Tak Terdefinisi

Tips Memilih Kursi Kantor Berkualitas

Kursi kantor adalah salah satu perangkat kantor yang akan mendukung majunya perusahaan. Kenapa? Karena hal tersebut akan mempengaruhi kenyamanan karyawan. Jika karyawan dapat nyaman bekerja tentunya kualitas hasil pekerjaannya juga akan lebih baik. Seperti yang kita ketahui, ada banyak faktor yang menentukan kualitas hasil pekerjaan para karyawan. Salah satunya bersumber dari faktor lingkungan, seperti ruangan yang bersih, nyaman, tentram, meja yang besar, komputer serta tempat duduk seperti kursi yang nyaman. Nah, dengan adanya kursi kantor yang nyaman maka akan membuat kerja lebih menyenangkan dan meningkatkan produktivitas. Jadi wajar saja jika kursi kantor menjadi salah satu perangkat kantor yang berperan dalam menudukung majunya perusahaan.

Kursi kantor yang baik adalah kursi yang memang dirancang sesuai dengan kebutuhan pekerja di kantor. Jadi kini kursi tidak hanya sekadar sebagai tempat duduk saja, namun juga memiliki fungsi khusus. Karena kursi kantor digunakan untuk membantu seseorang supaya nyaman ketika melakukan aktivitas kerja, diperlukan kursi kantor yang pas dan sesuai dengan jenis pekerjaan. Sehingga diharapkan orang tersebut akan merasa betah dengan pekerjaannya dan bisa produktif. Berikut ini ada beberapa tips memilih kursi kantor :

  • Sesuaikan dengan kebutuhan. Sebelum membeli prioritaskan terlebih dahulu yang dibutuhkan daripada keinginan. Lihatlah kursi yang dibeli, apakah sudah sesuai kebutuhan  atau tidak. Jangan hanya memilih kursi kantor hanya karena desainnya bagus atau harganya murah. Saat membeli, buatlah list kursi kantor yang dibutuhkan. Misalnya kursi untuk Direktur tentunya berbeda denga kursi untuk karyawan/staff. Kenapa? Karena dibandingkan karyawan, seorang pemimpin dituntut untuk lebih betah dengan pekerjaannya dan lebih ‘tahan banting’. Selain itu, seorang pemimpin juga akan lebih banyak melakukan ‘kerja otak’ dibandingkan karyawan biasa.
  • Pilih warna yang tepat. Sebelum membeli kursi kantor, sebaiknya sesuaikan warna kursi dengan warna interior kantor. Warna-warna yang cerah dapat menjadi pilihan untuk membuat suasana kantor lebih menyenangkan. Namun bisa juga memilih warna biru atau warna-warna netral seperti hitam dan abu-abu.
  • Pilih material kursi terbaik. Pastikan memilih kursi kantor yang terbuat dari rangka besi sehingga lebih kokoh dan tidak mudah patah saat menanggung beban berat. Pilih juga kursi dengan dudukan empuk karena ini akan membuat karyawan nyaman. Dudukan yang empuk juga bisa meminimalisir karyawan terserang penyakit wasir akibat duduk terlalu lama. Pilih juga bahan pelapis yang berkualitas sehingga tetap memiliki sirkulasi udara dan tidak panas saat digunakan dalam waktu lama.

  • Pilih kursi yang ergonomis. Kursi dengan desain ergonomis mampu menopang pinggang dan punggung dengan baik. Ciri-ciri kursi yang ergonomis antara lain yaitu memiliki sandaran. Hal ini supaya pengguna kursi dapat mengistirahatkan punggung dan badan sehingga tubuh dapat kembali rileks. Selanjutnya yaitu tinggi kursinya dapat diatur dan dudukannya dapat digeser. Sehingga kursi dapat digunakan oleh karyawan dengan variasi tinggi badan berbeda dan juga posisi dudukan menjadi pas dengan sandaran kursi. Dengan demikian, tingkat kenyamanan kursi kantor pun dapat disesuaikan. Selain itu kursi juga memiliki sandaran tangan dan memiliki roda. Sebaiknya siku pada sandaran tangan membentuk sudut 90 derajat. Adapun roda pada kursi untuk membantu karyawan ketika menjangkau sesuatu tanpa meninggalkan tempat duduknya. Supaya bisa mendapatkannya kursi yang nyaman, sebaiknya mencoba langsung kursi yang akan dibeli.
  • Pilih harga terbaik. Bisa membeli barang dengan harga termurah tentu saja merupakan sesuatu yang didambakan. Selain tentunya juga bisa menghemat pengeluaran. Namun, yang perlu diingat adalah jangan sampai demi menghemat pengeluaran, kita mengesampingkan kebutuhan. Sebelum membeli kita bisa terlebih dahulu mengecek harga kursi kantor dan temukan jenis kursi kantor, desain kursi kantor dan bentuknya yang paling sesuai kebutuhan. Pastikan membeli kursi berkualitas dengan harga yang sesuai. Karena bagaimanapun menghadirkan kenyamanan pada kantor adalah hal yang sangat tepat, demi kemajuan perusahaan.

Dalam memilih kursi kantor, ada beberapa hal yang memang harus diperhatikan, seperti desain, kualitas material dan bahan termasuk harganya. Oleh sebab itu, selain material dan desain, harga kursi kantor tentunya akan menjadi perhatian dan menjadi suatu pertimbangan bagi kita yang akan membeli kursi kantor dengan tepat. Karena tak bisa dipungkiri, harga berbanding lurus dengan kualitas. Artinya membeli kursi kantor tentunya harus berkualitas, tahan lama, dan awet. Hal ini agar perusahaan tidak terus menerus mengeluarkan budget untuk furniture seperti kursi. Dengan kursi kantor yang aman dan nyaman, maka produktivitas karyawan akan meningkat dan pertumbuhan perusahaan dapat lebih stabil. Meskipun terkesan sepele, namun tidak ada salahnya jika kita mempertimbangkan hal tersebut, apalagi karena saat ini telah hadir produk dari perusahaan office chair yang memberikan garansi hingga 5 tahun.

Advertisements

6 thoughts on “Tips Memilih Kursi Kantor Berkualitas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s