Celoteh

Meja Kerjamu Berantakan, Wajarkah?

mess office desk

Apakah meja kerjamu selalu diwarnai dengan beragam alat tulis yang berserakan di sudut meja, kertas-kertas yang harus di periksa ulang dan di revisi terpencar, hingga posisi papan layar komputer dan keyboard yang nggak berhadapan? Jika iya, persiapkan hati dan mentalmu kalau ada yang bilang kamu pemalas ya. Kenapa? Pasalnya, keadaan tersebut sering kali membuat kesan bahwa kamu sebagai pengguna meja kerja tersebut adalah orang yang malas untuk bekerja. Sebaliknya, kerapihan meja kerja sering kali dikaitkan dengan keteraturan yang terkontrol.

Eits, tapi tahukah kamu, ternyata dibalik sebuah meja kerja yang berantakan, terdapat beberapa fakta menarik yang juga dapat menggambarkan bagaimana sosok si pengguna meja sesungguhnya. Bahkan bisa jadi keadaan meja yang berantakan menandakan bahwa penggunanya adalah sosok yang jenius dan kreatif, lo. Penasaran? Yuk langsung simak saja fakta-fakta menarik tentang meja kerja yang berantakan di bawah ini:

  • Menurunkan tekanan kerja

Ya, meja kerja yang berantakan akan membuat kamu merasa bahwa sebuah proyek besar baru saja selesai dilakukan. Sehingga hal tersebut akan menimbulkan perasaan bangga pada diri sendiri sekaligus memicu rasa percaya kalau kamu dapat melakukan proyek besar lainnya dengan lebih produktif, semudah melakukan pekerjaan sebelumnya. Selain itu, alat tulis yang berantakan sebenarnya juga bisa mewakili bagaimana kamu ingin meraih posisi terdekat untuk alat tulis yang penggunaannya lebih sering, daripada alat tulis lainnya yang sering kali tanpa kamu sadari terdorong hingga sudut meja.

  • Menunjukkan bahwa pekerjaanmu sudah setengah berjalan

Nah, saat belum memulai pekerjaan, situasi meja kerja tentunya masih dalam keadaan tertata rapi dan teratur. Tapi jika kamu sudah melakukan sebagian besar dari pekerjaan hari itu, maka tentunya hampir bisa dipastikan situasi meja kerjamu juga dapat berubah. Mulai dari adanya tumpukan dokumen yang masih harus diperiksa, hingga segelas kopi yang bisa membuatmu tetap terjaga dari rasa kantuk. Memang sih, kondisi meja berantakan akan terkesan ruwet, namun di sisi lain juga dapat menghasilkan sebuah pola serupa timeline kalau kamu hanya perlu menyelesaikan sedikit lagi pekerjaan yang tersisa.

  • Kreativitas meningkat pesat

Perlu kamu tahu nih, menurut para peneliti di Universitas Minnesota orang-orang yang berada di lingkungan tertib terdorong melakukan kebiasaan dan cenderung bermain aman. Mereka yang memiliki meja kerja rapi cenderung mengikuti aturan ketat dan kurang berani mencoba hal baru. Sebaliknya, mereka yang memiliki meja kerja berantakan lebih berani mengambil risiko. Dikatakan pula bahwa para jenius yang kreatif cenderung lebih memilih tempat kerja yang berantakan. Kenapa? Ini terjadi lantaran ketika kamu melakukan pekerjaan  di meja kerja yang berantakan, otakmu akan terlatih untuk berpikir out of the box melalui berbagai cara. Dengan demikian, kreativitas hingga efisiensi muncul melalui pendekatan pemecahan masalah. Misalnya adalah saat kamu berusaha mencari benda yang terselip. Nah, saat itu biasanya kamu tanpa sadar juga akan memindahkan benda lainnya yang memang jarang digunakan dengan meletakkannya lebih jauh dari jangkauan. Hayo, siapa yang suka seperti itu?

Nah, itulah beberapa fakta menarik mengenai meja kerja yang berantakan dan korelasinya dengan kreativitas.  Oya, kalau kamu lagi mencari meja kerja, cek saja di www.enduro.co.id yang sering ngasih promo. Kamu bisa menemukan berbagai pilihan meja kerja berkualitas oke di sana. Baik itu meja kerja untuk kantor maupun untuk di rumah. So, apakah meja kerjamu berantakan?

Advertisements

One thought on “Meja Kerjamu Berantakan, Wajarkah?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s