Celoteh

8 Aplikasi Yang Bikin Ngeblog Makin Lancar

Bagi kalian yang suka ngeblog, adakah yang suka ngeblog lewat hp atau smartphone kalian? Hmm…pastinya ada dong ya. Bagi sebagian orang, kemajuan teknologi semakin memudahkan dalam kehidupan termasuk urusan blogging. Kalau zaman dulu, kalau mau ngeblog ya lewat komputer atau laptop. Tapi kini, zaman sudah berubah cuy…Sekarang nggak perlu repot-repot lagi musti buka laptop kalau mau ngeblog. Sekarang cukup dengan smartphone mungil nan canggih pun kita bisa ngeblog. Bahkan bisa melakukannya kapan pun dan di mana pun. Bermunculannya berbagai aplikasi pun semakin mempermudah para blogger untuk ngeblog. Kalau zaman dulu mungkin kalau mau nulis ide biasanya di kertas, sekarang cukup dengan buka smartphone dan mengetiknya di aplikasi pilihannya. Kalau dulu mau edit foto harus buka laptop dan buka photoshop, kini cukup buka aplikasi edit foto yang kian beragam, untuk mengedit dan mempercantik foto yang mau di upload. Menulis dan mempublish artikel pun bisa kita lakukan lewat smartphone.

Nah, kali ini saya ingin membahas beberapa aplikasi yang saya gunakan untuk ngeblog. Aplikasi ini nggak hanya yang digunakan di smartphone aja loh ya, tapi bisa juga yang digunakan di komputer atau laptop. Karena sejujurnya saya termasuk orang yang jarang ngeblog lewat smartphone. Apalah daya, hp saya masih jadul boo… *berharap ada yang ngasih smartphone gratis* . Alasan lainnya, saya lebih suka ngeblog lewat komputer karena terasa lebih “mantap”, daripada ngeblog lewat hp yang layarnya kecil, kecuali jika keadaan memaksa. Tapi mungkin lain halnya sama mba Rahma atau mba Nyi, mereka mungkin beda pendapat sama saya. Langsung saja nih, kira-kira apa sajakah aplikasi yang mendukung dalam dunia perbloggingan versi saya? Kalau penasaran, langsung saja cek daftarnya di bawah ini:

  1. Aplikasi Browser. Yup, so pasti aplikasi browser jadi aplikasi wajib buat ngeblog. Gimana mau ngeblog kalau nggak punya browser hehehe…Dari berbagai aplikasi browser yang ada, saya memilih Google chrome, baik itu untuk di komputer atau di hp. Tampilannya minimalis tapi kece dan juga gampang serta nyaman digunakan. Selain itu langsung terhubung dengan mesin pencari Google. Jadi kalau mau cari sesuatu langsung ketik saja kata kuncinya di addres bar. Google chrome juga  dapat mendeteksi kata kunci, jadi lebih memudahkan ketika kita mencari informasi. Google Chrome juga punya aplikasi web shortcut serta otomatis membookmark semua situs yang pernah dibuka selain histori, halaman yang sering dikunjungi, dll. Buat saya sih, ini sangat memudahkan ketika saya mau membuka kembali website yang pernah saya buka, tapi saya lupa alamat websitenya. Tentu saja, kelancaran dan kenyaman dari aplikasi browser yang oke secara nggak langsung juga bakal bikin kita makin lancar ngeblognya.
  2. Aplikasi Chatting. Dari sekian banyak aplikasi chatting yang ada, favorit saya adalah Whatsapp. Lah kok aplikasi chatting masuk list? Iya beneran deh nggak bohong. Buat saya, aplikasi chatting ini jadi salah satu aplikasi utama yang mendukung saya ngeblog. Kenapa? Karena lewat whatsap saya bisa kontak dengan para blogger lainnya. Lewat whatsap saya bisa mendapatkan informasi seputar dunia perbloggingan. Mulai dari lomba blog, job review blog, hingga arisan blog. Kalau nggak ada whatsapp, bisa-bisa saya jadi blogger kudet euy. Oh ya, selain itu versi web whatsapp juga sangat mempermudah saya. Kalau di rumah, saya lebih suka buka web whatsapp. Lebih mudah untuk balas pesan ketika sibuk berkutat dengan komputer, karena jadi nggak perlu bolak-balik ngecek hp. Selain itu, kalau mau blog walking atau buka link yang dikirim dari whatsap jadi lebih enak karena langsung bisa dibuka di tab browser.
  3. Aplikasi Platform Blog. Saya pakai aplikasi WordPress, karena saya pakai platform blog dari wordpress. Kalau kalian pakai plaftfom lain, silahkan download aplikasi yang sesuai untuk platfrom blog yang  kalian pakai, apakah itu blogspot, tumblr, weebly atau yang lainnya. Kalau di laptop saya sih langsung buka saja di browser atau lewat extention chrome. Kalau di hp, aplikasi ini berguna banget kalau kita lagi kepepet nggak bisa buka komputer buat ngeblog.
  4. Aplikasi Email. Untuk aplikasi email, saya pakai Gmail. So pasti ini buat urusan kirim-kirim email. Kalau pas lagi nggak bisa buka komputer, aplikasi Gmail ini tentunya sangat bermanfaat saat kita harus mengirim email atau sekadar mengecek email. Kalau untuk urusan ngeblog, tentunya ini berguna banget saat menyangkut urusan job ngeblog, seperti misalnya harus segera membalas pesan dari klien. Selain itu, kita bisa juga mengecek hal-hal lain terkait ngeblog dari email. Misalnya nih, mengecek notifikasi dari blog kita. Apakah ada komen terbaru, pengikut terbaru dsb, termasuk juga email pemberitahuan bahwa bayaran dari klien sudah masuk ke rekening kita hehehe….Oh iya, bahkan bisa juga loh ngeblog lewat email kalau kalian mau. Satu lagi, tentunya aplikasi Gmail ini buat yang pakai email dari Google, kalian tinggal menyesuaikan aplikasi email sesuai platform masing-masing.
  5. Media Sosial. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, hingga LinkedIn. Kalau untuk urusan media sosial ini, fungsinya selain untuk berinteraksi dengan teman-teman di dunia maya juga bisa untuk menshare tulisan kita di blog. Dengan membagikan postingan blog kita lewat media sosial, tentunya kita berharap dapat meningkatkan traffic blog kita. Adapun fungsi lain media sosial juga bisa untuk memperlancar pekerjaan kita. Karena terkadang kalau dapat job ngeblog, ada klien yang meminta kita untuk posting di media sosial. Bisa juga menggunakan media sosial untuk melihat perkembangan terkini atau mencari ide menulis. Karena terkadang kita justru bisa mendapatkan ide menulis dari status teman-teman di media sosial.
  6. Pinterest. Ada yang bingung kenapa saya pilih Pinterest? Jadi, lewat Pinterest ini kita bisa mendapatkan informasi tentang berbagai hal.  Termasuk salah satunya yaitu dunia perblogingan. Dari Pinterest saya bisa mendapatkan berbagai hal baru yang menunjang aktifitas ngeblog saya. Mulai dari tips ngeblog sampai ide menulis blog post.
  7. Aplikasi edit foto. Selain photoshop, saya memakai Photoscape sebagai aplikasi edit foto di komputer. Meskipun saya terbilang sangat jarang juga pakai aplikasi edit foto. Untuk edit mengedit foto saya biasanya hanya crop foto saja, itupun saya langsung lakukan di dashbord wordpress. Kalau butuh lebih di terangkan, di gabung atau yang lebih rumit lagi, baru deh pakai aplikasi edit foto. Kalau aplikasi edit foto di hp, saya nggak pakai, meskipun sangat banyak sekali pilihannya. Kenapa? Karena memory hp nggak cukup dan juga saya termasuk malas untuk edit mengedit foto hehehe…
  8. Notes. Aplikasi notes ini banyak banget, seperti evernote, Google Keep, Sticky Notes dll. Kalau yang ini bisa berfungsi untuk mencatat ide untuk blog post, mencatat deadline job ngeblog dsb. Kalau saya sendiri sih lebih suka menulis di buku. Kalau nulis di hp, suka hilang catatannya karena saat bersih-bersih memori hp. Kalau di komputer kalian bisa memasangnya di desktop biar nggak kelupaan.

Nah, itu tadi ada beberapa aplikasi yang mendukung aktifitas ngeblog menurut saya. Adakah di antara aplikasi di atas yang kamu pakai? Share juga dong cerita tentang aplikasi apa saja yang menunjang kegiatan ngeblog kamu 🙂

 

Advertisements

3 thoughts on “8 Aplikasi Yang Bikin Ngeblog Makin Lancar

  1. Kurang lebih sama, pake aplikasi yang udah disebutin di atas. Tapi kalo edit foto, aku selalu pake Lightroom. Enak karena udah ada preset, ngedit jadi cepet. 50 foto bisa diedit dalam waktu 20-30 menit, lumayan hemat waktu banget 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s