Celoteh

Langkah-Langkah Mudah Beli Reksadana

reksadana

Adakah di antara kalian yang tahu tentang reksadana? Hmmm…mungkin sebagian besar dari kalian sudah tahu atau setidaknya pernah dengar tentang reksadana. Yup, istilah reksadana memang sudah tidak asing lagi untuk sebagian masyarakat, terutama yang bertempat tinggal di kota-kota besar. Bahkan tren beli reksadana ini populer sekali di kalangan investor pemula. Karena itu, pastinya sulit bagi investor pemula ini untuk membeli mana-mana saja jenis reksadana yang cocok  untuk investasinya. Maka dari itu berikut  ini saya akan bahas tentang langkah-langkah mudah untuk mendapatkan reksadana yang diinginkan. Mau tahu seperti apa? Langsung saja deh cek langkah-langkahnya di bawah ini.

Beberapa Langkah Mudah Beli Reksadana

  1. Cari bank/perusahaan terbaik

Selain bank, sebenarnya ada pula beberapa perusahaan yang memiliki manajer investasi untuk jasa reksa dana. Namun disarankan bagi pemula untuk memilih bank dengan kualitas yang sudah terjamin.

  1. Pahami prospektus

Setelah memilih bank, jangan lupa mengunjungi situs resminya untuk mendapat info seputar prospektus. Prospektus ini berisi mengenai penjelasan tentang reksadana. Pihak bank pastinya tidak akan sembarangan dalam memilih investor. Jadi tentu saja kalian harus memahami prospektus dari setiap bank.

  1. Menentukan produk reksadana

Kalian bisa menentukan dimana uang investasi ini akan ditanam untuk beli reksadana. Produk reksadana konvensional secara umum tersedia dalam tujuh jenis. Masing-masing dari produk tersebut pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan. Jadi kalian silahkan pertimbangkan terlebih dahulu segala kelebihan dan kekurangan dari masing-masing produk. Setelah itu kalian bisa menentukan pilihan produk reksadana yang sesuai dengan yang kalian mau.

  1. Datang ke bank

Langkah selanjutnya yaitu kalian datang ke bank. Jangan lupa untuk menyiapkan segala dokumen yang sudah menjadi persyaratan untuk membeli reksadana. Di antaranya KTP dan NPWP perorangan atau NPWP milik pasangan/orang tua. Bawalah segala dokumen yang diperlukan, lalu datangi bank yang kamu inginkan dan temui bagian customer service. Biasanya kamu harus membuat nomor rekening dahulu jika belum punya nomor rekening di bank yang kalian tuju.

  1. Bikin portofolio

Sebelum resmi menjadi seorang investor reksadana, isi dulu formulir pembelian dan portofolio yang sudah disediakan. Portofolio yang diisi penting untuk manajer investasi untuk menyarankan alokasi dana yang akan digunakan untuk berinvestasi. Tujuan investasi sendiri adalah untuk menentukan jumlah dana yang akan ditanam dan merekomendasikan produk reksadana dari manajer investasi.

  1. Transfer dana

Setelah semuanya disetujui, langkah terakhir adalah mentransfer dana sesuai dengan kesepakatan yang sudah disetujui dengan manajer investasi. Dana inilah yang nantinya akan diolah oleh manager investasi terbaik di Indonesia. Selanjutnya kalian akan dikirimi surat konfirmasi kepemilikan yang dapat dijadikan sebagai bukti bahwa kalian sudah membeli reksadana.

Nah, itu tadi beberapa gambaran langkah-langkah untuk membeli reksadana. Bagaimana menurut kalian, mudah bukan?

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s