Celoteh

Tips Memilih Buku yang Tepat

read bookBuku merupakan jendela dunia, kita bisa mendapatkan banyak pengetahuan dan informasi lewat buku. Sayangnya, nggak sedikit diantara kita yang mungkin nggak hobi baca buku. Jangankan baca buku yang tebal dengan beratus-ratus halaman, baca buku pelajaran pun terkadang hanya saat menjelang ujian. Hmm…buat kamu yang bilang kalau “membaca itu membosankan”, itu karena belum menemukan buku yang tepat. Nah, bagaimana memilih buku yang tepat? Kamu bisa coba beberapa ide berikut :

  • Pilih buku yang sesuai dengan hobi dan minat. Kamu semua tentu punya hobi dan minat masing-masing kan? Ada yang suka musik, mode atau fashion, komputer, atau mungkin olahraga? Banyak sekali buku yang mengulas tentang topik-topik tersebut. Dengan membaca buku yang sesuai dengan minat dan hobi, nggak bakal bikin kamu cepat bosan, justru akan membuat kamu penasaran dan ketagihan. Nggak percaya? Silahkan saja kamu coba sendiri.
  • Mencari buku yang berhubungan dengan hal-hal yang perlu kita lakukan. Contohnya saja, mungkin kamu saat ini lagi pengin belajar memasak? Belajar desain grafis komputer? Atau mungkin sedang membutuhkan informasi tempat wisata untuk menghabiskan liburan bersama keluarga atau teman? Coba deh kamu cek di toko buku, ada lusinan buku tentang semua masalah tersebut.
  • Pikirkan tentang film atau acara televisi kesukaan. Ya, kamu akan menemukan novel berdasarkan film, biografi para bintang, atau buku tentang cara memproduksi acara televisi atau film. Dengan memilih buku-buku tersebut, membuat kamu nggak hanya sekadar menjadi penonton saja, tapi kamu juga tahu cerita behind the scene-nya. Menarik bukan?
  • Cobalah Internet. Well, sudah jadi rahasia umum kalau di internet kamu akan menemukan banyak informasi hampir tentang apa saja yang ingin kamu tahu. Di internet kamu bisa menemukan informasi baru yang bisa jadi ide untuk mencari buku yang kamu inginkan. Kalau nggak, ada juga e-book. Jadi kamu bisa membaca buku lewat dunia maya. Biasanya e-book ini berformat pdf. Sekarang ini buku berformat e-book sudah sangat banyak sekali. Selain itu, kamu juga bisa mencoba untuk menjelajahi situs-situs yang menarik minat. Seringkali, di internet juga ada daftar bacaan yang dianjurkan.
  • Kunjungilah toko buku online. Nggak perlu repot-repot jalan ke toko buku dan mencari satu persatu di setiap rak untuk mendapatkan buku yang diinginkan. Dengan toko buku online membuat kamu lebih mudah untuk menemukan buku yang menarik dan langsung bisa melakukan pembelian. Tapi tentu saja untuk berbelanja online kamu harus bersabar. Kenapa? Pasalnya kamu harus menunggu buku pesananmu diantar dan sampai di rumah.
  • Bicaralah dengan orang lain. Kamu bisa meminta pendapat teman, orang lain yang punya hobi sama denganmu, guru atau bisa juga petugas perpusatakaan. Mereka mungkin punya saran untuk membantu memilihkan buku yang cocok untukmu.

Bagaimana, masih bingung juga mendapatkan ide untuk memilih buku yang kamu mau? Pastinya nggak dong? Atau kamu punya ide lainnya? Kalau iya, silahkan berbagi ide di kolom komentar ya. Siapa tahu, ide kamu justru lebih efektif dan lebih oke.

Nah, kalau sudah menemukan buku yang tepat, saatnya untuk membaca. Biar lebih asyik, kamu bisa menyiapkan camilan sebagai teman membaca. Pilih tempat yang nyaman buat kamu membaca. Eits, tapi hindari membaca di tempat tidur ya! Karena kemungkinan besar bukan kamu yang baca buku, tapi buku yang baca kamu alias tertidur hehehe… So, selamat membaca!

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s