Kesehatan

Ini Bahaya Penyakit Diabetes

Siapa yang nggak tahu diabetes? penyakit yang menyelinap diam-diam, sebab penyebabnya yang cuma disebabkan gula yang berlebihan dikonsumsi tubuh. Diabetes pun menjadi momok menakutkan bagi siapa saja. Pasalnya bahaya dari penyakit diabetes, tak bisa dianggap main-main. Sebab kematian bukanlah hal yang dapat dianggap main-main bukan?

Yup, tentu saja diabetes bisa menyebabkan kematian. Kenapa? karena bahaya yang ditimbulkan saja sampai menyerang jantung. Di mana pusat kehidupan manusia ada di sana. Bisa juga menyerang ginja. Organ yang berfungsi menyaring darah itu, bila sudah rusak, maka tubuh kita tentu akan kerepotan untuk mengurus masalah darah saja. Sebab, jika ginjal sudah rusak, dengan apa tubuh kita menyaring darah? Ya memang, alat-alat medis sudah begitu canggih di masa ini. Tapi masalahnya, apa hidup kita dipertahankan pada alat-alat medis dokter untuk selama-lamanya? Nggak mau kan?

Nah, maka dari itu kita harus tahu tentang penyakit diabetes, terutama bahayanya. Berikut ini beberapa bahaya penyakit diabetes, antara lain :

  • Mata yang mengalami kerusakan. Diabetes dapat merusak kornea dan lensa mata. Bahaya seperti kehilangan penglihatan, menjadi hal yang sering terjadi untuk penderita penyakit satu ini. Tak jarang, dan kita pasti bisa menemukan orang-orang di sekitar yang menderita penyakit ini, kehilangan penglihatannya, katarak, atau glaukoma.
  • Pendengaran terganggu. Menjadi tuli, penderita bisa mengalami gangguan pendengaran. Jadi tak hanya mata, telinga pun juga bisa terkena dampaknya. Dua hal penting tersebut adalah dua indera dari 5 indera manusia. Dengan demikian ini membuktikan, diabetes ada kaitan erat dengan kerusakan alat-alat indera manusia.
  • Pikun. Sistem memori menjadi terganggu. Tak hanya dipengaruhi faktor usia, pikun atau pelupa ternyata bisa disebabkan oleh kehadiran penyakit diabetes juga loh.
  • Infeksi pada kulit. Penderita akan mengalami luka kulit yang susah untuk sembuh. Gampang terluka, tapi susah untuk sembuh. Bahkan luka yang tak kunjung sembuh, bisa berakibat membusuknya kulit yang terdapat luka.
  • Kerusakan sistem saraf. Saraf yang diserang lebih condong ke kaki. Penderita akan merasakan kesemutan, rasa terbakar, merasakan sakit pada ujung jari dan kaki menjadi mati rasa.
  • Cacat pada kaki. Karena mengalami gangguan saraf, pada kondisi tertentu, penderita bisa saja harus melakukan amputasi kaki agar tidak menyerang jaringan lain yang belum rusak. Amputasinya sendiri tidak menggunakan obat bius. Jadi bisa dibayangkan betapa sakit yang dirasakan penderita.
  • Kerusakan ginjal. Seperti yang dijelaskan di atas. Ginjal akan mengalami kerusakan karena diabetes. Untuk mempertahankan kehidupan, maka penderita pun harus rutin melakukan cuci darah.
  • Penyakit jantung. Diabetes akan menyebabkan dada terasa sakit. Jenis penyakit jantung pun akan menyerang kita yang disebabkan diabetes. Yang sering terjadi adalah, penderita mengalami stroke, dan serangan jatung tiba-tiba.

See, itulah bahaya dari penyakit diabetes. Mengerikan bukan? Jadi, sebelum terlambat jagalah kesehatan tubuh kita agar terhindar dari penyakit diabetes. Namun bila sudah terkena penyakit diabates, segera sembuhkan penyakit diabetes dengan obat tradisional yang bisa dibeli di toko obat. Bila seperti itu, masihkan kita tidak mau menjaga kesehatan? Jarang olahraga atau tidak menjaga makan-makanan yang sehat?

Advertisements

4 thoughts on “Ini Bahaya Penyakit Diabetes

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s