sia-sia jika harus menyewa gedung karena cukup mahal biaya sewanya. Oleh karena itu coworking space merupakan solusi yang tepat untuk hal ini. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas ruang kerja yang menyediakan meja dan kursi untuk menghemat pembelian properti. Tersedia juga koneksi internet super cepat untuk mendukung kebutuhan bisnis kamu. beberapa coworking space juga menyediakan printer, fax, pantry, dan beberapa minuman serta makanan ringan. Jika ada kerusakan pada printer atau yang lainnya, kamu nggak perlu menghabiskan waktu untuk membawanya ke tukang servis printer karena sudah di handle oleh staff dari coworking space tersebut. Dengan begitu, kamu bisa fokus bekerja.

  1. Bertemu pebisnis lain yang akan meningkatkan motivasi Anda

Motivasi

Jika menyewa di coworking space, kamu akan bertemu pebisnis lain yang satu tujuan dengan kamu. Tentunya ini akan menambah relasi serta motivasi karena bertukar pikiran dengan orang-orang yang mempunyai misi yang sama. Motivasi ini pastinya akan membuat kamu lebih bersemangat untuk mengembangkan bisnis yang dikelola. Setuju?

  1. Membangun koneksi baru

koneksi kerjaDengan menggunakan coworking space, kamu bisa membangun koneksi dengan pebisnis lainya yang akan menambah pengetahuan baru kamu untuk keberjalanan bisnis yang lebih baik. Saling bertukar informasi mengenai produk masing-masing, juga secara nggak langsung bisa mengenalkan produk kamu melalui mereka ke dunia luar. Karena itu, coworking space menjadi tempat yang tepat untuk membangun koneksi. Bahkan, beberapa coworking space juga menawarkan paket workshop untuk menjalin koneksi kamu dengan pebisnis lain. Jadi, salah satu fungsi utama coworking space adalah menyatukan masyarakat dari berbagai latar belakang kedalam satu tempat untuk saling berkomunikasi. Di tempat itulah mereka saling bertukar gagasan untuk inovasi yang luar biasa. Untuk itu, bangunlah komunikasi yang baik dengan founder lain di sekitar kamu.

  1. Saran dan kritik yang berguna

supportBagi pebisnis pemula, pasti tak luput dari namanya kesalahan. Benar nggak? Nah, karena itu, kamu bisa meminta kritik dan saran pada sesama pebisnis lainya. Misalnya, sebelum presentasi, kamu bisa meminta mereka menyimak presentasimu sebentar. Dari sini, kamu bisa mendapatkan kritik atau saran untuk presentasi yang lebih bagus.

Tentunya hal ini sangat berguna untuk kemajuan bisnis kamu. Rasa saling membantu ini lah yang nantinya akan mewujudkan jaringan kuat yang akan memudahkanmu melahirkan ide dan gagasan tak terbatas. Startup yang berada di coworking space mempunyai keahlian dan latar belakang profesi beragam mulai dari freelancer, blogger, dan sebagainya. Kamu bisa memanfaatkan keberagaman tersebut untuk saling bertukar gagasan. Pelaku startup di coworking space biasanya nggak keberatan jika diajak bekerja sama, karena mereka sadar masih sama-sama merintis bisnis.

  1. Lifestyle yang seimbang

stres kerja

Bagi mereka yang bekerja di kantor apalagi dengan jam kerja padat, biasanya akan rentan mengalami stres. Pasalnya, pekerjaan kantoran identik dengan kerja individu. Tentunya ini berbeda dengan coworking space.  Dengan adanya konsep open space-nya inilah, maka bisa mengintenskan interaksi antar member yang akan meminimalisir stres dan rasa jenuh.

Jika sudah begitu maka kehadiran ruang kerja yang nyaman, terjangkau dan efisien menjadi kebutuhan para pelaku startup. Maka coworking space pun bisa menjadi cara baru untuk menghadirkan kolaborasi antar founder sehingga mendorong lahirnya inovasi secara berkelanjutan.

Nah, bagaimana menurut kamu? Apakah kamu sudah pernah bekerja di coworking space?  Yuk, share dong pengalaman kamu selama menggunakan coworking space.

Advertisements

38 thoughts on “Coworking Space dan Peran Pentingnya Bagi Startup

  1. Selama ini kalau datang ke coworking space, hampir semua tempatnya nyaman, homey design, khas anak muda. Jadi kalo tiap denger kata itu, yg selalu diingat adalah produktivitas, asyik, seru.

    Memang tempat begitu dr awal dicitrakan anak muda ya dan cocok sama budaya yg diharapkan terbangun baik: kerja sama, tukar pikiran, diskusi, dll.

    Liked by 1 person

  2. wah baru tahu tentang ccoworking space ini, dulu juga suami ketika resign bingung sewa tempat karena pegawainya cuman 3 seandainya dulu udah ada nih coworking space pasti masih jalan usahanya hehhee…
    bagus banget emang buat startup y mba

    Liked by 1 person

  3. Yeaaay, biaya nyewa tempat itu memang lumayan. Apalagi harus nambah furnish ini itu demi menjamin kelancaran dan kenyamanan member dalam bekerja. Kalau ada co-working space kan jadi lebih asyik yah. Sayangnya di daerah belum ada yg kayak gini sih.

    Liked by 1 person

  4. Bener dan setuju banget. Aku dulu sering heran, kenapa ya kok banyak bermunculan coworking space. ternyata memang ini manfaatnya. Bikin para pelaku start up justru dikelilingi lingkungan yang memotivasi mereka untuk maju.

    Liked by 1 person

  5. Di Semarang kini udah makin banyak aja ya bertaburan coworking space. Anak2 muda sekarang pada kreatif2 dan udah pada kerja sendiri meskipun enggak punya kantor. Coworking space ini amat penting keberadaannya untuk kerja mandiri seperti ini.

    Liked by 1 person

  6. Sekarang coworking space menjamur dan harganya juga bersaing ya mbak, begitu pula faslitasnya. Bangunan kyk gini memang memfasilitasi org2 yg gk ada kantor. Saya jg sesekali suka ngetik di coworking space 😀

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s